Connect with us

Benteng Kota Janji, Wisata Bersejarah Peninggalan Portugis di Ternate

close

benteng kota janji

Wisata

Benteng Kota Janji, Wisata Bersejarah Peninggalan Portugis di Ternate

Lihat.co.id – Ternate tidak akan pernah habis potensi kekayaan wisatanya, mulai dari pantai, danau, hingga banyak sekali benteng yang terletak di sini. Makanya, Ternate bisa disebut sebagai Pulau Seribu Benteng. Salah satu benteng yang terdapat di sini adalah Benteng Kota Janji.

Sayangnya, benteng yang dulunya terkenal megah ini tidak seperti dulu lagi. Dulu Benteng Kota Janji berbentuk trapesium yang berukuran 20 x 20 m dengan luas 2147,25 m² begitu kokoh dan mewah. Terlebih, benteng ini sudah mempunyai usia yang panjang, dibangun pada masa penjajahan Portugis.

benteng kota janji

lihat juga: Benteng Kastela, Saksi Perjuangan Rakyat Maluku Melawan Para Penjajah

Sekarang yang bisa kita lihat hanya dinding luarnya saja yang tersusun oleh batuan andesit atau batu kali, batu karang, campuran pasir dan kapur, sementara bagian dalamnya tertimbun pasir. Jika kamu pergi ke sisi timur benteng akan menemui sebuah tangga yang mengarah ke atas, di sana tampak sebuah kolam yang sudah mengering.

benteng kota janji

Pada tahun 2004, benteng ini pernah direhabilitasi. Tetapi hanya sekadar menyelamatkan wilayah cagar budaya dengan mempercantik daerah sekitar Benteng dengan membuat taman. Juga dibangun pula pagar yang mengelilingi benteng. Tetapi bentuk sesungguhnya dari benteng sudah tidak nampak lagi.

lihat juga: Benteng Tolukko, Wisata Sejarah Sekaligus Tempat Hunting Foto Keren di Ternate

Asal Mula Nama Benteng Kota Janji

Meskipun begitu, keindahan alamnya pun sangat menawan. Dinamakan Benteng Kota Janji karena menjadi saksi bisu perjanjian damai Sultan Khairun dan Gubernur Portugis. Tetapi Portugis ingkar dan mencabut nyawa sultan di Benteng Kastela. Maka dari itu, Benteng Kota Janji masih erat kaitannya dengan Benteng Kastela.

Sejarah Benteng Kota Janji

Dulu, pada masa penjajahan terdapat pertemuan dua kolom pasukan yang dibagi oleh Don Pedro de Acuna yang merupakan gubernur jenderal yang menguasai Filipina. Ia berlayar  ke Maluku pada tanggal 15 Januari 1606 dan tiba tanggal 26 Mei 1606, tepatnya di Teluk Talangame.Dua kolom pasukan yang saling bertemu ini terorganisir dengan sangat cermat dan baik.

benteng kota janji

lihat juga: 10 Tempat Wisata di Maluku Utara Terindah dan Populer

Pertemuan ini diadakan dalam rangka penyerangan gabungan terhadap Ternate oleh pasukan Spanyol dan pasukan Tidore. Penyerangan ini dimulai saat subuh, 1 April 1606 saat bangunan benteng ini baru saja dibuat.

Dalam menjalankan aksi penyerangannya, Don Pedro menggunakan taktik dengan mengadakan posisi pagar penembakan yang dibuat oleh prajurit lapangannya. Dengan cara ini, ia tahu bahwa Ternate memiliki meriam besar yang dapat membalas serangan mereka. Spanyol pun memakai taktik manipulasi gerakan yang seolah-olah membahayakan dan menjadi ancaman benteng.

benteng kota janji

Sehingga prajurit pertahanan berspekulasi keluar dari tembok benteng dan melawannya dengan satu lawan satu. Hal inilah yang membuat prajurit pertahanan Ternate kelelahan dan kepayahan. Hingga pada siang hari, mereka menyerah, sehingga Spanyol menang.

Lokasi Benteng Kota Janji Ternate

Terletak di Jalan Ngade, Dusun Laguna, Desa Fitu, Kecamatan Ternate Selatan, Provinsi Maluku Utara, letaknya berada di pinggir jalan utama menuju Kota Ternate dari arah selatan. Benteng yang berdiri dengan kokoh di atas ketinggian 50 meter dari permukaan laut ini dibangun pada masa penjajahan Portugis.

Perjalanan dari pusat Kota Ternate menuju ke Kota Janji bisa dilakukan dengan menggunakan jasa becak motor atau bisa pula menggunakan jasa sewa kendaraan yang ada di sana. Berikut ini adalah peta lokasi Benteng Kota Janji di Google Maps yang dapat digunakan sebagai panduan agar tidak tersesat saat berkunjung ke lokasi wisata bersejarah ini.

Loading...
loading...

Continue Reading

Artikel Lainnya Tentang Wisata

RSS Diskon Terbaru

RSS Contoh Surat

RSS Manfaat Terbaru

RSS Desain Rumah

To Top
To Top