in

Pesona Keindahan Wisata Situ Gunung di Sukabumi

situ gunung cisaat sukabumi

Lihat.co.id – Situ Gunung, sudah pernahkah Anda mengunjungi danau yang satu ini? Terletak di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Situ Gunung menawarkan Anda sejuta pesona. Tidak hanya di balut dengan keindahan rupa, tapi juga ketenangan, kesejukan dan udara segar bebas polusi bagi Anda dan keluarga.

Tempat wisata populer Sukabumi benar-benar cocok untuk Anda jadikan tujuan berlibur Anda bersama keluarga, habiskanlah setidaknya 2 malam bersama di tempat ini. Rasa penat, lelah dan stress yang sudah Anda tahankan akan bisa di lepaskan setelah Anda mengunjungi Situ Gunung.

Damainya Suasana di Kawasan Wisata Situ Gunung

Situ Gunung, Lokasi Tepat Kemah Keluarga di Sukabumi

Bayangkan diri dan pikiran Anda terlepas dari tumpukan pekerjaan di kantor maupun tugas kuliah yang biasa Anda kerjakan. Tidak ada kemacetan, tidak ada deru kendaraan maupun kesibukan perkotaan yang biasanya harus Anda hadapi hingga merasa bosan. Sebagai gantinya Anda di tawarkan dengan panorama hutan nan asri, suara cuitan burung yang bersahutan dan ketenangan alam. Hal plus lainnya adalah, tentu saja udara Situ Gunung yang sejuk malah cenderung dingin, sangat kontras bila di bandingkan kondisi di perkotaan yang panas. Wah, membayangkannya saja sudah membuat Anda merasa lega bukan?

Lihat Juga: Curug Awang, Pesona Air Terjun Niagara Mini dari Sukabumi

Transportasi Mudah Menuju Kawasan Situ Gunung

Situ Gunung, Lokasi Tepat Kemah Keluarga di Sukabumi

Untuk sampai ke wilayah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango pun tidaklah sulit. Bagi Anda yang memilih menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa mengakses lokasi ini langsung dari Jakarta maupun sekitaran Jawa Barat. Bagi Anda yang melakukan perjalanan dari Bogor, Anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 70 km ke daerah Cisaat. Patokannya dari Bogor, setelah Anda memasuki daerah Cisaat di Sukabumi, maka carilah lokasi Polsek Cisaat. Dari sana Anda hanya perlu belok ke arah kiri jalan kemudian melanjutkan perjalanan sejauh 10 kilometer lagi. Kemudian Anda akan sampai di pintu masuk Taman Nasional.

Anda juga bisa memilih menggunakan kereta api dari Bogor (Palegan) ke Sukabumi dengan tarif sebesar Rp. 25.000,- perorang. Kemudian Anda tinggal meneruskan perjalanan dengan menaiki angkot yang Anda bisa dapatkan tidak jauh dari kantor Polsek Cisaat. Ongkosnya juga cukup murah. Jika Anda datang dengan rombongan yang cukup ramai, maka sewa saja angkotnya untuk mengantarkan Anda langsung hingga ke depan pintu masuk tempat wisata ini. Karena trayek dari angkot sebenarnya juga tidak sampai hingga batas pintu masuk dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Nah, setibanya Anda di pintu masuk, Anda akan membeli tiket masuk. Harga terbarunya berkisar pada nilai Rp. 27.500,- pada hari kerja untuk berkemah selama 2 hari satu malam. Kemudian Anda akan di beri arahan tentang lokasi camping ground atau wilayah perkemahan. Ingat ya, Anda tidak di ijinkan untuk berkemah di tepian Situ ini.

Disini Anda bisa membawa peralatan perkemahan milik Anda sendiri, atau menyewa dari pengelola Situ Gunung, tentu dengan harga yang lumayan mahal. Jangan khawatir soal fasilitas di sekitar Situ Gunung, diwilayah perkemahan sudah tersedia toilet yang cukup bersih dengan air yang cukup. Mandi disini akan sangat dingin dan memberikan Anda sensasi yang pastinya tak terlupakan.

Lihat Juga: Pantai Citepus, Pasir Landainya yang Memikat Sukabumi

Kondisi Lokasi Perkemahan Situ Gunung

Situ Gunung, Lokasi Tepat Kemah Keluarga di Sukabumi

Biasanya para pengunjung yang datang ke Situ Gunung untuk berkemah akan memanfaatkan malam pertamanya untuk mempersiapkan tenda, makanan dan api unggun mereka. Di pagi harinya barulah mereka akan mulai bergerak untuk menikmati sunrise atau matahari terbit dari tepian Situ Gunung.

Jarak dari camping ground ke Situ (Danau) Gunung berada pada radius kurang lebih satu kilometer, membutuhkan waktu 20-30 menit untuk sampai di tepiannya. Danau diatas ketinggian 850 mdpl ini di kelilingi dengan hutan pinus di tepiannya. Sehingga tampilan sunrise maupun sepanjang hari pada umumnya tetap luar biasa terlihat sangat menawan. Anda juga dapat menyewa perahu seharga Rp. 20.000,- perorang untuk dapat berkeliling di atas Danau (Situ) Gunung.

Pesona Keindahan Situ Gunung

Situ Gunung, Lokasi Tepat Kemah Keluarga di Sukabumi

Pengunjung biasanya akan sibuk mengabadikan moment mereka disekitaran Situ Gunung karena keindahannya yang tak terbantahkan. Tak sedikit juga pasangan calon pengantin yang mengambil photo pre-wedding mereka dengan backgroud Situ Gunung dan hutan pinusnya.

Setelah puas melihat dan berkeliling di tempat wisata pupuler Sukabumi, Anda juga dapat mampir atau berkunjung ke situs Curug Sawer yang tidak jauh dari Situ Gunung. Anda tidak perlu menambah bayaran atau tiket terusan untuk sampai kesana, karena kunjungan ke Curug Sawer sudah termasuk dalam biaya berkemah di Situ Gunung.

Peta Lokasi Situ Gunung

Koleksi Foto, Gambar dan Wallpaper Situ Gunung

Situ Gunung

Pagi Hari Situ Gunung

wisata situ gunung

situ gunung cisaat sukabumi

danau situ gunung

wonderful sukabumi

foto pre wedding muslim romantis situ gunung

Itulah ulasan lengkap wisata Situ Gunung yang menawan. Jangan lupa untuk mempersiapkan bekal makanan, minuman serta pakaian hangat jika Anda ingin berkunjung ke tempat wisata satu ini. Jaga selalu kesehatan dan keselamatan tubuh Anda dan ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan. Liburan tidak harus selalu mahal dan dihabiskan di tempat perbelanjaan. Kunjungilah alam sekitar untuk mengobati kejenuhan Anda sesekali.

Loading...
10 Fakta Mengejutkan dari McDonald's

10 Fakta Mengejutkan dari McDonald’s

10 Bangunan Bersejarah yang Kini Hanya Tinggal Fotonya Saja