Connect with us

Wisata Kerajaan Kupu-Kupu di Taman Nasional Bantimurung, Keren Banget Lho!

close

Taman Nasional Bantimurung

Wisata

Wisata Kerajaan Kupu-Kupu di Taman Nasional Bantimurung, Keren Banget Lho!

Lihat.co.id – Julukan Indonesia sebagai salah satu surga dunia memang tidak salah. Ada banyak tempat indah di nusantara. Termasuk salah satunya adalah Taman Nasional Bantimurung yang ada di tanah Sulawesi Selatan. Kalau berkunjung ke Kota Makassar, sangat disayangkan bila tidak mampur ke taman nasional yang keren satu ini.

Taman Nasional Bantimurung adalah taman nasional yang terletak di kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Akses menuju surga kecil ini cukuplah mudah. Jika Anda berada di Makassar Anda dapat langsung menuju kabupaten Maros yang terletak kurang lebih 35 km dari pusat kota Makassar.

 Taman Nasional Bantimurung

lihat juga: Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Destinasi Liburan Seru

Dengan luas sekitar 45 ribu hektar, Taman Nasional Bantimurung menyuguhkan pemandangan pegunungan karst yang akan menyambut Anda dengan segala keelokan, keindahan dan keramahan alamnya. Dan yang menjadi daya tarik utama dari Taman Nasional Bantimurung tak lain adalah Kerajaan Kupu-Kupu atau Kingdom Of Butterfly. Dan tentunya, selain Kerajaan Kupu-Kupu, ada pula destinasi lain yang tak kalah menariknya.

 Taman Nasional Bantimurung

Kerajaan Kupu-Kupu (Kingdom Of Butterfly) di Taman Nasional Batimurung

Keajaiban yang ada di sini berasal dari serangga cantik yaitu kupu-kupu. Terdapat ratusan spesies kupu-kupu yang hidup dan terbang bebas dalam taman kupu-kupu yang dikelilingi oleh sungai, air terjun, goa karst gunung kapur dan danau. Bahkan oleh Alfred Russel Wallace dijuluki sebagai The Kingdom of Butterfly (kerajaan kupu-kupu). Tiket masuk ke taman wisata ini sebesar Rp. 25 ribu.

 Taman Nasional Bantimurung

lihat juga: Taman Pintar, Tempat Asyik Bermain Belajar Anak

Keberadaan Kerajaan Kupu-Kupu membuat nama Bantimurung banyak menjadi pilihan wisata para wisatawan muda. Terlebih tempat ini menjadi lokasi berfoto yang sangat menarik. Tak sedikit muda-mudi dari Makassar dan sekitarnya yang menjadikan tempat ini sebagai lokasi liburan akhir pekan. Tempat ini memang keren banget dan layak untuk dijadikan destinasi liburan yang singkat.

Taman Zaman Purba di Leang-Leang

Leang dalam bahasa lokal berarti gua. Di Leang-Leang pengunjung disuguhi peninggalan kehidupan manusia zaman purba melalui lukisan tangan dan babi rusa di dinding-dinding gua. Penelitian oleh Anthony Dosseto dari University of Wollongong, Australia, menemukan bahwa gambar binatang babi rusa dan lukisan tangan yang digambar dengan warna merah ini dilukis sekitar 40.000 tahun silam.

 Taman Nasional Bantimurung

Hal ini berarti mengalahkan usia lukisan tangan dan binatang yang selama ini dianggap tertua di dinding gua El Castillo di utara Spanyol yakni berusia 37.300 tahun. Tiket masuk ke tempat ini sebesar Rp. 10ribu.

Biseang Labboro atau Pattunuang Karaenta

Di Biseang Labboro, pengunjung dapat menyaksikan batu raksasa yang berbentuk seperti kapal. Oleh karena adanya perahu besar ini, masyarakat lokal menamakan wisata ini Biseang Labboro yang berarti perahu yang terdampar.

lihat juga: Taman Kambang Iwak Besak, Wisata Murah Meriah di Palembang

Sedangkan nama resminya adalah Pattunuang Karaenta. Pemandangan alam di sini sangat mempesona. Tempat ini juga dijadikan sebagai tempat penangkaran hewan Tarsius dan Kadal Air yang menjadi hewan endemik di sini.Tiket masuk wisata ini yaitu Rp. 5ribu dan Rp. 7.500 di hari libur.

Pemandian Alam di Leang Londrong

Pemandian alam di sini sangat menakjubkan karena air sungainya mengalir dari Goa Leang Londrong yang berada di bawah tebing batu kapur. Sungainya mengalir sepanjang tahun dan tak pernah kering dan airnya sangat menyegarkan untuk membasuh raga kita. Selagi bermain air, pengunjung juga dapat menemukan flora dan fauna cantik di sekitar pemandian.

Peta Lokasi Taman Nasional Bantimurung di Sulawesi Selatan

 

Loading...
loading...

Continue Reading

Artikel Lainnya Tentang Wisata

RSS Diskon Terbaru

RSS Contoh Surat

RSS Manfaat Terbaru

RSS Desain Rumah

To Top
To Top