Train to Busan (2016)

Film Train to Busan merupakan film horor Korea yang hingga kini masih banyak dicari oleh para penikmat film. Sempat tayang di stasiun TV Trans 7, film Train to Busan mengisahkan tentang perjuangan seorang ayah yakni Seok Woo yang berkeinginan mewujudkan harapan sang putri untuk bertemu ibunya. Film bertema bencana zombie (mayat hidup) ini disutradarai oleh sutradara berbakat Yeon Sang-ho.

Train to Busan tayang perdana di Festival Film Cannes 2016 dalam sesi Penayangan Tengah Malam tanggal 13 Mei. Pada tanggal 7 Agustus, Train to Busan mampu mencetak rekor film Korea pertama di tahun 2016 dengan jumlah penonton lebih dari 10 juta. Tak heran jika sampai saat ini film tersebut masih saja diminati masyarakat.

Sinopsis Film

Film Train to Busan mempunyai judul asli Busanhaeng. Awal cerita film ini adalah saat sebuah truk pembawa barang mendapatkan izin untuk melewati sebuah daerah yang sedang mengalami kebocoran virus zombie. Saat itu, sopir truk tidak melihat ada seeokor rusa yang melintas pada tengah jalan. Akhirnya rusa tersebut mati dan berubah menjadi zombie rusa.

Seorang manajer keuangan bernama Seok Woo, berangkat bersama putrinya yang bernama Su an. Ia berharap bisa bertemu dengan ibunya sebagai salah satu hadiah di hari ulang tahun putri cantik tersebut. Dikisahkan bahwa Seok Woo memang baru saja bercerai dengan sang istri. Perjalanan dimulai dengan menaiki kereta api cepat Korea (KTX) dari Seoul dengan sejumlah penumpang yang lain.

Saat kereta KTX tersebut hendak berangkat, seorang wanita yang memiliki luka di bagian kakinya masuk ke dalam kereta. Kemudian wanita tersebut berusaha menyerang pramugari kereta yang sebenarnya ingin membantunya. Tak disangka, perempuan dengan luka tersebut adalah zombie. Sejak saat itu, wanita zombie akhirnya menginfeksi sebagian besar penumpang yang ada di kereta tersebut.

Masinis kereta kemudian mengumumkan bahwa perjalanan akan berhenti di Daejeon. Lokasi tersebut merupakan tempat para tentara yang sudah bersiap menolong para penumpang dari ancaman zombie. Namun, setibanya disana keadaan stasiun sangat sepi bahkan tidak nampak orang sama sekali. Saat menyadari bahwa kawanan tentara sudah menjadi zombie, penumpang masuk kembali menuju kereta dan berangkat ke Busan.

Dalam perjalanan menuju tempat kebocoran virus tersebut, penumpang diserang sejumlah zombie. Seok Woo pun sempat digigit oleh zombie Yong-suk. Alur cerita semakin seru saat Seok Woo mengajari Su an dan Sung Kyung untuk menghentikan kereta api sebelum pria tersebut meninggalkan mereka dengan terjun dari atas kereta yang sedang berjalan.

Seok Woo berusaha untuk melawan kawanan zombie dan mengalihkan perhatian zombie agar anaknya bisa selamat. Lalu bagaimana akhir cerita tersebut ? Tentunya anda semakin penasaran bukan?

Detail Film

Genre : Horor

Sutradara : Yeon Sang-ho

Produser : Lee Dong-ha

Penulis : Park Joo-suk

Pemeran :

Gong Yoo

Jung Yu-mi

Kim Su-an

Choi Woo-shik

Ma Dong-seok

Ahn So-hee

Rumah Produksi : RedPeter Film

Distributor : Next Entertainment World

Tanggal Rilis :

13 Mei 2016 (Cannes)

20 Juli 2016

Durasi : 118 menit

Negara : Korea Selatan

Daftar Isi

More From: Film