Connect with us

Goa Maria Fatima, Wisata Religi Pembawa Berkah

Goa Maria Fatima

Wisata

Goa Maria Fatima, Wisata Religi Pembawa Berkah

Lihat.co.id – Goa Maria Fatima atau “Gua Maria Sendang Waluyo Jatiningsih” merupakan wisata religi para umat Katolik di Klepu, Sooko, Kabupaten Ponorogo. Setiap orang memiliki hak untuk memilih kepercayaan mereka masing-masing. Dengan segala kemantapan hati, kita semua bebas menentukan agama apa yang ingin kita anut. Mulai dari agama Islam, Hindu, Budha, Katolik dan agama lainnya.

goa maria fatima

Meskipun warga Indonesia sebagian besar merupakan pemeluk agama Islam, namun jika kita lihat di sekeliling kita banyak juga yang beragama Kristen atau Katolik. Jika umat Islam memiliki wisata ziarah seperti masjid atau makam para pejuang Islam, maka umat Katolik pun juga memiliki wisata religi yang disebut dengan Goa Maria.

Goa Maria memang terdapat di seluruh pelosok negeri. Misalnya saja Goa Maria Sendangrejo yang terdapat di Blitar dan Goa Maria Fatima yang terdapat di Ponorogo. Nah, dalam kesempatan kali ini kami ingin memberikan informasi mengenai wisata ziarah Goa Maria Fatima yang terletak di kota Ponorogo.

Lihat Juga: Keindahan Bukit Teletubies Gunung Masjid Pandak Ponorogo

Aamat dan Peta Lokasi Wisata Religi Goa Maria Fatima

goa-maria-fatima-klepu-ponorogo

Wisata ziarah Goa Maria Fatima terletak di Desa Klepu, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo. Lokasi wisata ini masih termasuk dalam seputaran Gunung Wilis yang bisa ditempuh sekitar 45 menit perjalanan dari pusat kota Ponorogo. Pengunjung bisa mengambil jalur dari Ponorogo – Pulung – Klepu. Bagi yang merasa susah menemukan lokasi objek wisata bisa bertanya pada warga sekitar ataupun menggunakan aplikasi Google Maps.

Akses Menuju Lokasi Wisata Religi Goa Maria Fatima

goa-maria-fatima-ponorogo

Untuk mencapai lokasi objek wisata Goa Maria Fatima para pengunjung bisa menggunakan kendaraan bus, mobil maupun sepeda motor. Perjalanan bisa dimulai dari pusat kota Ponorogo menuju Kec. Pulung dan lanjut sampai ke Ds. Klepu. Bagi para pengunjung yang berziarah dengan mengendarai bus, maka bisa menuju Gereja Santa Maria yang ada di Ponorogo terlebih dahulu. Dari situ, anda akan dicarikan kendaraan menuju Goa Maria Fatima oleh para Pastor Paroki gereja tersebut.  Nah, bagi pengunjung yang mengendarai kendaraan pribadi, usahakan bahwa kendaraan anda dalam kondisi yang normal. Akses jalan menuju objek wisata ini cukup sempit dan sebagian ada yang mulai rusak.

Sejarah Singkat Goa Maria Fatima

Berdasarkan tuturan dari salah seorang penjaga Goa Maria Fatima, objek wisata religi ini merupakan sebuah tempat peribadatan pemeluk agama Katolik yang sangat sakral. Goa buatan yang didirikan pada tahun 1984 ini memiliki cerita mistis yang cukup unik.

goa-maria-fatima-klepu

Konon diceritakan bahwa dahulu kala pernah ditemukan sebuah sendang atau mata air di Gua Maria Sendang Waluyo Jatiningsih ini. Lokasi sendang dengan kedalaman 2 meter tersebut juga dikisahkan pernah menenggelamkan seorang anak kecil. Namun saat warga kebingungan dan menganggap si bocah sudah meninggal, tiba-tiba saja keajaiban terjadi. Warga akhirnya mampu menemukan anak yang tenggelam dalam sendang dengan selamat. Si bocah pun menceritakan mimpinya yang seakan ditemui dengan sosok putih mirip dengan Bunda Maria saat ia tenggelam.

Sejak kejadian itulah, warga sekitar yang memang sebagaian besar beragama Katolik menjadadikan tempat tersebut sebagai tempat memanjatkan doa. Lokasi peribadatan yang dinamai Goa Maria Fatima tersebut sekarang ini ramai dikunjungi banyak umat Katolik karena dirasa sangat nyaman dan sakral berdoa di wisata religi tersebut.

Keadaan Objek Wisata Religi Goa Maria Fatima

Di lokasi wisata Goa Maria Fatima ini terdapat patung Bunda Maria dengan ukuran yang cukup besar. Jika pengunjung melihat patung tersebut dengan jarak sekitar 5 meter maka patung Bunda Maria akan terlihat secara penuh. Untuk mencapai tempat peribadatan ini memang dibutuhkan tenaga fit karena jalannya cukup menanjak. Selain itu, disana juga terdapat panti yang harus dicapai dengan melewati tangga terlebih dahulu.

goa-maria-fatima-ponorogo-jatim

Para pengunjung juga akan menemukan Jalan Salin pendek di langan doa. Di lokasi ini kita bisa menikmati view berupa hutan pinus yang rinbun dan rindang. Masuk di sebelah kiri bagian bawah altar  akan terlihat sebuah sendang. Saat sudah menjumpai sendang tersebut,  pengunjung bisa menggunakan air berkah sendang untuk membasuh muka ataupun diminum. Menurut cerita, sudah banyak sekali permohonan dikabulkan dan juga penyakit disembuhkan karena air berkah ini. Namun yang perlu diingat adalah, sendang ini hanyalah sebatas perantara keagungan Tuhan Yang Maha Kuasa.

Goa Maria Fatima

Sekarang ini Goa Maria Fatima menjadi salah satu wisata ziarah umat Katolik dari sleuruh pelosok daerah. Banyak para pengunjung yang hadir dari luar kota Ponorogo guna untuk menikmati nuansa sakral berdoa di wisata ziarah ini. Meskipun sedikit sepi di hari-hari biasa, namun objek wisata Goa Maria Fatima ini sangat ramai pengunjung di hari Minggu. Mereka datang bersama para rombongan untuk memanjatkan doa bersama.

Lihat Juga: Wisata Alam Masa Purba Goa Lowo Sampung Ponorogo

Itulah informasi lengkap mengenai wisata religi Goa Maria Fatima yang menjadi pusat ziarah umat Katolik di Ponorogo. Bagi anda yang ingin berkunjung di lokasi wisata ini diharapkan untuk selalu menjaga kenyamanan dan kebersihan lingkungan Goa Maria Fatima. Mohon untuk tidak membuat kegaduhan saat diadakan prosesi doa.

Continue Reading
Loading...
Click to comment

Trending


To Top