Connect with us

Wisata Paling Bersejarah di Museum TNI AL Loka Jala Crana

koleksi galeri loka jala crana

Wisata

Wisata Paling Bersejarah di Museum TNI AL Loka Jala Crana

Lihat.co.id – Pada mulanya, wisata Museum TNI AL Loka Jala Crana telah dibangun sekitar 19 September tahun 1969 bernama Museum Angkatan Laut. Kemudian museum ini disahkan Ibu R Mulyadi. Berdasarkan dengan namanya, pada museum angkatan laut memang didedikasikan bagi para kadet angkatan laut untuk pembelajaran mengenai sejarah.

koleksi galeri loka jala crana

Seiring berjalannya waktu, nama museum ini juga berubah menjadi Museum TNI-AL di tanggal 10 Juli tahun 1973. Dan akhirnya, perubahan terakhir museum tersebut telah berubah nama menjadi sekarang ini. Museum AL Loka Jala Crana merupakan nama terakhir yang diubah pada tanggal 6 Oktober tahun 1979.

Lihat Juga: 35 Tempat Wisata di Bandung Paling Terkenal dan Terpopuler

Koleksi Museum Loka Jala Crana

museum loka jala crana

Bahkan ada juga miniatur dari kapal perang KRI secara lengkap disertai bingkai cerminnya. Miniatur tersebut dibuat sesuai armada asli yang dipakai untuk memperkuat ketahanan Republik Indonesia. Di dalam museum ini juga ada replica dari kapal Dewaruci.

Yang mana kapal aslinya juga masih beroperasi hingga sekarang ini. Kapal tersebut dimanfaatkan untuk melatih kadet berlayar dalam waktu berbulan-bulan. Sebelum mereka akan di tugaskan sampai ke lautan lepas.

Disini juga terdapat peralatan khas bangsa kita dalam melindungi diri terhadap kekejaman penjajah. Seperti baju anti peluru namun sudah compang-camping bahkan senjata yang berbentuk unik, dapat Anda sentuh dalam museum ini. Selanjutnya juga ada baju seragam, kendaraan sepeda motor yang sudah digunakan oleh para pahlawan namun masih utuh di koleksi.

Selain di dalam monument, Anda juga bisa berkeliling kompleks, untuk melihat para kadet yang dididik beladiri dan perang. Bagaimana dalam menghindari ranjau dan unjuk ketangkasan lain, bisa anda lihat tanpa ada halangan.

kapal dewa ruci

Beberapa Koleksi Museum Loka Jala Crana seperti :

  • Peralatan sekaligus Perlengkapan Kapal.
  • Beberapa peralatan Pesawat Kendaraan dan juga Pasukan.
  • Banyak Senjata serta Amunisi.
  • Sejumlah Kaporlap, Tanda Jasa dan juga Kehormatan.
  • Maupun Lambang – Lambang Dan Bendera Tanah Air.
  • Ada Juga Dokumen Penting.

Sedangkan Koleksi Yang Bersifat Umum dan Maket Seperti :

  • Planetarium
  • Perahu / Kapal
  • Peropong Bintang
  • Rudal & Foto Pahlawan AL
  • Pakaian Selam.

Jam Buka dan Fasilitas Museum Loka Jala Crana

Jika anda ingin mengunjungi museum ini, jam buka setiap hari yakni mulai hari senin sampai minggu dari jam 08.00 hingga 14.00. Jadi anda bisa setiap waktu mengunjungi museum ini.

Secara umum museum tersebut bisa diklasifikasi ke dalam dua bagian. Yang pertama, ialah bagian gedung seperti Anjungan Utama, dengan Planetarium dan juga Anjungan Joang. Yang kedua, ialah pameran taman, pada ruangan ini isinya seperti pesawat Gannet, tank Amphibi PT-76, meriam pesawat De Zeven Provincien.

koleksi museum loka jala crana

Bahkan ada juga beberapa meriam peninggalan dari VOC, ataupun meriam Bofors L.60. Senjata tersebut merupakan penembak Allan Pope. Ada juga monumen pendidikan perwira dan meriam instruksi.

Fasilitas Publik Museum Loka Jala Crana:

  • Ruang pameran tetap.
  • Kantor informasi.
  • Loket penjualan tiket.
  • Kamar mandi atau toilet.
  • Tempat Parkir.

Fasilitas Museum :

  • Ada ruang Administrasi ( Kantor ).
  • Tempat Penyimpanan Koleksi bersejarah.

Hotel Dekat Museum Loka Jala Crana

hotel dekat museum loka jala crana

Salah satu hotel yang lokasinya dekat dengan museum ini ialah Weta International Hotel atau tepat berada pada pusat kota Surabaya. Selain itu Hotel Weta Surabaya juga termasuk sebuah hotel sebagai alternative pilihan ketika berada di Surabaya. Alasannya karena hotel ini mempunyai beragam fasilitas penunjang untuk kenyamanan para pengunjung yang menginap dalam hotel ini.

Anda juga bisa memilih kamar dari ke 96 ruangan kamar hotel ini. Kamar yang disewakan masing – masing juga dipisahkan oleh dua tipe ruang yang berbeda. Bahkan hotel ini juga memberikan fasilitas Penginapan Gratis. Khususnya bagi para pengunjung, yang usianya 0 sampai 365 hari.

Sementara untuk pengunjung yang sudah berusia 1 sampai 3 tahun, akan dikenakan biaya penggunaan tempat tidur sebagai tambahan. Disamping layanan menginap gratis, di hotel tersebut juga disediakan sarana rekreasi seperti layanan pijat. Di mana akan menjadikan para tamu yang memakai fasilitas tersebut akan merasa lebih rileks bahkan segar kembali.

Lihat Juga: Tugu Pahlawan, Wisata Paling Bersejarah di Surabaya

Alamat dan Peta Lokasi Museum Loka Jala Crana

Sedangkan letak Museum TNI AL Loka Jala Crana tepat di Morokrembangan, Kecamatan Krembangan, kota Surabaya. Saat ini ada di bawah pengawasan Akademi Angkatan Laut serta Komando, Pendidikan dan Pengembangan Angkatan Laut. Museum ini di gunakan bagi para tentara, sersan dan petugas.

Museum tersebut mengingatkan sejarah Angkatan Laut, yakni masalah Revolusi Fisik, apalagi museum ini mempunyai koleksi yang berkaitan dengan revolusi. Diantaranya seperti kapal perang sekaligus meriam, helikopter, pesawat, Tank Amfibi PT 76, sektor artileri maupun pertahanan udara. Ada juga senjata api berupa pistol kuno yang punya laras panjang dan otomatis. Senjata ini mungkin cuma bisa ditemui di Museum TNI AL Loka Jala Crana ini.

Continue Reading
Loading...
Click to comment

Baca Juga

RSS Khasiat

RSS Film Terbaru Minggu Ini


To Top