Connect with us

Pantai Puger, Tempat Wisata Eksotis dan Berburu Ikan Segar

Pantai Puger Jember Indonesia

Wisata

Pantai Puger, Tempat Wisata Eksotis dan Berburu Ikan Segar

Lihat.co.id – Meskipun dengan julukan kota 1000 bukit, Jember ternyata salah satu daerah yang memiliki wisata alam pantai yang terbanyak salah satunya Pantai Puger. Sebagai daerah bagian dari Jawa Timur wisata pantai yang telah di sandang oleh Jember merupakan Icon yang menjadikan ciri khas dari wilayah tersebut. Sehingga ketika Anda berkunjung ke kota Jember ketika belum berkunjung ke salah satu pantainya maka belum di katakan sempurna. Dari banyak pantai yang di miliki oleh kota Jember salah satunya adalah Puger.

Pantai Puger Jember Jawa Timur

Pantai Puger dapat membuat bayak pengunjung untuk tertarik mendatanginya. Hal tersebut di karenakan pantai tersebut tersohor dengan keindahan alamnya yang maih alami. Udara yang masih sejuk belum banyak terkontaminasi oleh polusi udara. Menjadikan kaum elit kota untuk menjadikan tujuan utama berkunjung ke pantai tersebut ketika ke Jember. Hal tersebut menjadi lumprah, karena kurangnya di perkotaan akan suasana seperti hal tersebut. Maka dari itulah Pantai Puger sangat cocok apabila untuk melepas pengat setelah beraktivitas harian.

Lihat Juga: Teluk Love Jember, Objek Bahari Terindah di Jawa Timur

Alamat dan Peta Lokasi Pantai Puger

Untuk mengetahui kondisi Pantai Puger tersebut Anda bisa langsung untuk berkunjung ke tempat tersebut secara langsung. Untuk berkunjung ketempat pantai tersebut maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu lokasinya. Sebagaimana dengan pantai Puger juga demikian. Lokasi tempatnya Pantai Puger tersebut berada di 40 kilometer di sebelah barat daya Kota Jember. Sudah bukanlah barang yang tabu lagi karena lokasi tersebut sudah sangat terkenal. Terbukti banyak sekali orang yang telah mendatanginya meskipun banyak yang bilang pantainya masih alami.

Pantai Puger Jawa Timur

Apabila Anda mencarinya dengan menggunakan media GPS, maka Anda bisa temukan pantai tersebut di titik koordinat GPS  -8.3814830 113.4676970. secara umum pantai tersebut memiliki panjang yang kurang lebih sekitar 3 km. kemudian pantai tersebut juga berdekatan dengan pantai yang lainnya. Diantara wisata pantai yang berdekatan dengan pantai puger ini adalah pantai Kucur. Makanya ketika nanti Anda nanti berkunjung ke pantai Puger, sekaligus Anda juga bisa menikmati pantai yang lainnya.

Ciri Khas Wisata Pantai Puger Jember

Berbicara tentang ciri khas memang sangat penting, hal tersebut merupakan tambahan wawasan. Ciri khas bisa juga di katakan sebagai karakteristik khusus yang dimiliki oleh Pantai Puger dan tidak di miliki oleh pantai yang lainnya. Untuk mengetahui arakteristiknya mari di kupas satu persatu tentang pantai tersebut. Pertama ternya Pantai di wilayah Jember tersebutbagian dari perairan laut selatan dengan kekhasan gelombangnya yang tinggi. Makanya tidak heran jika di pantai tersebut gelombangnya selalu tinggi kebanyakan.

Pantai Puger Jawa

Ciri yang selanjutnya di pantai tersebut masih banyak berhiaskan dengan kayu kapal Prau tradisional. Hal tersebut berkaitan dengan banyaknya nelayan yang mencari ikan di tempat ini. sehingga ketika Anda berkunjung kesana bisa membeli dan menikmati ikan segar dari nelayan tersebut. Atau juga bisa mencoba memancing ikan di laut tersebut dengan menggunakan kano yang telah di sediakan.

Kemudian adanya wisata adat yang cukup bagus, yaitu ritual tradisional yang di sebut dengan Larung Sesaji. Hal tersebut merupakan kegiatan yang dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rezeki yang dilimpahkan. Kegiatan ini diperingati dengan di tandai membuang sesaji yang berupa tumpeng dan perlengkapan lainnya ketengah-tengah laut dengan sejauh-jauhnya.

Lihat Juga: Taman Nasional Meru Betiri, Surganya Flora dan Fauna Jatim

Kuliner Khas dan Mitos dari Pantai Puger

Bicara tentang kuliner di dekat pantai memang tidak akan terlepas dengan kondisi lingkungan. Secara umum memang banyaj warung-warung kecil yang menyediakan makanan sebagai pengganjal perut Anda ketika lapar. Akan tetapi di samping itu semua ada salah satu menu makanan yang menjadi khas dari pantai tersebut. Apa lagi kalau bukan ikan laut bakar yang masih segar. Anda bisa menikmati ikan laut bakar tersebut sambil bersantai untuk menghabiskan waktu di sore hari.

Pantai Puger Jember

Sedangkan untuk cerita mitos yang berkembang tentang pantai puger tersebut beraal dari adanya petilasan bekas petapaan Mbah Kucur. Petilasan tersebut berada di dekat Kolam Penampungan Mata Air Kucur, dan Mata Air Seribu. Mbah Kucur yang diyakini masyarakat setempat sebagai seorang prajurit yang tugasnya mengawal Pangeran Puger dari Kerajaan Mataram. Sehingga tempat tersebut diyakini menyimpan energy mistis. Makanya banyak pengunjung yang ramai berdatangan pada hari Kamis malam atau malam Jumat untuk melakukan ritual. Anda dapat melihat wisata Jember lainnya.

Continue Reading
Loading...
Click to comment

RSS Film Terbaru Minggu Ini

RSS Tempat Wisata Terbaru

RSS Tips Sehat

RSS Khasiat

close

RSS Penyakit.co.id


To Top