Connect with us

Wisata Alam Masa Purba Goa Lowo Sampung Ponorogo

goa lowo sampung

Wisata

Wisata Alam Masa Purba Goa Lowo Sampung Ponorogo

Loading...

Tidak hanya Kota Pacitan, ternyata Ponorogo yang tidak mendapat julukan kota seribu goa pun juga memiliki obyek wisata Goa Lowo Sampung. Goa edukasi di Ponorogo ini  terkenal menyimpan sejarah masa purba yang wajib kita lestarikan. Hampir setiap masa liburan dan hari besar nasional, Goa Lowo Sampung Ponorogo ini senantiasa ramai dikunjungi para wisatawan.

goa lowo ponorogo jatim

Rombongan keluarga, rombongan mahasiswa dan kalangan muda mudi selalu meramaikan goa yang terdapat banyak satwa kelelawar ini. Goa Lowo ini bisa menjadi salah satu wahana edukasi yang tepat untuk belajar sejarah bersama anak dan keluarga.

Ketika berkunjung ke Goa di Sampung ini, anda akan dimanjakan oleh pernak-pernik peninggalan sejarah. Sehingga anda tidak perlu jauh-jauh untuk pergi daerah Trinil, Ngawi. Dengan begitu anda maupun keluarga bisa berwisata sambil menambah ilmu pengetahuan.

Mengintip kecantikan Goa Lowo Sampung Ponorogo Yang Eksotis

Lokasi Goa Lowo Sampung, Ponorogo memang di bawah bukit sehingga terasa sangat asri. Anda tidak akan bisa melihat Goa Lowo ini dari depan, sebab terhalang oleh banyak kayu berukuran besar. Ia memiliki bentuk yang eksotis, meskipun ukurannya cenderung melebar dan tidak terlalu dalam. Sehingga sepertinya tidak mengapa jika goa ini dikatakan sebagai ceruk besar.

goa lowo sampung ponorogo

Pada sisi kiri goa, terdapat sejenis ceruk agak dalam yang ketik anda memasukinya terdapat tetesan air dari atap goa. Untuk itu anda harus berhati-hati saat memasukinya sebab tetesan air itu membuat bagian lantai gua menjadi licin. Bagian tengah goa dapat menampung hingga puluhan orang karena ukurannya yang cukup lebar.

Sementara bagian kanan goa adalah bagian goa yang cukup menarik. Pasalnya beberapa tahun lampau lokasi tersebut pernah diadakan penggalian kerangka manusia purba. Hasil penggalian sebagian telah dibawa ke Jakarta. Bekas penggalian tersebut masih tampak hingga kini.

Lihat Juga: Eksotisme Hutan Wisata Kucur di Ponorogo Yang Menakjubkan

Menapaki peninggalan masa purba di Goa Lowo Sampung Ponorogo

Di Goa Lowo ini begitu banyak ditemukan berbagai tulang-belulang dari manusia purba sebagaimana yang ditemukan di daerah Trinil, Kabupaten Ngawi dan Wajak di Kabupaten Tulungagung. Sehingga tidak heran jika lokasi obyek wisata ini sering dijadikan lokasi penelitian bagi para mahasiswa yang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Goa Lowo mempunyai tinggi langit-langit sekitar 11 m, panjang 26 m da lebar 27 m. Goa ini terbagi menjadi 4 ruangan yaitu: ruang semedi, ruang raja rahman senduk, ruang kursi batu dan ruang batu candi. Setiap ruangan di goa ini memiliki sejarah masing-masing. Di situlah para mahasiswa melakukan penelitian meliputi penggalian tanah untuk melihat sedimentasi tanahnya dan serpihan tulang.

goa lowo

Sebelumnya di setiap ruangan ditemukan banyak tulang-belulang manusia purba. Bahkan di halaman goa juga masih ditemukan banyak serpihan atau kepingan tulang-tulang dari manusia purba. Menurut Peneliti Belanda, dahulu manusia purba tersebut memang ada yang dituakan sehingga tulangnya terdapat di dalam gua. Sementara penjaga (pengikut) atau prajurit berada di halaman gua.

Dr. Van Stein Callenfels pernah meneliti Goa Lowo yang bernilai arkeologis tinggi ini pernah melakukan penelitian pada 1928-1931. Hasil kesimpulannya, Goa cantik menawan ini tergolong Abris Sous Roche. Yang berarti goa sebagai tempat tinggal dan berlindung para manusia purba di jaman Mesolithikum dari binatang buas dan perubahan cuaca.

goa lowo sampung

Ada banyak alat-alat peninggalan sejarah masa purba dari bekas penggalian arkeologi seperti alat-alat yang berasal dari batu. Misalnya saja flakes, ujung panah, kapak yang telah di asah dan batu pipisan.

Lokasi Goa Lowo Sampung Ponorogo

Untuk anda yang tertarik mengunjungi Goa Lowo ini anda bisa menuju lokasinya di hutan jati di Dusun Boworejo, Desa Sampung, kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo. Jika dari pusat kota jaraknya hanya sekitar 25 km. Lokasi Goa Lowo ini berada di sekitar 1 km dari jalan raya Sampung. Memang ketika memasuki obyek wisata ini anda belum bisa menemukan gerbang masuk.

goa lowo ponorogo

Anda hanya dituntut jeli dan fokus untuk melihat papan petunjuk jalan supaya bisa tiba di Obyek Wisata ini. Goa ini terbentuk oleh cerukan dari bukit kapur yang terletak di tengah hutan jati yang dikelola oleh RPH Tulung, BKPH Sumoroto, dan KPH Madiun.

Lihat Juga: Napak Tilas Terowongan Kuno Gunung Mangge Ponorogo

Untuk itu bagi anda yang berwisata ke Jawa timur, jangan lupa untuk mampir di obyek wisata Goa Lowo ini. Lalu buktikan betapa peninggalan sejarah masa purba tersebut telah menyumbang begitu banyak kecanggihan teknologi yang saat ini kita nikmati.

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Wisata

Kesehatan

ikan tuna, manfaat ikan tuna, khasiat ikan tuna
ikan teri, manfaat ikan teri, Khasiat ikan teri
ikan tenggiri, manfaat ikan tenggiri, khasiat ikan tenggiri
Manfaat Mandi Air Hangat
5 Manfaat Bawang Bombay
5-makanan-yang-ampuh-turunkan-kolesterol
Bahaya Tidur Mendengkur

RSS Khasiat

RSS TV Online

To Top