Connect with us

Napak Tilas Terowongan Kuno Gunung Mangge Ponorogo

Terowongan Kuno Gunung Mangge

Wisata

Napak Tilas Terowongan Kuno Gunung Mangge Ponorogo

Terowongan Kuno Gunung Mangge Ponorogo merupakan wisata edukasi yang bisa dikunjungi sebagai ajang pembelajaran mengenai sejarah masa lampau. Belajar sejarah memang tidak melulu harus membaca buku atau melihat film tentang sejarah. Saat ini kita bisa mempelajari sejarah dengan cara yang dikemas lebih unik dan menarik yakni berwisata. Untuk anda yang bermukim di daerah Ponorogo dan sekitarnya maupun dari luar kota sekalipun, bisa berwisata edukasi di Terowongan Kuno Gunung Mangge Ponorogo.

gunung mangge, Terowongan Kuno Gunung Mangge

Jika berbicara tentang terowongan mungkin yang kita bayangkan adalah hal mistis. Karena tentunya saat berwisata sejarah yang akan kita kunjungi adalah obyek peninggalan masa lampau. Namun anda tidak perlu takut karena Allah yang wajib kita takuti akan senantiasa menjaga kita.  Anda bisa mensiasati ketakutan tersebut dengan mengajak sahabat untuk mengunjungi Terowongan Gunung Mangge Ponorogo ini secara bersama-sama.

Dengan begitu anda bisa menikmati wisata rombongan menuju lokasi Terowongan Gunung Mangge  yang bernuansa asri, sejuk dan menyimpan udara yang bersih dari polusi. Selain itu ada banyak keunikan yang menanti anda saat berlibur di obyek wisata Terowongan Kuno Gunung Mangge Ponorogo.

Sekilas info tentang Terowongan Kuno Gunung Mangge Ponorogo

gunung mangge sukorejo

Menurut cerita, Terowongan Kuno Gunung Mangge tersebut dibangun saat zaman kerajaan Medang. Terowongan tersebut begitu bermanfaat untuk masyarakat di sisi timur Gunung Mangge, karena mereka mendapat jatah aliran air dari sungai Mangge yang berada di bagian barat gunung. Pada jaman Belanda sempat dibangun Bendung atau Dam di Sungai Mangge ini.

Dam tersebut kemudian hancur pada tahun 1980-an namun letaknya lumayan jauh dari pintu masuk terowongan. Kemudian DAM yang baru kembali dibangun pada tahun 2006 dengan lokasi yang cukup dekat dengan terowongan. Selain itu dibangun juga pintu kontrol air di samping DAM supaya keberadaan terowongan tetap eksis.

Keunikan Terowongan Kuno Gunung Mangge Ponorogo

Terowongan Kuno Gunung Mangge ini memiliki panjang sekitar 2 kilometer yang dilengkapi 2 buah sumur lubang kontrol air yang tembus hingga atas gunung yang diameternya mencapai 5 m. Uniknya, terowongan ini bagian dindingnya tidak diperkeras sama sekali dengan semen maupun batu.

Terowongan Kuno Gunung Mangge

Uniknya lagi terowongan tersebut menembus gunung dan berada tepat di bawah gunung. Selain itu, terdapat juga 2 lubang menyerupai kawah yang menghadap ke atas.

Bagian dinding terowongan masih berbentuk tanah, sepertinya dalam proses pembuatannya dulu dibangun menggunakan alat sederhana. Hebatnya, meski telah berganti masa ia tidak ambrol layaknya DAM buatan Belanda.

Legenda Terowongan Kuno Gunung Mangge Ponorogo

Dahulu kala terdapat seorang gadis yang terkenal sangat cantik putri dari Ki Ageng Mangge yang bernama Rara Kandreman. Ki Ageng Mangli yang tinggal di barat Gunung Mangge yang mendengar kabar kecantikan Rara Kandreman menyuruh muridnya untuk melamar. Sebenarnya Ki Ageng Mangge kurang suka jika Ki Ageng Mangli melamar anaknya.

gunung mangge ponorogo

Pasalnya putrinya tersebut masih muda sementara Ki Ageng Mangli sudah tua. Sehingga ia mengatur siasat halus untuk menolak. Ia meminta syarat untuk menerima lamaran bila Ki Ageng Mangli sanggup membuat terowongan air yang menembus gunung dari barat gunung hingga depan rumah Ki Ageng Mangge hanya dalam waktu semalam.

Ternyata Ki Ageng Mangli menyanggupi dan bersemedi dengan mengerahkan ajian Balasewu yang  memiliki kekuatan seribu raksasa. Dengan kekuatan itu ia membuat terowongan sebanyak 2 kali untuk memastikan apakah terowongan air yang dibuat telah lurus maupun belum.

Asal Usul Terowongan Kuno Gunung Mangge Ponorogo

Ki Ageng Mangge yang mengetahui Ki Ageng Mangli hampir sukses menjalankan syarat lalu mengatur siasat dengan meminta penduduk membunyikan lesung supaya ayam berkokok serta menyalakan api unggun raksasa. Lalu Ki Ageng Mangli yang merasa gagal pulang karena mengira telah terbit fajar.

gunung mangge ponorogo jatim

Ia pun masuk ruang pamujan hingga lama namun masih gelap, lalu muridnya mengatakan jika hari masih malam. Merasa tertipu Ki Ageng Mangli berniat menuntut balas dengan memaksa Rara Krademan menerimanya. Rara Krademan yang juga tidak menyukai Ki Ageng Mangli yang usianya tak sebaya lebih memilih mati jika harus dinikainya.

Mendengar hal itu sang ayah mengajaknya untuk berdoa di sanggar pamujan. Lalu Saat Ki Ageng Mangli datang, Ki Ageng Mangge tidak mau mengakui kesalahan dan justru menyalahkannya yang tidak sadar ditipu. Mendengar hal tersebut Ki Ageng Mangli marah dan menantang Ki Angeng Mangge beradu kesaktian yang berujung matinya Ki Ageng Mangge.

Rara Kandreman yang mendengar kematian ayahnya kemudian lari sebab tidak ingin dijadikan istri Ki Ageng Mangli. Setibanya di sungai yang dalam ia terjun, lalu Ki Ageng Manglo mengejarnya dan keduanya tenggelam hingga jasadnya tidak lagi ditemukan.

Lihat Juga: Air Terjun Widodaren, Air Terjun Indah di Ponorogo

Alamat dan Peta Lokasi Terowongan Kuno Gunung Mangge Ponorogo

Terowongan Kuno Gunung Mangge Ponorogo ini berlokasi di Desa Sukorejo, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo. Lebih tepatnya obyek wisata ini berada di sebuah bukit yang oleh masyarakat di sebut sebagai Gunung Mangge.

Tertarik untuk membuktikan Terowongan Kuno Gunung Mangge ini, langsung saja menuju lokasinya di daerah Sukorejo atau di wilayah Ponorogo sebelah Barat. Supaya lebih mengasyikkan anda bisa mengajak teman atau anggota keluarga tercinta.

Continue Reading
Loading...
Click to comment

RSS Film Terbaru Minggu Ini

RSS Tempat Wisata Terbaru

RSS Tips Sehat

RSS Khasiat

close

RSS Penyakit.co.id


To Top