Connect with us

6 Tempat Wisata di Banda Aceh Terpopuler

Wisata

6 Tempat Wisata di Banda Aceh Terpopuler

Sebagai ibukota Provinsi Aceh, kota Banda Aceh pun menjadi tempat yang banyak disinggahi oleh para traveler. Kota yang memperoleh julukan sebagai kota Serambi Mekah ini pun menyimpan banyak destinasi wisata menarik. Dan di antara sekian banyak lokasi, berikut ini adalah sepuluh tempat wisata di Banda Aceh yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

6 Tempat wisata di Banda Aceh terpopuler

1. Masjid Raya Baiturrahman

sumber gambar: indotravelguides

sumber gambar: indotravelguides

Pergi ke Banda Aceh tentu tidak lupa dengan Masjid Raya Baiturrahman. Masjid ini sudah dikenal lama sebagai simbol dari Provinsi Aceh. Bahkan masjid ini pun menjadi trend setter desain masjid lain di Indonesia dan Malaysia. Dan lagi, masjid yang megah ini merupakan salah satu masjid tua di Banda Aceh, didirikan pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda yang memerintah Aceh pada rentang tahun 1607 hingga 1636.

2. Monumen Pesawat Dakota Seulawah 001

Tempat wisata di Banda Aceh yang satu ini juga menjadi bukti kemakmuran masyarakat Aceh. Di sini, terdapat pesawat kedua milik Republik Indonesia bernama Dakota RI-001 Seulawah yang merupakan pesawat hasil sumbangan rakyat Aceh. Pesawat ini pun dikenal sebagai cikal bakal berdirinya Garuda Indonesia yang saat ini dikenal sebagai maskapai penerbangan terbesar di Indonesia.

sumber gambar: Wikipedia

sumber gambar: Wikipedia

Pesawat Dakota RI-001 yang asli memang tidak ditempatkan di sini. Pesawat tersebut tersimpan di Taman Mini Indonesia Indah. Namun keberadaan tempat wisata di Banda Aceh yang satu ini menjadi bukti betapa besarnya peran rakyat Aceh dalam pembangunan bangsa.

3. PLTD Apung

sumber gambar: Wikipedia

sumber gambar: Wikipedia

PLTD Apung ini menjadi tempat wisata di Banda Aceh yang populer sebagai salah satu monumen sisa-sisa bencana tsunami 2004 lalu. Kapal ini terseret oleh tsunami dan menempuh jarak sekitar 5 kilometer dari lokasi aslinya. Setelah dilakukan beberapa renovasi, PLTD Apung ini pun menjadi lokasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan.

4. Museum Rumah Cut Nyak Dien

Museum Rumah Cut Nyak Dien ini sebenarnya tidak masuk dalam area Banda Aceh. Tempat wisata yang satu ini masuk dalam wilayah Kabupaten Aceh Besar dan berjarak kurang lebih 6 kilometer dari pusat kota Banda Aceh. Bangunan berbentuk rumah tradisional Aceh ini dibangun di atas lokasi yang dulunya merupakan rumah pribadi Cut Nyak Dien.

sumber gambar: Indonesia Kaya

sumber gambar: Indonesia Kaya

Rumah tempat tinggal Cut Nyak Dien memang sudah tak lagi berdiri tegak. Tak lain karena rumah tersebut dibakar oleh tentara Belanda pada tahun 1893 pada saat terjadi Perang Aceh. Akibatnya, rumah tersebut pun hanya tinggal pondasi. Baru pada tahun 1980an, bekas rumah pahlawan wanita dari Aceh itu dijadikan sebagai lokasi museum.

5. Peucut Kerkhoff

Tempat wisata di Banda Aceh

sumber gambar: Aceh Planet

Tempat wisata di Banda Aceh yang satu ini merupakan bukti sejarah perlawanan masyarakat Aceh melawan penjajah Belanda. Peucut Kerkhoff ini merupakan area pemakaman serdadu Belanda yang tewas dalam pepemrangan. Tak kurang dari 2000 prajurit Belanda dimakamkan di tempat ini. Dan saat ini, para traveler pun banyak yang datang ke sana. Utamanya adalah para traveler dari negeri Belanda.

6. Kampung Turki di Bitay

Siapa sangka ternyata masyarakat Aceh mempunyai hubungan yang sangat erat dengan negara Turki. Buktinya adalah keberadaan ‘Kampung Turki’ di Bitay, Banda Aceh. Tempat wisata di Banda Aceh yang satu ini dikenal menjadi peristirahatan terakhir para guru, ustadz serta petugas militer dari Turki Utsmani yang dikirimkan ke negeri Aceh. Kedatangan orang-orang dari Turki tersebut pun bertugas untuk mengajarkan agama Islam ke masyarakat Aceh.

sumber gambar: adirafacesofindonesia

sumber gambar: adirafacesofindonesia

Makam orang-orang Turki yang datang ke Aceh itupun berada di Kompleks Situs Makan Tengku di Bitay, Banda Aceh. Terdapat sebanyak 48 makam kuno yang ada di area pemakaman ini. Termasuk di antaranya adalah makam Sultan Salahuddin. Area pemakaman ini sempat mengalami kerusakan saat bencana tsunami di tahun 2004. Dan Pemerintah Aceh pun kembali memperbaiki tempat ini lengkap dengan ornamen Timur Tengah.

Continue Reading
Loading...

RSS Film Terbaru Minggu Ini

RSS Tempat Wisata Terbaru

RSS Tips Sehat

RSS Khasiat

close

RSS Penyakit.co.id


To Top