Munculnya benjolan pada tubuh atau dikenal dengan istilah lipoma memang tidak menimbulkan rasa sakit sehingga tidak perlu dikhawatirkan.  Namun jika lipome bertambah besar dan mulai mengganggu, maka perlu penanganan operasi.  Sementara untuk biaya operasi lipoma sendiri cukup bervariasi.

Biaya operasi untuk pengangkatan lipoma memang bisa berbeda antara satu rumah sakit dengan rumah sakit lainnya.  Besarnya biaya akan sangat tergantung pada fasilitas dan tindakan medis yang dipilih oleh pasien.

Biaya Operasi Lipoma
Biaya Operasi Lipoma

Penyebab dan Gejala Lipoma

Sebelum membahas biaya untuk operasi lipoma, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab dan gejala lipoma seperti berikut ini.

Faktor Penyebab Lipoma

Meskipun belum bisa dipastikan penyebab munculnya lipoma, namun beberapa faktor diketahui dapat meningkatkan resiko terkena lipoma, yaitu:

  • Faktor keturunan
  • Faktor usia, biasanya usia 40-60 tahun lebih rentan mengalami lipoma.
  • Adanya penyakit tertentu seperti sindrom cowden dan sindrom gardner.

Gejala Lipoma

Berikut ini adalah beberapa gejala munculnya lipoma yang perlu diketahui:

Gejala Penyakit Lipoma
Gejala Penyakit Lipoma
  • Adanya benjolan yang muncul di tubuh dan semakin membesar seiring berjalannya waktu.
  • Benjolan tumbuh secara perlahan namun akan tetap membesar.
  • Tekstur benjolan cenderung lunak jika dipegang.
  • Benjolan mudah untuk digerakkan.
  • Jika benjoan semakin membesar bisa menimbulkan rasa sakit.

Tindakan Medis untuk Mengatasi Lipoma

Meskipun lipoma atau jaringan tumor jinak dianggap tidak berbahaya dan tidak memerlukan tindakan medis, namun Anda tetap perlu mewaspadai munculnya benjolan di tubuh.  Karena benjolan di tubuh juga bisa menjadi indikasi adanya tumor atau kisat yang berbahaya jika tidak ditangani dengan segera.

Oleh karena itu, jika ada benjolan pada tubuh maka disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter.  Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan apakah benjolan tersebut tidak berbahaya atau justru berbahaya dan membutuhkan tindakan medis.

Jika Anda ingin menghilangkan lipoma, berikut ini adalah beberapa tindakan medis yang bisa dilakukan:

1. Operasi Pengangkatan Lipoma

Jika benjolan lipoma sudah terlalu besar, maka operasi pengangkatan lipoma sangat disarankan untuk dilakukan.  Prosedur untuk operasi ini adalah dengan membuat sayatan, selanjutnya dokter akan mengangkat tumor jinak dan menutup kembali dengan jahitan.

Operasi jenis ini termasuk dalam kategori operasi ringan sehingga tidak diperlukan penanganan khusus pasca operasi.  Jika hanya menggunakan bius lokal, maka dokter akan menyarankan pasien untuk pulang setelah tindakan operasi selesai dilakukan.

2. Sedot Lemak atau Lipsuction

Tindakan medis lainnya yang bisa dipilih untuk menghilangkan lipoma adalah metode sedot lemak.  Prosedurnya adalah dengan menyuntikkan jarum ke dalam jaringan lipoma dan menyedot lemak yang ada di benjolan.

Referensi terkait: ruangperawat.com

3. Suntikan Steroid

Metode ini hanya berfungsi untuk mengecilkan lipoma saja sehingga tidak menghilangkan benjolan tersebut.  Caranya adalah dengan menyuntikkan steroid pada area yang berlemak.

Estimasi Biaya Operasi Lipoma

Besaran biaya untuk operasi lipoma sangat tergantung pada tindakan medis yang dilakukan serta fasilitas rumah sakit yang menangani tindakan tersebut.  Sebagai gambaran, untuk biaya operasi lipoma biasanya berkisar antara Rp 6.000.000 hingga Rp 20.000.000.

Meskipun tindakan medis untuk mengangkat lipoma terbilang ringan, namun biaya yang diperlukan memang relatif mahal.  Namun Anda tidak perlu khawatir, karena jenis operasi ini rupanya ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Jika Anda merupakan peserta JKN-KIS atau BPJS Kesehatan, maka untuk prosedur operasi pengangkata lipoma bisa dilakukan secara gratis.  Anda hanya perlu melengkapi syarat yang dibutuhkan dan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh BPJS Ksehatan.

Dengan mengetahui estimasi biaya operasi lipoma di atas, maka Anda bisa mempersiapkan dana yang dibutuhkan untuk keperluan tersebut.  Akan lebih meringankan jika Anda merupakan peserta BPJS Ksesahatan, karena jenis operasi ini telah ditanggung oleh BPJS Kesehatan.