Nonton Film Bumi Manusia (2020) Sub Indo - lihat.co.id

Bumi Manusia (2020)

Last Updated 2020-11-25T10:06:22+00:00
Bumi Manusia (2020)

Bumi Manusia mengisahkan tentang seorang pribumi yang sedang jatuh cinta pada seorang gadis keturunan dari Belanda. Kisah cinta antara mereka pun tidak berjalan dengan mulus karena ada beberapa rintangan yang menerpa. Film adaptasi novel dari Pramoedya Ananta Toer ini sudah dirilis tanggal 15 Agustus 2019 silam. Diperankan oleh para bintang ternama seperti Iqbaal Ramadhan, Ine Febriyanti, Mawar Eva, Bryan Domani hingga Jerome Kurnia.

Film Bumi Manusia sempat menguasai jumlah penonton terbanyak selama dua pekan berturut-turut. Film garapan sutradara Hanung Bramantyo ini mendapatkan sambutan hangat dan positif dari masyarakat serta kalangan pejabat politik. Film ini dinominasikan dalam 12 kategori Festival Film Indonesia 2019 dan direncanakan akan menjadi film dari trilogi yang pertama.

Sinopsis Film

Film Bumi Manusia bercerita tentang sosok Minke yang merupakan seorang pribumi Jawa toktok dan bersekolah di HBS. Padahal pada masa tersebut, yang diterima di sekolah HBS hanya orang keturunan Eropa saja. Namun Iqball yang berperan sebagai Minke mendapatkan privilege karena ia adalah bangsawan pribumi yang pintar.

Melihat kondisi yang ada di sekitarnya menjadikan Minke merasa gelisah. Ia juga mendapati nasib pribumi lainnya yang tertindas. Akhirnya ia mencoba untuk memperjuangkan nasib para pribumi lain melalui tulisan.

Sosok Minke disebut sebagai Pramoedya karena inspirasi dari Tirto Adhi Soerjo yang merupakan pendiri dari surat kabar berbahasa Melayu nomor satu di Indonesia. Beliau juga dikenal dengan sebutan Bapak Pers Nasional.

Bertempat di Surabaya, latar film Bumi Manusia dibuat sebagaimana zaman pendudukan Hindia Belanda pada tahun 1898. Suatu ketika, Minke berjumpa dengan Annelies, anak dari Nyai Ontosoroh dan tuan Herman Mellema. Minke dan Annelies kemudian jatuh cinta.

Pada masa itu, Nyai Ontosoroh dianggap sebagai wanita yang tidak mempunyai norma kesusilaan karena dia berstatus sebagai istri simpanan. Menyadari statusnya tersebut, Nyai akhirnya berusaha agar bisa diakui oleh manusia dengan belajar keras.

Kisah percintaan antara Minke dan Annelies ditentang oleh berbagai pihak terutama dari pihak ayah Minke yang baru dilantik menjadi Bupati. Polemik hubungan cinta mereka pun muncul kembali saat kebahagiaan Minke dan Annelies direnggut hukum dari bangsa kolonial.

Cerita film ini semakin rumit karena latar belakang Minke Annelies yang berbeda. Bukan hanya sinopsis film ini saja yang menarik, namun alur filmnya juga membuat orang merasa penasaran untuk melihat endingnya. Film Bumi Manusia ini tidak hanya bercerita tentang kisah percintaan saja namun juga persoalan rasisme, ketimpangan kelas hingga feodalisme.

Detail Film

Genre : Drama, Biografi

Sutradara : Hanung Bramantyo

Produser : Frederica

Penulis :

Hanung Bramantyo

Salman Aristo

Pemeran :

Iqbaal Ramadhan

Sha Ine Febriyanti

Mawar Eva de Jongh

Donny Damara

Ayu Laksmi

Jerome Kurnia

Bryan Domani

Giorgino Abraham

Rumah Produksi : Falcon Pictures

Distributor :

Falcon Pictures

Netflix

Tanggal Rilis :

9 Agustus 2019 (Surabaya)

15 Agustus 2019

Durasi : 181 menit

Negara : Indonesia