Connect with us

Taman Botani Sukorambi, Taman Indah di Jember Jawa Timur

Taman Botani Sukorambi Jember

Wisata

Taman Botani Sukorambi, Taman Indah di Jember Jawa Timur

Taman Botani Sukorambi, Taman Indah di Jember Jawa Timur

Lihat.co.id – Botani sebenarnya merupakan cabang keilmuan dari biologi yang memebahas tentang tumbuh-tumbuhan. Hal tersebebut meliputi segala jenis tumbuhan yang berada di dunia ini. Demikian juga dengan salah satu taman yang berada di Jember tersebut yang di sebut dengan Taman Botani Sukorambi yang merupakan taman dengan berbagai macam jenis tumbuhan. Tumbuhan-tumbuhan di taman tersebut sebenarnya awalnya memang telah ada. Kemudian seiring perkembangan zaman taman tersebut di lestarikan dan kini menjadi tempat wisata.

Taman Botani Sukorambi Jember

Sebagai salah satu destinasi wisata di kota Jember taman tersebut ikut menyumbangkan keunikannya untuk kota jember. Selain sebagai tempat wisata taman tersebut juga sebagai ajang taman hijau. Atau taman dengan tanpa polusi yang akan meningkatkan taraf kesehatan pada manusia. Sehingga dirasa sangat layak jika taman tersebut menjadi contoh yang patut untuk di terapkan disetiap-tiap kota yang lainnya.

Alamat dan Peta Lokasi Taman Botani Sukorambi

Pentingnya lokasi adalah untuk mengetahui dimana letak dari suatu tempat tersebut. Sehingga ketika Anda memiliki tujuan ingin kesana Anda telah memiliki gambaran terlebih dahulu jalanan dan rute mana saja yang akan Anda tempuh. Untuk taman tersebut mamiliki lokasi di desa sukorambi, kabupaten Jember, Propinsi Jawa Timur. Yang mana tepatnya adalah di jalan Muhajir di desa tersebut. Lokasinya sangat mudah untuk di tempuh baik itu dari kendaraan roda empat maupun roda dua.

Taman Botani Sukorambi Jawa

Untuk posisi secara administratifnya taman tersebut berada di ketinggian 100 Mdpl. Sehingga tempatnya memiliki suasana yang sangat sejuk sekali. Karena lokasinya yang lumayan tinggi di sarankan untuk Anda yang berkunjung kesana agar berhati-hati. Dari segi topografi datar dan kemiringannya yaitu di sudut 10-30 derajat.  Ketika Anda berkunjung kesana diusahakan di sekitaran bulan agustus. Karena pada bulan-bulan itu tempat tersebut memiliki curah hujan yang kecil 7,5 mm.

Sejarah Taman Botani Sukorambi

Awal mula sejarah pembangunan taman tersebut di mulai yaitu ketika tahun 2006. Diawalai dari bupati Jember yang memiliki gagasan ingin menjadikan teman tersebut sebagai tempat wisata rekreasi milik pribadi. Akhirnya ketika seiring waktu berjalan, ada banyak masukan baik dari masyarakat maupun lembaga untuk menjadikan tempat tersebut sebagai tempat umum saja. Akhirnya pada tanggal 24 februari 2007, Abdul Kahar Muzakir atau Bupati Jember membuka tempat tersebut untuk umum dan sekaligus meresmikannya.

Taman Botani Sukorambi Jawa Timur

Semenjak setelah peresmian tersebut mulailah banyak berdatangan para pengunjung ke tempat wisata tersebut. Semula hanya berjumlah rata-rata 50 orang pengunjung pada tahun 2011. Kemudian pada tahun selanjutnya naik 200 orang per pekannya hingga di akhir desember 2012 rata-rata pengunjung hariannya meningkat menjadi 300 orang. Sedangkan untuk musim liburang hingga saat ini pengunjung mencapai 1000 orang perharinya. Karena taman tersebut merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler hingga saat ini, disamping wisata pantai dan yang lainnya.

Visi dan Misi Taman Botani Sukorambi

Sebagai taman yang berwawasan kedepan taman tersebut memiliki visa dan misi yang sangat baik. Untuk visinya adalah menjadi taman rekreasi alternatif bagi masyarakat di Kabupaten Jember Khususnya, yang bernuansa alam sekaligus dapat membantu dunia pendidikan dengan memberikan sarana belajar tentang alam dan membantu pemerintah dalam mengajak masyarakat agar sadar lingkungan, tumbuhan dan satwa. Artinya dengan visi tersebut diharapkan orang yang datang bisa bersatu dengan alam.

Taman Botani Sukorambi Indonesia

Sedangkan untuk misinya adalah untuk melakukan konservasi sumber daya alam. Yang tentunya tujuannya adalah untuk melindungi tanaman yang berada di alam. Baik yang di lindungi maupun yang tidak di lindungi, baik yang langka maupun yang banyak di temukan dari ancaman kepunahan. Tentunya dengan melalui berbagai kegiatan yang bisa diadakan di sana seperti, penelitian, budi daya, koleksi, dan lain sebagainya. Dengan upaya seperti inilah alam kita bisa terlindungi, karena sudah banyak alam dan hutan yang menjadi korban dari keserakahan manusia.

Nah, dengan adanya visi dan misi yang jelas tersebut akan mengarahkan pengelola maupun masyarakat sekitar juga ikut berpartisipasi memanfaatkannya dan melindunginya. Salah satu manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat adalah sebagai sumber ekonomi. Karena dengan adanya taman wisata tersebut sudah jelas akan banyak warung-warung dan toko-toko milik masyarakat yang berada di sekitarnya.

Jam Buka dan Tiket Masuk Taman Botani Sukorambi

Untuk harga tiket masuk Taman Botani  Sukorambi yang ada di Jember ini pengunjung dikenakan Rp.6000 dihari kerja, Sedangakan harga tiket masuk akan naik sebesar Rp.7.000 di hari libur. Jika anda ingin mengelilingi Taman Bontani Sukorami, bagian wisata menyewakan kendaraan roda 3, dan anda akan di kenakan sebesar Rp.5000. Jam buka Taman Botani  Sukorambi yaitu mulai jam 07.00 sampai jam 16.00 atau jam 4 sore.

Lihat Juga : Pantai Puger, Tempat Wisata Eksotis dan Berburu Ikan Segar

Nah itulah informasi mengenai taman wisata yang ada di Kabupaten Jember. Anda dapat melihat wisata Jember lainnya

Loading...
Continue Reading
Loading...
Click to comment

RSS Film Terbaru Minggu Ini

RSS Tempat Wisata Terbaru

RSS Tips Sehat

RSS Khasiat

close

RSS Penyakit.co.id


To Top