Connect with us

Candi Prambanan, Destinasi Keluarga Penuh Edukasi

close

Sejarah Candi Prambanan

Wisata

Candi Prambanan, Destinasi Keluarga Penuh Edukasi

Lihat.co.id – Keberadaan Candi Prambanan yang terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta tidak lepas dari sejarah Roro Jonggrang. Lokasinya berada di Kecamatan Prambanan, Klaten dan Kecamatan Prambanan Sleman. Letaknya cukup unik karena pintu masuk ke kompleks Prambanan berada di Desa Tlogo, Kecamatan Prambanan, Klaten sedangkan kompleks candinya berada di Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman.

candi prambanan

Candi yang berada di Prambanan merupakan candi Hindu terbesar dan termegah sehingga ditasbihkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Candi yang dibangun pada tahun 850 M oleh Rakai Pikatan memiliki arsitektur yang ramping dan tingginya mencapai 47 meter diantara gugusan candi kecil. Kemegahannya menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun dalam negeri.

Legenda Candi Prambanan

candi prambanan yogyakarta

Legenda tentang Candi Prambanan berawal dari kisah Bandung Bondowoso yang mencintai Roro Jonggrang. Roro Jonggrang adalah puteri dari Prabu Boko yang menguasai keraton Boko di wilayah Pengging. Prabu Boko seorang berperawakan raksasa yang bengis, berwajah menyeramkan, suka makan daging manusia, raja yang lalim dan kejam. Namun Roro Jonggrang puterinya sangat cantik dan rupawan. Sedangkan Bandung Bondowoso adalah putera dari Raja Damar Moyo, penguasan Kerajaan Pengging yang adil dan bijaksana.

Saat Bandung Bondowoso yang perkasa melihat kecantikan Roro Jonggrang terbesit hatinya untuk menyunting menjadi istri. Roro Jonggrang mau dipersunting oleh Bandung Bondowoso namun sebelumnya mengajukan syarat yaitu membuat Sumur Jalatunda dan 1000 candi dalam waktu semalam. Bandung Bondowoso menyanggupi permintaan tersebut dan mengerahkan pasukan jinnya.

candi prambanan sleman

Ketika Bandung Bondowoso tinggal menyelesaikan candi terakhir tiba-tiba langit terlihat terang dan ayam berkokok sebagai tanda telah pagi. Padahal hal itu merupakan ulah Roro Jonggrang yang meminta bantuan penduduk desa untuk membuat keributan dengan cara menumbuk lesung dan membakar jerami. Bandung Bondowoso yang mengerti kelicikan Roro Jonggrang marah dan mengutuk Roro Jonggrang menjadi sebuah patung batu untuk melengkapi candi ke-1000. Akhirnya genaplah menjadi 1000 candi dan sering juga disebut sebagai Candi Sewu. Bandung Bondowoso juga mengutuk gadis-gadis desa yang membantu kelicikan Roro Jonggrang menjadi perawan tua dan tidak akan menikah seumur hidup. Sehingga timbullah mitos bagi sepasang kekasih yang mendatangi Prambanan diyakini hubungannya tidak bakal langgeng.

Sejarah Candi Prambanan

candi prambanan indonesia

Candi Prambanan dibangun oleh Rakai Pikatan pada tahun 850 M di saat Dinasti Sanjaya yang beragama Hindu. Pembangunan Prambanan saat itu bertujuan untuk menyaingi kemegahan Candi Borobudur sebagai candi Budha. Pembangunan candi diteruskan oleh Raja Lokapala, Balitung Maha Sambu dan Raja Daksa. Menurut prasasti Shivagrha yang berangka tahun 856 M menyebutkan tentang pembangunan candi besar-besaran di Prambanan. Candi megah yang berada di Desa Prambanan tersebut digunakan sebagai pusat acara keagamaan dan pusat pemerintahan dari Kerajaan Mataram Dinasti Sanjaya.

Di tahun 930 M, ibukota pemerintahan dipindah ke Jawa Timur oleh Mpu Sendok. Diperkirakan kepindahannya ke Jawa Timur disebabkan letusan Gunung Merapi atau peperangan berebut kekuasaan. Kemudian Prambanan benar-benar tidak terawat dan runtuh akibat gempa bumi. Dan baru ditemukan kembali pada tahun 1733 oleh CA. Lonz yang berkebangsaan Belanda. Pemugaran dan renovasi candi diteruskan hingga tahun 1953.

Arsitektur Candi Prambanan

candi prambanan jawa

Kompleks Candi Prambanan terdiri dari 3 Candi Trimurti (Candi Brahma, Candi Siwa dan Candi Wisnu), 3 Candi Wahana (Candi Angsa, Candi Garuda dan Candi Nanda), 2 Candi Apit, 4 Candi Kelir, 4 Candi Patok dan 224 Candi Perwara. Jika ditotal terdapat 240 candi namun saat ini hanya tersisa 18 candi yaitu 8 candi utama, 8 candi kecil dan 2 candi Perwara.

Candi Siwa merupakan candi yang terbesar dan tertinggi yang ketinggiannya hingga 47 meter serta lebar 34 meter. Puncak mastaka Candi Siwa berbentuk wajra sebagai lambang halilintar atau intan. Pada Candi Siwa dapat dilihat lorong yang dihiasi relief menuturkan kisah Ramayana. Agar pengunjung dapat memahami cerita Ramayana dari awal dapat masuk dari sisi timur kemudian berputar searah jarum jam mengelilingi candi yang disebut pradakshina. Candi Siwa yang berada di tengah kompleks candi terdiri dari 5 ruangan searah mata angin dan di ruangan tengah berukuran besar sebagai ruang utama.

Denah candi berbentuk persegi panjang terdiri dari halaman luar dan pelataran. Pelataran candi terdiri dari pelataran luar atau Jaba, pelataran tengah atau Tengahan dan pelataran dalam atau Njeron. Pelataran dalam dianggap sebagai tempat suci yang letaknya paling tinggi dengan luas 110 meter dan tinggi 1,5 meter.

Lihat Juga: Candi Sari, Wisata Warisan Kejayaan Kerajaan Mataram Kuno

Peta Lokasi Candi Prambanan

Koleksi Foto, Gambar dan Wallpaper Candi Prambanan

Sejarah Candi Prambanan

patung roro jonggrang di candi prambanan

kisah candi prambanan dan misteri roro jonggrag

Candi Prambanan, Jogjakarta.

Pengunjung Candi Prambanan

Sejarah candi prambanan

candi prambanan wallpaper

Festival candi prambanan

candi prambanan wallpaper

candi prambanan wallpaper

Hingga saat ini kompleks Candi Prambanan masih digunakan untuk upacara keagamaan Hindu. Prambanan juga digunakan sebagai destinasi wisata unggulan. Pada waktu tertentu saat bulan purnama diselenggarakan pementasan Sendratari Ramayana yang mengisahkan cerita Ramayana.Wisatawan yang ingin menyaksikan Sendratari Ramayana dapat menyaksikan di panggung sebelah barat candi.

Loading...
loading...

Continue Reading

Artikel Lainnya Tentang Wisata

RSS Diskon Terbaru

RSS Contoh Surat

RSS Manfaat Terbaru

RSS Desain Rumah

To Top
To Top