Connect with us

Taman Nasional Bunaken, Alam Bawah Lautnya Bukti Keindahan Alam Indonesia

Taman Nasional Bunaken

Wisata

Taman Nasional Bunaken, Alam Bawah Lautnya Bukti Keindahan Alam Indonesia

Lihat.co.id – Taman Nasional Bunaken di Sulawesi Utara telah lama menjadi tempat yang dikenal luas dengan keindahan alam bawah lautnya. Tidak heran, setiap waktu, banyak wisatawan yang datang berkunjung ke tempat ini. Mereka yang datang bukan hanya wisatawan lokal, tapi juga asing.

Berada di seberang Kota Manado membiat Taman Nasional Bunaken begitu terkenal di Indonesia. Taman lautnya yang indah mampu menarik siapa pun untuk datang ke sana. Kamu akan menemukan surga di bawah laut yang begitu elok dipandang.

Taman Nasional Bunaken

lihat juga: Gunung Kekewang, Lokasi Wisata Keluarga yang Asyik dan Seru di Minahasa Utara

Keindahan Alam Bawah Laut Taman Nasional Bunaken

Sama seperti Raja Ampat, Bunaken juga memiliki keindahan laut yang indah. Taman nasional yang didirikan pada tahun 1991 ini memiliki luas 890.65 km². Memiliki 390 spesies rumbu karang dan juga memiliki berbagai jenis ikan, reptil, moluska, dan beragam jenis mamalia laut.

Taman Nasional Bunaken memiliki 97% habitat laut, sementara untuk yang 3%-nya adalah daratan. Tak hanya 90 jenis spesies ikan, taman nasional ini memiliki jenis habitat darat yaitu rusa dan kuskus, sementara yang tinggal di hutan magrove ada burung laut, lobster, kepiting dan moluska. Pada tahun 2005, Bunaken didaftarkan sebagai situs warisan dunia UNESCO.

Taman Nasional Bunaken

20 Titik Penyelaman Mengagumkan di Taman Nasional Bunaken

Kamu yang menggemari olahraga diving atau snorkeling, Taman Nasional Bunaken adalah tempat yang bagus untuk olahraga tersebut. Kamu akan dimanjakan dengan beragam jenis biota laut yang indah. Tak hanya itu, tingkat visibilitas airnya pun sekitar 20-40 meter sehingga kamu bisa melihat dengan jelas dari atas perahu tanpa harus melakukan diving atau snorkeling.

lihat juga: Bukit Tingtingon, Tempat Terbaik Menyaksikan Keindahan Kota Tomohon

Total ada 20 titik penyelaman salah satunya adalah Timor Point yang letaknya tak jauh dari pusat Kota Manado. Titik penyelaman ini bukan perairan dangkal seperi biasanya tetapi ini adalah gabungan dari spot diving dan snorkeling yang memiliki wall atau tebing yang berbatasan langsung dengan laut dalam.

Taman Nasional Bunaken

Bagi yang hanya suka diving, ada salah satu spot yang menarik untuk dikunjungi. Spot tersebut memiliki terumbu karang vertikal nan terjal di kedalaman 20 sampai 25 meter. Kamu akan merasa berenang di depan tembok terumbu karang yang cantik.

Waktu Terbaik Berkunjung ke Taman Nasional Bunaken

Waktu terbaik untuk mengunjungi Taman Nasional Bunaken adalah pada bulan Mei sampai Agustus. Tak jarang banyak turis mancanegara yang datang kembali ke Bunaken setelah berlibur ke sini. Snorkeling atau diving, pemandangan cantik itu akan memanjakan matamu.

Taman Nasional Bunaken

Lokasi Taman Nasional Bunaken

Taman nasional satu ini lokasinya berdekatan dengan Manado. Berikut ini adalah peta lokasinya di Google Maps:

Cara Menuju Taman Nasional Bunaken

Untuk menuju ke Taman Nasional Bunaken, dari Kota Manado kamu bisa menaiki kapal-kapal yang disewakan di dermaga-dermaga. Banyak jasa penyewaan kapal yang berada di sekitar dermaga yang sudah standby di sana. Akan lebih baik jika kamu datang dengan rombongan karena biaya sewanya akan lebih terjangkau. Satu kapal yang disewa biasanya memuat 20 orang.

Setelah sampai, kamu harus membeli tiket masuk yang bisa dibeli di operator wisata bahari sampai counter tiket di Pulau Bunaken dan Siladen. Saat sampai kamu bisa beristirahat dahulu dengan meminum segarnya kelapa muda dan mencicipi kuliner khas. Atau kamu bisa melihat keindahan alam pantai dan bisamenyewa peralatan diving dan snorkeling di sini.

Jika kamu belum bisa atau belum pengalaman dalam menyelam, lebih baik snorkeling saja. Selain lebih murah sewa peralatannya, juga lebih gampang. Selamat bersenang-senang!

Continue Reading
Loading...
Click to comment

Trending


To Top