Connect with us

Lembah Karst Mulo Surga Bagi Petualang di Yogyakarta

lembah karst mulo

Wisata

Lembah Karst Mulo Surga Bagi Petualang di Yogyakarta

Lihat.co.id – Lembah Karst Mulo, Lembah Mulo atau Lembah Ngingrong berlokasi di Desa Mulo, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi pintu masuk ke beberapa destinasi wisata Gunungkidul. Kawasan lembah ini di Desa Mulo akan dijadikan sebagai pintu gerbang untuk memasuki Geopark Gunungsewu.

Melalui pemerintah daerah setempat berencana untuk menjadikan kawasan lembah ini sebagai geowisata dan geopark. Perencanaan tersebut bertujuan agar masyarakat dapat menumbuhkan kecintaannya terhadap lingkungan terutama pada lingkungan ekosistem karst.

Sejarah Lembah Karst Mulo

lembah karst mulo

Keberadaan Lembah Karst Mulo terjadi akibat proses alamiah sekitar ribuan tahun yang lalu. Wilayah lembah ini pada awalnya adalah sebuah cekungan khas yang terjadi pada daerah karst atau disebut polye. Cekungan tersebut menjadi tempat penyerapan air dari permukaan melalui celah-celah yang ada didalamnya.

Semakin lama penyerapan air akan semakin banyak dan cekungan semakin dalam dan berkembang meluas. Perkembangan cekungan juga ditunjang dengan proses melarutnya air di batuan kapur. Daerah cekungan yang semakin dalam dan semakin meluas akhirnya berbentuk seperti lembah.

lembah karst mulo jawa

Wilayah di Lembah Mulo dapat dimanfaatkan sebagai obyek pengamatan karst yang memiliki keunikan. Perbukitan karst yang khas dari pembentukan lembah atau depresi dalam area sangat luas pada proses reruntuhan sejak bertahun-tahun lalu dapat digunakan sebagai penelitian geologi.

Di Kabupaten Gunungkidul terdapat bentangan alam sebagai wilayah gunung karst yang termasuk dalam Pegunungan Sewu. Topografi Pegunungan Sewu di wilayah Gunungkidul terbentuk dari proses batu-batu kapur. Bentangan alam berupa pegunungan karst yang ada di Gunungkidul memiliki ciri-ciri khusus dengan keunikan tersendiri yaitu terdapat fenomena eksokarst di permukaan dan endokarst di bawah permukaan.

Fenomena di bagian permukaan terdiri dari bentukan positif perbukitan karst berbentuk kerucut yang jumlahnya mencapai sekitar 40.000 bukit. Pembentukan di bawah permukaan berupa telaga karst dan lembah karst. Sedangkan fenomena di bawah permukaan terdiri dari aliran sungai bawah tanah dan goa karst dengan pemandangan stalaktit stalagmit yang jumlahnya mencapai 119 buah goa.

Keunikan yang terdapat di kawasan Pegunungan Sewu termasuk pada Lembah Karst Mulo dan keunikan ekosistemnya menjadikan tempat ini diusulkan sebagai warisan alam dunia. Pengusulan tersebut dilakukan pada tahun 1993 oleh International Union of Speleology. Dengan adanya keunikan dan keistimwaan tersebut dapat dijadikan pemerintah Gunungkidul untuk memajukan potensi pariwisata di daerahnya.

Lihat Juga: Gunung Api Purba Nglanggeran, Ekowisata Populer di Yogyakarta

Pemandangan di Lembah Karst Mulo

lembah karst mulo gunungkidul

Pemandangan yang indah di sepanjang Lembah Karst Mulo akan dinikmati oleh wisatawan sebelum sampai di pantai-pantai indah sekitar Gunungkidul. Deretan perbukitan karst yang membentang sangat elok menyambut wisatawan terlihat menjulang tinggi sepanjang jalan Tepus hingga Wonosari. Pemandangan di perbukitan Karst Mulo mirip seperti Grand Canyon yang ada di Amerika.

Letaknya sangat strategis yaitu berada pada jalur utama menuju beberapa destinasi wisata di wilayah Gunungkidul dan berada pada zona tengah kawasan perbukitan karst.

Pemandangan yang akan dinikmati oleh wisatawan semakin indah saat sore hari menjelang. Jika ingin berfotografi tersedia beberapa spot terbaik untuk memperoleh hasil jepretan yang unik dan indah. Petualangan yang menantang akan diperoleh oleh pengunjung selama menikmati keindahan sepanjang lembah Mulo.

Obyek Wisata di Sekitar Lembah Karst Mulo

lembah karst mulo yogyakarta

Terdapat banyak obyek wisata yang ada di sekitar Lembah Karst Mulo. Di lembah Desa Mulo ini terdapat pintu masuk ke Goa Ngingrong. Wisatawan yang ingin mencapai Goa Ngingrong harus menyusuri jalan setapak terjal dan harus memutar di area lembah. Pada dasar lembah terdapat dua buah goa yaitu goa di sisi sebelah barat dan goa di sisi sebelah timur.

Pada goa yang berada di sebelah timur terdapat pemandangan unik di dalam goa. Menurut cerita masyarakat setempat bahwa di dalam goa terdapat aliran sungai bawah tanah dan air terjun. Sumber airnya terdapat di ujung goa. Sungguh pemandangan yang sangat menakjubkan.

lembah karst mulo indonesia

Wisatawan yang berkunjung ke goa akan menemukan batu-batu berukuran besar berwarna putih, bebatuan kerikil dan bebatuan berukuran sebesar gajah.  Tetesan air yang turun dari bagian stalaktit menambah keindahan pemandangan di dalam goa. Kesejukan di sekitar goa sangat terasa untuk menemani pengunjung saat melepas lelah.

Di dasar lembah terdapat sumber mata air yang hingga saat ini masih mengalirkan airnya. Sumber mata air tersebut menjadi sumber air bagi warga sekitar terutama pada saat musim kemarau tiba. Lokasi sumber mata air berdekatan dengan lokasi Goa Ngingrong.

Bagi wisatawan yang senang berpetualang dengan arena menantang adrenalin maka kawasan di lembah Mulo menjadi tantangan tersendiri. Terdapat banyak spot yang indah untuk melakukan fotografi.

Di musim kemarau panjang bagian lembah dan sisi tebing terlihat rerumputan yang mengering. Namun di saat penghujan rerumputan akan subur kembali dan menghadirkan warna hijau yang menghampar di sepanjang lembah Mulo.

Jam Buka dan Tiket Masuk Lembah Karst Mulo

Jam Buka : Buka 24 jam

Harga tiket Masuk : gratis

Alamat dan Peta Lokasi Lembah Karst Mulo

Lembah Karst Mulo yang ada di Gunungkidul dapat menjadi obyek wisata alam bagi wisatawan petualang. Area lembah yang memacu adrenalin dapat dijadikan sebagai obyek fotografi.

Continue Reading
Loading...
Click to comment

Trending


To Top