in

Kebun Teh Sidamanik, Wisata Alam Indah di Pematang Siantar

Suasana sejuk dan asri di Kebun Teh Sidamanik

Kebun Teh Sidamanik menawarkan wisata alam terindah yang ada di kota Pematang Siantar. Tempat yang satu ini pun memberikan fasilitas bagi para traveler yang ingin berjalan-jalan santai sambil merasakan kesejukan dataran tinggi di Pematang Siantar. Terlebih, di sekitar kebun teh ini juga terdapat beberapa destinasi wisata alam menarik lainnya.

Kebun teh ini sebenarnya bukanlah sebuah area wisata. Perkebunan ini merupakan bagian dari perkebunan teh yang dimiliki oleh PTPN IV. Kebun teh milik PTPN IV ini sebenarnya mempunyai nama Kebun Teh Bah Butong. Hanya saja karena lokasinya berada di Kecamatan Sidamanik, jadi tidak banyak yang menyebutnya dengan nama Kebun Teh Sidamanik.

Suasana sejuk dan asri di Kebun Teh Sidamanik

Lokasi Kebun Teh Sidamanik Siantar

Kebun Teh Sidamanik ini berada di Kecamatan Sidamanik yang berjarak sekitar 26 kilometer dari pusat kota Pematang Siantar. Kalau berangkat menuju ke tempat ini dari Medan, maka jarak tempuh yang harus dilalui kurang lebih sejauh 155 kilometer. Cukup jauh kalau berangkat menuju ke tempat ini dari kota Medan. Perjalanan sejauh itu membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 3 hingga 4 jam.

lihat juga: Pulau Siba, Pesona Wisata Baru di Sumatera Utara

Meski tempat ini tidak setenar seperti Danau Toba, namun infrastruktur menuju ke lokasi wisata yang satu ini ternyata cukup bagus. Para traveler pun bisa menjangkau tempat ini dengan menggunakan kendaraan umum ataupun pribadi. Selain itu, kalau ingin perjalanan yang lebih menantang, ada pula jalur off road yang bisa dipilih.

Kebun Teh Bah Butong bukan Kebun Teh Sidamanik

Seperti yang telah disebutkan di atas, nama asli dari kebun teh ini bukanlah Kebun Teh Sidamanik. Melainkan Kebun Teh Bah Butong. Meskipun begitu, masyarakat sekitar juga banyak yang menyebut tempat ini dengan nama Kebun Teh Sidamanik. Perkebunan teh ini berlokasi di ketinggian 890 meter di atas permukaan laut. Jadi tidak heran kalau mereka yang datang ke sini pun bisa merasakan udara yang sejuk serta bersih dataran tinggi Sidamanik.

kebun teh sidamanik
Kebun Teh Sidamanik jadi lokasi foto favorit

lihat juga: Taman Simalem Resort, Pemandangan Fantastis Danau Toba ya di Sini

Teh yang dihasilkan dari Kebun Teh Bah Butong ini pun dikenal sebagai salah satu teh yang berkualitas dari Sumatera Utara. Bahkan hasil perkebunan teh yang satu ini telah diekspor ke berbagai negara. Di antaranya adalah negara di Timur Tengah ( Mesir, Iran, Irak, Syria), Eropa (Jerman, Italia, Belanda, Spanyol, Paris, Inggris) ataupun negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Air Terjun Bah Biak di Kebun Teh Sidamanik

Di tempat ini, ada pula sebuah air terjun dengan pemandangan yang sangat indah. Air terjun itu bernama Air Terjun Bah Biak. Untuk menuju ke lokasi Air Terjun Bah Biak di Kebun Teh Sidamanik ini pun cukup gampang. Terutama karena memang terdapat plakat penunjuk lokasi menuju ke sana. Jadi jangan khawatir tersesat kalau datang ke tempat ini.

air terjun bah biak di kebun teh sidamanik
Air Terjun Bah Biak di Kebun Teh Sidamanik

lihat juga: Rujak Simpang Jodoh Medan, Ada Cerita Romantis di Lokasi Kuliner ini

Namun yang perlu diperhatikan, akses menuju ke air terjun ini cukup sulit. Utamanya karena kondisi jalan yang sangat buruk. Selain itu, para traveler yang tertarik melihat keindahan air terjun ini pun harus berjalan kaki melalui kebun teh kurang lebih selama 30 menit. Dan setiap pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar 2 ribu rupiah per orang.

Loading...

Biodata dan Profil Lengkap Rosiana Dewi Dengan Foto Terbaru

Pisau Paling Berbahaya

10 Jenis Pisau Paling Berbahaya di Dunia