Connect with us

Kedung Kenthus, Eksotisme Green Canyon Mini ala Ponorogo

kedung kenthus

Wisata

Kedung Kenthus, Eksotisme Green Canyon Mini ala Ponorogo

Lihat.co.id – Kedung Kenthus merupakan obyek wisata terbaru Ponorogo yang tersembunyi namun keindahannya selevel dengan obyek wisata luar negeri. Yap, wisata super keren Kedung Kenthus yang sering disebut-sebut sebagai Green Canyon ala Ponorogo. Dimana lagi anda berkesempatan menikmati keindahan obyek wisata murah dengan suguhan pemandangan yang super keren.

kedung kenthus green canyon ponorogo

Konon nama Kedung Kenthus ini berasal dari nama penduduk setempat yang bunuh diri di tempat ini setelah 5 hari menjalani pernikahan. Serem? Tentu tidak justru anda akan terkagum-kagum dan jatuh cinta oleh keindahannya ketika pertama kali berjumpa dengan obyek wisata ini.

Jika belum cukup dana untuk mengunjungi Green Canyon Amerika yang sesungguhnya anda tidak perlu berkecil hati. Sebab anda masih bisa menyambangi Green Canyoon ala Ponorogo di Kedung Kenthus ini yang tidak kalah eloknya. Terbayang betapa eksotisnya obyek wisata ini? Untuk mengobati sedikit rasa penasaran anda bisa menyimak informasi berikut.

Lihat Juga: Wisata Alam Mistis Legendaris Telaga Ngebel Ponorogo

Menatap Paras Cantik Kedung Kenthus Ponorogo

Kedung Kenthus berlokasi di sebuah sungai yang mata airnya bersumber dari sumber Nggemblung yang terdapat di Desa Pohijo yang ajaibnya tidak pernah kekeringan sepanjang tahun. Keunikan dari obyek wisata ini adalah tebing bagian kanan dan kirinya yang keindahannya mirip Green Canyon di Amerika.

kedung kenthus

Jika kita melihatnya dari atas maka kita dapat menyakskan lebar kedung yang sempit atau hanya mencapai 1 hingga 2 m, namun sebenarnya sangat lebar di dalamnya sehingga mirip seperti gentong. Kedung Kenthus memiliki air yang jernih terlebih saat musim kemarau akan terlihat jernih kehijauan. Sehingga dengan adanya tebing di kanan dan kirinya akan terlihat coklat kekuningan.

Dengan airnya yang bersih dan jernih maka kurang afdhol jika anda berkunjung ke Kedung Kenthus namun belum mandi. Terlebih saat ini di sini telah disediakan tempat untuk berganti pakaian dan pelampung berupa ban.

kedung kenthus sampung ponorogo

Pemandangan di sekitar Kedung Kenthus sangat menawan, sebab sembari berjalan kaki kita dapat menikmati hamparan sawah yang menghijau oleh tanaman padi. Bukit Sewakul dan bukit Seketing membuat kita lebih bersemangat untuk mendaki nya sehingga kita bisa mengabadikan moment terindah.

Fasilitas yang Tersedia di Kedung Kenthus Ponorogo

Hingga informasi ini dipublikasikan obyek wisata Kedung Kenthus telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang. Misalnya seperti: tempat ganti pakaian dan pelampung dari ban bekas jika pengunjung ingin mandi dan berenang di tempat ini.

kedung kenthus jenangan

Jika anda tidak membawa bekal anda bisa mampir di restoran ala desa setempat. Sehingga anda bisa mengobati rasa haus dan lapar usai puas bermain air di Kedung Kenthus. Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi, maka bisa dititipkan dirumah warga setempat. Jadi anda tidak perlu risau meskipun lokasi parkir belum tersedia.

Lihat Juga: Bukit Cumbri, Bukit Indah di Perbatasan Wonogiri dan Ponorogo

Alamat dan Peta Lokasi Kedung Kenthus Ponorogo

Obyek wisata Kedung Kenthus ini berlokas di Desa Jenangan, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Obyek wisata ini hanya ditempuh sekitar 30 menit dari pusat Kota Reog menuju arah Kecamatan Sumoroto. Kemudian menuju Kecamatan Sampung yang tersohor dengan tambang kapur/gamping.

kedung kenthus jenangan sampung

Jika anda dari daerah timur Ponorogo (alun-alun) anda bisa mengambil arah utara menuju perempatan atau lampu merah Tambak Bayan. Kemudian anda mengambil arah kiri atau barat menuju Sumoroto. Lalu anda akan tiba di perempatan Sampung (lampu merah ke-3). Dari situ ambilah arah kanan dan ikuti plang hingga bertemu Kantor Kecamatan Sampung.

Tidak jauh dari situ terdapat pertigaan anda bisa mengambil arah kiri dengan mengikuti jalan menuju Desa Jenangan. Setelah tiba di desa Jenangan anda bisa mencari Sekolah Dasar Jenangan. Tidak jauh dari sekolah tersebut anda bisa bertanya kepada penduduk setempat arah menuju Kedung Kenthus.

Jika anda dari arah Jawa Tengah atau dari Barat, anda bisa langsung menuju Puhpelem. Kemudian ambil arah jalan menuju timur hingga perempatan Jenangan. Untuk menuju ke lokasi anda bisa memanfaatkan transportasi rida 4. Namun untuk tiba di tujuan anda harus berjalan beberapa meter. Bila anda memanfaatkan kendaraan roda 2 anda bisa memarkirnya di rumah penduduk setempat.

Jadi kapan anda berkunjung ke Green Canyon ala Ponorogo di Kedung Kenthus ini? Hari minggu atau weekend sepertinya menarik. Jangan lupa membawa kamera terbaik untuk mengabadikan moment tak terlupakan anda di tempat ini.

Continue Reading
Loading...
Click to comment

Baca Juga

RSS Khasiat

RSS Film Terbaru Minggu Ini

RSS Tempat Wisata Terbaru

RSS Biodata Dan Profil


To Top