in

Puncak Kosakora, Tempat Selfi Paling Indah di Jogja

puncak kosakora

Lihat.co.id – Puncak Kosakora merupakan salah satu destinasi wisata alam andalan yang berlokasi di Gunungkidul, Yogyakarta. Yang dikatakan puncak ini sebenarnya bukan puncak gunung namun puncak dari sebuah bukit dengan ketinggian sekitar 50 meter di atas permukaan laut.

Wisata Puncak Kosakora masih menyimpan kealamiannya. Untuk menuju ke puncak bukit membutuhkan pengorbanan yang lumayan berat karena harus mendaki bukit dengan berjalan kaki. Namun setelah mencapai puncak bukit akan terlihat pemandangan yang menakjubkan dari atas berupa hamparan lautan dan rerumputan.

puncak kosakora

Keindahan tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi terutama bagi muda-mudi yang senang berpetualang. Biasanya muda-mudi menjadikan tempat ini sebagai latar belakang berfoto. Sangat menakjubkan jika mendatangi puncak bukit Kosakora ini di waktu senja hari saat matahari tenggelam.

3 Rute Menuju Puncak Kosakora

puncak kosakora

Lokasi Puncak Kosakora berada di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk mencapai tempat wisata ini ada 3 rute yang dapat dipilih. Sebelum mencapai puncak bukit, pengunjung harus mencapai ke Pantai Drini terlebih dahulu.

  • Rute pertama, dari Yogyakarta, Bantul, Parangtritis, Panggang, Saptosari, Baron, Kukup, Pantai Drini, dilanjutkan trekking di Pantai Ngrumput dan sampai ke puncak bukit Kosakora.
  • Rute kedua, dari Yogyakarta, Piyungan, Patuk, Gading, Wonosari, Baron, Kukup, Pantai Drini, dilanjutkan trekking di Pantai Ngrumput dan sampai ke puncak bukit Kosakora.
  • Untuk rute ketiga, dari Yogyakarta, Piyungan, Patuk, Gading, Siono, Wonosari, Baron, Tepus, Pantai Indrayanti, Sundak, Krakal, Pantai Drini, dilanjutkan trekking di Pantai Ngrumput dan sampai ke puncak bukit Kosakora. Pengunjung yang membawa kendaraan sendiri dapat memarkir kendaraannya di Pantai Drini.

Jika akan menuju ke puncak bukit Kosakora harus melewati Pantai Drini terlebih dahulu kemudian menuju ke arah timur. Pengunjung harus berjalan kaki menyusuri pantai sepanjang 2 km. Namun hal ini hanya dapat dilakukan saat air laut sedang surut. Apabila air laut sedang pasang maka tidak memungkinkan berjalan menyusuri pantai karena berbahaya. Saat air laut sedang pasang maka mau tidak mau pengunjung harus berjalan menyusuri 2 bukit terlebih dahulu sebelum sampai di puncak bukit Kosakora.

Lihat Juga: Kebun Buah Mangunan, Tempat Tanaman Langka di Bantul

Setelah berjalan kaki menyusuri Pantai Drini kemudian akan sampai di Pantai Ngrumput. Dari pantai ini puncak bukit Kosakora sudah terlihat semakin dekat. Dilanjutkan dengan berjalan kaki naik menyusuri bukit. Jalan naik ke puncak bukit masih berupa jalan setapak dan sebelah kanan kirinya tertutup semak-semak tinggi. Jalanan ini masih sangat alami dan banyak bebatuan sehingga harus berhati-hati terutama saat hujan. Di sekitar jalanan terdapat kebun milik warga sekitar. Setelah menyusuri jalan setapak selama kurang lebih 20 menit sampailah ke tempat yang dituju yaitu Puncak Kosakora.

Aktifitas di Puncak Kosakora

puncak kosakora

Setelah sampai di puncak bukit Kosakora akan merasa takjub akan kebesaran ciptaan Illahi. Lautan yang biru dan padang rumput menghijau tampak menghampar di bawah. Rasa lelah saat melakukan perjalanan dan trekking seolah terbayar sudah dengan melihat pemandangan tersebut. Di puncak bukit ini terdapat rerumputan hijau yang tipis seakan berada di padang kecil atas bukit. Jika memandang ke arah barat akan tampak pemandangan Pantai Drini. Dan jika memandang ke arah timur akan tampak pemandangan Pantai Kukup.

Puncak Kosakora, Tempat Selfi Paling Indah

 

puncak kosakora

Biasanya pengunjung akan mengabadikan momen pencapaian di puncak bukit Kosakoradengan berfoto. Di puncak bukit ini terdapat papan kecil dengan tulisan Puncak Kosakora. Papan ini dapat dilepas dan dijadikan properti saat berfoto di tempat ini. Bagi pengunjung yang telah mencapai puncak bukit Kosakora tidak sah rasanya jika belum berfoto dengan memegang papan tersebut. Ada juga properti lain untuk foto yaitu bendera merah putih. Umumnya pengunjung akan berfoto dengan latar belakang lautan dan padang rumput yang terlihat di bawahnya. Saat senja tiba dan matahari tenggelam akan terlihat pemandangan yang lebih menakjubkan lagi.

Pengunjung yang capek dan ingin beristirahat dapat duduk-duduk di kios milik penduduk. Kios ini hanya dibangun dengan kayu dan terpal. Disini pengunjung dapat membeli snack, makanan dan minuman yang telah disediakan.

puncak kosakora

Puncak bukit Kosakora dapat dijadikan untuk tempat berkemping. Jika pengunjung ingin berkemah disini dapat membawa tenda dan peralatan kemah sendiri. Namun dianjurkan untuk tidak membuat api unggun karena dikhawatirkan dapat membakar rerumputan di tempat ini sehingga terlihat tidak alami lagi. Untuk penerangan di malam hari dapat menggunakan lampu LED atau petromax. Perhatikan juga agar tidak meninggalkan sampah di tempat ini agar selalu terjaga kebersihannya.

Peta Lokasi Wisata Puncak Kosakora

Puncak Kosakora di Gunungkidul, Yogyakarta menjadi salah satu destinasi wisata alam yang favorit untuk dikunjungi terutama oleh kaum muda-mudi. Tidak ada salahnya untuk menyempatkan mengunjungi kawasan wisata dipuncak bukit ini di saat liburan tiba. Wisata alam yang satu ini dapat menjadi tujuan liburan yang berkesan untuk mengagumi keindahan alam semesta.

Loading...
Benteng Portugis, Jepara Pati Jawa Tengah

Benteng Portugis, Objek Wisata Bersejarah di Jepara

Sian Djin Ku Poh

Vihara Sian Djin Ku Poh, Vihara Menawan dari Karawang