Connect with us

Keindahan Air Terjun Umbul Songo Kopeng Semarang

close

tarif Air Terjun Umbul Songo

Wisata

Keindahan Air Terjun Umbul Songo Kopeng Semarang

Lihat.co.id – Air Terjun Umbul Songo adalah sebuah air terjun yang memiliki ketinggian yang begitu terkenal dari air terjun lainnya yang ada di Semarang. Terletak pada ketinggi 1.450m dari permukaan laut, membuatnya menjadi primadona bagi para pemburu wisata alam nan indah.

Letaknya yang begitu strategis karena diapit oleh dua buah gunung, yakninya antara gunung Telemoyo dan gunung Merbabu. Tinggi dari Air Terjun Umbul Songo mencapai angka 15 meter, yang dihiasi oleh aliran dari air yang begitu deras. Selain itu dinding-dinding yang berada disekitarnya masih terkesan memiliki suasana yang alami.

tarif Air Terjun Umbul Songo

Karena rumput berserta lumut masih hidup alami disekitaran dinding dari air terjun ini. Membuat Air Terjun Umbul Songo memiliki keunikan yang tak semua air terjun memilikinya, yaitu adalah air yang tetap deras mengalir meskipun musim kemarau sedang melanda daerah sekitaran Air Terjun Umbul Songo.

Itu semua membuat para penduduk sekitar tidak kesulitan lagi dalam mencari sumber air, pada saat musim kemarau sedang melanda. Ornamen yang khas dari dinding disekitaran air terjun ini membuatnya begitu menjadi eksotis jika diliat, kumpulan bebatuan yang tersunsun rapi, memberikan isyarat bahwa masih belum terjamahnya alam disekitaran ini. Itu semua membuat suasana semakin menjadi lebih alami dan segar.

tempat Air Terjun Umbul Songo

Cerita Asal Mula Air Terjun Umbul Songo Kopeng

Mengenai cerita yang berkaitan dengan kawasan wisata dari Air Terjun Umbal Songo, adalah berasal dari cerita pada saat zaman kerajaan demak. Nama Air Terjun Umbal Songo berartikan Sembilan mata air yang ditemukan oleh wali pada zaman kerajaan demak dahulu. Hal tersebut berguna untuk mencukupi keperluan pada saat berwudhu serta untuk bersuci.

Pada awalnya para wali bersama-sama berdoa kepada Allah SWT, agar dimudahkan dalam memperoleh sumber mata air tersebut. Dengan izin Allah permohonan para wali tersebut dikabulkan oleh Allah SWT, dan akhirnya keluarkan sumber mata air yang debit air yang keluar begitu besar yang diberi nama dengan Umbul Songo.

wisata Air Terjun Umbul Songo

Sumber mata air ini terdiri dari beberapa mata air lainnya, yang berada pada area sekitaran Tekelan, Contre, Tayengan, Selodhuwur dan Kopeng. Agar semua mata air tersebut jumlahnya lengkap sebanyak sebilan buah, maka ditambahkan dengan sumber mata air yang terdapat pada area sekitaran Peng Jero dan juga Kali Sati.

Fasilitas Air Terjun Umbul Songo Kopeng

Dalam menuju area Air Terjun Umbal Songo, terdapat beberapa fasilitas yang diberikan oleh pihak pengelola tempat wisata ini kepada para pengunjung yang datang, seperti diantaranya tersedianya area parkir yang begitu luas, guna untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan yang datang dengan membawa kendaraan pribadi.

Keindahan Air Terjun Umbul Songo

Selain itu disini juga disedikan fasilitas lainnya, seperti taman berman untuk anak-anak anda yang ikut berkunjungi disini. Mushalla untuk tempat beribadah anda, agar anda dapat beribadah dengan nyaman dan khusyuk. Kamar Mandi tentu saja juga sudah disedikan oleh pihak pengelola, jika sewaktu-waktu terjadi keadaan darurat untuk buah air kecil maupun besar. Serta juga terdapatnya bumi perkemahan disini.

Anda yang ingin mencoba untuk berenang juga tersedia disini, akan bisa menikmati itu semua, pada bagian kolam berenang khusus yang sudah disediakan oelh pihak pengelola wisata ini.

destinasi Air Terjun Umbul Songo

Jika anda merasa, waktu untuk menikmati tempat wisata ini tidak cukup sehari. Maka anda dapat mencoba untuk melakukan penginapan disekitaran area ini, dengan memilih beberapa penginapan yang bisa anda jadikan tempat bermalam. Seperti tersedianya beberapa villa dengan fasilitas yang cukup memadai. Bahkan anda yang ingin menghemat juga bisa mencoba untuk menginap dirumah-rumah para penduduk dengan tarif yang lebih murah tentunya.

Alamat  dan Peta Lokasi Air Terjun Umbal Songo

Tempat wisata Air Terjun Umbal Songo beralamat di komplek wana wisata Kopeng. Di Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Propinsi Jawa Tengah. Jika kita lihat melalui titik koordinat maka ada pada alamat 7°23’49″S-110°25’17″E.

tarif Air Terjun Umbul Songo

Berkunjungi ketempat ini ada beberapa rute yang dapat anda coba untuk mengunjunginya. Yang pertama melalui kota Salatiga berjarang sekitar 15 km. Untuk dari kota Ungaran berjarak sekitar 34 km, dan untuk dari kota Semarang bejarak 54 km. Semua itu tergantung dari mana anda berada. Untuk lebih lengkapnya mengenai alamat dan lokasi dari Air Terjun Umbal Songo, silahkan lihat map berikut ini.

Tarif Masuk Objek Wisata Air Terjun Umbal Songo Kopeng

Tarif yang dipatok untuk masuk kedalam area wisata Air Terjun Umbal Songo. Tidaklah mahal, yakninya per orangnya hanya diminta tarif sebesar Rp. 5.000 saja. Dan untuk anda yang mengambil penginapan ke rumah-rumah para penduduk maka akan dikena biaya sewa untuk tiap malamnya sebesar Rp. 20.000 hingga Rp. 30.000 saja.

Harga tersebut cukup dapat dijangkau oleh berbagai kalangan yang ingin menikmati wisata alam yang indah. Namun tetap tidak ingin merogoh kocek dalam-dalam, maka tempat wisata ini sangat cocok untuk anda.

Loading...
loading...

Continue Reading

Artikel Lainnya Tentang Wisata

RSS Spesifikasi

RSS Contoh Surat

RSS Wikia Indonesia

To Top
To Top