Cara Mengatasi WhatsApp Pending atau Tidak Terkirim - Miuiku
loading...

Cara Mengatasi WhatsApp Pending atau Tidak Terkirim

Cara Mengatasi WhatsApp Pending - Dari tahun ke tahun pengguna WhatsApp terus bertambah. Hingga sekarang ini WhatsApp sudah menjadi aplikasi chatting paling populer di dunia. Tidak hanya untuk chattingan saja, di aplikasi WhatsApp juga memungkinkan Anda melakukan panggilan suara ataupun panggilan video (video call). Inilah yang menjadi alasan kenapa aplikasi WhatsApp semakin digandrungi.



Meski demikian, terkadang WhatsApp mengalami error yang tentunya meresahkan penggunanya. Salah satu masalah yang sering dialami pengguna yakni pesan WhatsApp yang pending atau tidak terkirim. Ada banyak faktor yang menyebabkan error seperti ini. Berikut ini beberapa cara mengatasi WhatsApp pending atau tidak tidak terkirim yang paling mudah dan cepat bisa Anda terapkan.

Cara Mengatasi WhatsApp Pending atau Tidak Terkirim


1. Pastikan koneksi internet dalam kondisi stabil

Salah satu penyebab chat WhatsApp pending atau tidak terkirim yang pertama adalah karena sinyal HP yang tidak normal. Mungkin saja jaringan internet di HP android Anda tidak lancar atau bahkan hilang sinyalnya.  Ini tentu akan membuat WhatsApp tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk mematikan sambungan data seluler di HP lalu sambungkan kembali. Umumnya cara ini akan mengatasi koneksi sambungan data internet di HP yang mengalami error atau tidak terhubung.

2. Mengaktifkan Mode Pesawat atau Airplane Mode

Jika cara di atas masih belum bisa mengatasi WhatsApp yang pending, cara ini bisa dijadikan alternatif. Cobalah untuk mengaktifkan Mode Pesawat atau Airplane Mode di HP androidmu. Tunggulah sampai benar-benar aktif, kemudian non-aktifkan kembali mode tersebut.

Setelah itu, cobalah untuk menghidupkan kembali data seluler di HP android Anda. Umumnya cara ini akan mengembalikan kualitas koneksi data seluler sehingga bisa berfungsi maksimal kembali. Masalah WhatsApp pending atau tidak terkirim tentunya bisa diatasi dengan cara ini.

3. Menghubungkan HP ke jaringan Wifi

Masalah WhatsApp pending atau tidak terkirim mungkin disebabkan oleh jaringan data seluler yang error atau tidak lancar. Alternatif lain untuk mengatasinya bisa dengan menghubungkan HP ke jaringan Wifi.

Koneksi Wifi terbilang lebih cepat dan stabil dibandingkan dengan jaringan data seluler. Karena itulah, cara ini memungkinkan untuk mengatasi berbagai error pada aplikasi berbasis online, termasuk aplikasi WA atau WhatsApp.

4. Menghapus file cache dan data WhatsApp

Cara mengatasi WhatsApp pending paling ampuh berikutnya yakni dengan menghapus file cache atau file sampah aplikasi WhatsApp. File cache yang menumpuk memang sering membuat aplikasi error, termasuk juga tidak bisa mengirim pesan atau chat. Untuk menghapus file cache WhatsApp, mulailah dengan masuk ke menu Pengaturan >> pilih Aplikasi >> cari dan klik aplikasi WhatsApp >> pilih Penyimpanan >> klik Hapus Cache.

Selain menghapus file cache, Anda juga bisa menghapus file data apliksi jika memang belum berhasil mengatasi masalah chat pending tersebut. Namun, cara ini akan menghapus semua informasi dan pengaturan di WhatsApp. Solusinya Anda bisa melakukan backup data WhatsApp terlebih dahulu. Untuk menghapus data WhatsApp, masuk ke menu Pengaturan >> Aplikasi >> cari dan klik WhatsApp >> Penyimpanan >> Hapus Data.

5. Melakukan Restart HP

Cara mengatasi WhatsApp pending yang tidak kalah ampuh adalah dengan melakukan restart HP android. Langkah ini akan membantu HP memulai semua proses dari awal lagi. Jadi, semua masalah error yang terjadi akan mampu di atasi dengan mudah. Termasuk juga masalah WhatsApp yang tidak bisa mengirim chat.

Cukup mudah bukan cara mengatasi WA pending atau tidak terkirim di atas? Terapkan langkah-langkahnya secara berurutan agar masalah WhatsApp error bisa terselesaikan.

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel