Connect with us

Sejarah, Asal Usul dan Misteri Lawang Sewu Semarang

close

Wisata Lawang Sewu Semarang

Wisata

Sejarah, Asal Usul dan Misteri Lawang Sewu Semarang

Lihat.co.id – Lawang Sewu merupakan salah satu tempat wisata yang ada di kota Semarang. Yang mana tempat ini adalah salah satu peninggalan belanda yang ada disana. Tempat wisata paling mistis di Semarang ini, konon katanya memiliki pintu yang ada disana berjumlah seribu. Walaupun pintu dasana tidak benar-benar berjumlah seribu. Karena jika anda menghitung jumlah dari daun pintu, maka akan berjumlah 600 daun pintu. Akan tetapi, jika anda menambahkannya dengan pintu-pintu besar, serta jendela yang khas disana, maka jumlahnya bisa mencapai seribu.

Sejarah, Asal Usul dan Misteri Lawang Sewu Semarang

Banyak sekali orang-orang ingin tahu tentang asal usul dan sejarah Lawang Sewu ini yang terkenal dengan hawa mistisnya. Secara harfiah lawang sewu sendiri berartikan seribu pintu. Tempat ini mulai dibangun pada tahun 1904, dan selesai pada tahun 1907, yang dibuat oleh pemerintah kolonial belanda yang ada disana. Sebenarnya tempat ini adalah sebuah kantor NIS atau Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij. NIS yaitu sebuah jawatan perkereta apian swasta yang dimiliki oleh pemerintah Belanda di zaman itu.

Tempat Wisata Lawang Sewu Semarang
Setelah keberangkatan belanda dari Semarang, akhirnya Lawang sewu menjadi milik pemerintahan jepang pada tahun 1940-an. Akhirnya gedung megah ini dibuat dan diubah menjadi tempat peristirahatan pada tentang jepang. Lalu untuk ruangan yang ada dibagian bawah tanah, digunakan untuk tempat pembantaian para pribumi yang ada pada masa itu. Bahkan untuk para pemuda indonesia, serta tahanan dari belanda.

Tak heran, jika seandainya kita sering mendengar kisah mengerikan atau horor dari tempat wisata ini, dikarenakan kisah kelam masa lalu dari tempat tersebut. Lawang Sewu sendiri, menjadi salah satu saksi bisu dari kekejaman pemerintahan jepang yang tega menyiksa para tahanan, penduduk pribumi, serta pada orang-orang yang tidak bersalah.

Tempat Wisata Lawang Sewu Semarang
Setelah kepergian Jepang dari indonesia, akhirnya tempat ini menjadi resmi milik indonesia, pada tahun 1945. Serta secara resmi menjadi kantor dari beberapa institusi indonesia. Seperti diantaranya tempat (DKARI) atau Djawatan Kereta Api Republik Indonesia. Sekarang lebih dikenal dengan sebuta PT KAI. Serta juga pernah menjadi tempat Kantor dari Prasaran Komando Daerah Militer atau (Kodam IV/Diponegoro).

Serta juga pernah menjadi Kantor dari Kementrian Perhubungan yang ada di Jawa Tengah. Tak lepas dari kisah horror yang ada ditempat ini. Lawang Sewu sering kali dijadikan lokasi untuk menguji nyali diberbagai acara stasiun TV, dan sekaligus menjadi salah satu icon dari kota Semarang.

Peta Lokasi Wisata Lawang Sewu Semarang

Tempat Wisata Lawang Sewu Semarang

Lawang sewu, berada di tempat yang sangat strategis, dan bisa dijangkau oleh para wisatawan yang datang ke kota semarang. Berada ditengah kota Semarang, yaitu letaknya berdekatan dengan Monumen Tugu Muda yang ada dikota Semarang. Dan untuk alamat pastinya, wisara paing angker di Jawa Tengah ini berada di Jalan Pemuda, Komplek Tugu Muda, Semarang, Jawa Tegah.

Jika ingin pergi ketempat wisata ini, anda bisa memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi menuju ke arah Simpang Lima. Setelah itu anda bisa menempuhnya dengan berjalan kaki karena lawang sewu berada didekat itu. Anda juga bisa menggunakan akutan umun dari stasiun yang ada didekat sana, menggunakan biaya 4.000 saja, jika mengambil rute dari Tugu Muda.

Biaya Masuk Wisata Lawang Sewu Semarang

Tempat Wisata Lawang Sewu Semarang

Tempat wisata Lawang Sewu Semarang, bagi anda yang pecinta tempat wisata yang mengandung kesan mistis, serta budaya zaman dulu yang amat kental. Tempat wisata ini menjadi salah satunya yang ada di Semarang. Wisata Lawang Sewu buka pada setiap hari, pada pukul 06.00-18.00. Serta untuk biaya masuknya anda hanya dikenakan biaya  tiket masuk sekitar Rp.10.000 saja, dan jika anda ingin mengunjungi ruang bawah tanah maka dikenakan biaya Rp.30.000.

Loading...
loading...

Continue Reading

Artikel Lainnya Tentang Wisata

RSS Manfat Indonesia

RSS Spesifikasi

RSS Contoh Surat

RSS Download Aplikasi

To Top
To Top