Pada artikel ini, kami akan memberikan informasi seputar cara menghilangkan vokal lagu secara online. Cara ini akan sangat membantu kamu yang punya keinginan untuk menyediakan instrument kepada orang lain, yang nantinya akan digunakan untuk karaokean. Untuk saat ini, sudah banyak situs yang membantu kamu dalam menghilangkan vocal lagu.

Dan kali ini, akan kita bahas beberapa saja. Di mana, situs-situs yang akan kita bahas merupakan situs terbaik, yang memberikan hasil sangat memuaskan. Hanya saja, perlu kamu pahami, bahwa hasil akhirnya akan tergantung pada kualitas audio, input direkam, mixing of vocals, dan lain sebagainya. Sehingga, pastikan dulu bahwa video yang akan kamu hilangkan vokalnya adalah video dengan kualitas terbaik.

Beberapa situs berikut memungkinkan untuk trek stereo dan memakai teknik stereo out of phase. Hal ini agar bisa menghapus vocalnya. Bahkan, ada juga beberapa situs yang memungkinkan kamu untuk melihat pratinjaunya, kemudian memotong vocal, dan lain sebagainya.

Cara Menghilangkan Vokal Lagu secara Online

Adapun aplikasi yang akan kita gunakan adalah vocal remover, X-Minus pro, vocalremover.com, dan audioalter. Jika ingin mengikuti cara-caranya, pastikan paket data kamu aman. Karena semua prosesnya hanya bisa dilakukan ketika kamu online.

VocalRemover.org

Aplikasi pertama adalah Vocal Remover. Aplikasi Vocal Remover menjadi pilihan pertama yang bisa kamu coba.  Di dalamnya, kamu bisa menambahkan MP3, FLAC, WAV, M4A, OGG, ataupun jenis audio lainnya yang memang didukung oleh aplikasi ini. Cara menghilangkan vokal lagu secara online dengan Vocal remover sangat mudah. Pertama, buka situs vocal remover.

Vocal Remover And Isolation
Vocal Remover And Isolation

Lalu unggah trek audionya. Tapi sebelumnya, jangan lupa mengaktifkan mode karaoke jika memang belum aktif. Karena dengan mengaktifkan mode ini, maka vokal pada audio tersebut akan otomatis terhapus, sekaligus frekuensi filter bawaannya.

Sehingga, ketika audionya tidak begitu bagus, kamu bisa bisa mengaturnya sesuai kehendak, ataupun mengubah frekuensinya. Sehingga kualitasnya akan lebih baik. Menariknya, kamu bisa mengubah kodeknya menjadi OGG, WAV, MP3 dengan kualitas audio terbaik. Di situs ini disediakan beberapa pilihan kualitas audio. Mulai dari 128 kbps hingga 192 kbps.

X-Minus Pro

X-Minus Pro merupakan salah satu situs penghapus vokal lagu yang terbilang sangat baik dan menjadi favorit banyak orang. Hal ini karena situs X-Minus Pro akan sangat membantu kamu untuk menghapus atau menghilangkan vokal, baik dari stereo track ataupun dari mono.

Karena kamu hanya perlu memilih jenis inputnya saja. Untuk menghilangkan vokal lagunya, kamu bisa mengunjungi situs X-Minus Pro. Apabila sudah, bisa mengunggah trek input. Lalu kamu bisa mengatur kecepatannya, mulai dari 32 kHz hingga 48 kHz. Lalu tambahkan audio yang sudah kamu siapkan.

Sayangnya, aplikasi X-Minus Pro ini sama sekali tidak memberikan ‘angka maksimal’ audio yang bisa kamu input. Sehingga, kamu perlu mencoba sendiri. Aplikasi X-Minus Pro memungkinkan kamu untuk mengatur panning vocal, baik itu ke kanan atau kiri dengan memanfaatkan slider yang sudah ada. Selain itu, kamu juga bisa meningkatkan slider frekuensi cut off dan treble.

Vocalremover.com

Cara menghilangkan vokal lagu secara online yang berikutnya adalah menggunakan situs vocalremover.com. Adapun file yang didukung dalam situs ini adalah MP3, FLAC, dan WAF. Sayangnya, situs satu ini memberikan batasan terkait dengan outputnya. Yakni maksimal 30 detik saja.

Sehingga, ketika trek audio yang kamu masukkan berdurasi 10 menit, maka yang bisa dihasilkan hanya 30 detik pada bagian pertamanya. Agar bisa menggunakan situs ini, kamu bisa mengunjungi situs mereka. Meskipun demikian, situs vocalremover tentu mempunyai kelebihan dibandingkan situs lain. Salah satunya adalah mereka menyediakan 3 model file demo yang bisa kamu gunakan.

Ada original file, vocal only, dan yang terakhir adalah instrumen. Sehingga kamu bisa menggunakannya sesuai kebutuhan dan keinginan. Cara menghilangkan vokal lagu secara online dari situs ini sangat mudah. Kamu bisa membuka situs vocalremover, kemudian masukkan audio yang akan kamu hilangkan vokalnya, maka secara otomatis situs akan menghasilkan instrumental vokal dari file kamu. Dan kamu hanya perlu menyesuaikannya saja. Selain itu, situs ini juga memberikan pilihan download secara terpisah.

Audioalter

Situs online terakhir yang akan membantu kamu menghilangkan vokal lagu adalah Audioalter. Audioalter memungkinkan kamu untuk menggunakan file dari berbagai jenis, dengan ukuran maksimal 20 MB. Cara menghilangkan vokal lagu secara online di Audioalter tidak berbeda jauh dengan situs lainnya.

Di mana, kamu hanya perlu mengunjungi situs mereka, kemudian masukkan audio yang sudah kamu sediakan. Salah satu keunggulan situs audioalter adalah, kamu tidak meski memotong frekuensi, menyesuaikan panning vocal, dan lain sebagainya. Setelah kamu memasukkan audio, tinggal kirimkan, maka situs audioalter akan langsung melakukan proses penghilangan vokal lagunya. Kamu hanya perlu menunggu dua sampai tiga detik saja. Maka audionya siap kamu download.

Tagged in:

,