Connect with us

Curug Awang, Pesona Air Terjun Niagara Mini dari Sukabumi

Curug Awang, Pesona Air Terjun Niagara Mini dari Sukabumi

Wisata

Curug Awang, Pesona Air Terjun Niagara Mini dari Sukabumi

Lihat.co.id – Curug Awang atau air terjun satu ini termasuk dalam kawasan taman bumi wilayah terpadu yang terdepan dalam perlindungan dan penggunaan warisan geologi. Taman bumi atau geopark satu ini berlokasi dalam wilayah administratif Kabupaten Sukabumi. Perlindungan geopark ini dilakukan dengan cara yang berkelanjutan serta langsung mempromosikan kesejahteraan ekonomi masyarakat yang tinggal di Sukabumi

Curug Awang Geopark Lokal di Desa Taman Jaya Sukabumi

Curug Awang, Pesona Air Terjun Niagara Mini dari Sukabumi

Mungkin banyak dari Anda yang masih asing dengan nama curug atau air terjun yang satu ini. Tapi tenang saja, kali ini kami akan memberikan penjelasan sedetail mungkin untuk Anda. Siapa tahu Anda bisa merencanakan liburan keluarga untuk mengunjungi kawasan Curug Awang di liburan yang akan datang. Curug ini sebenarnya merupakan salah satu daerah aliran sungai Ciletuh. Tidak hanya curug Awang yang dialiri oleh aliran sungai Ciletuh, masih ada dua curug lainnya yakni curug Manik dan Tengah.

Untuk mencapai lokasi ini, dari pusat kabupaten Sukabumi Anda akan menghabiskan sekitar 5 hingga 6 jam perjalanan. Sementara untuk wisatawan dari Provinsi DKI Jakarta dapat melalui jalur Jakarta-Bogor-Cibadak-Cikembang-Bagbagan-Pal 3-Ciemas Tamanjaya-Ciwaru. Lumayan memakan waktu yang panjang selama perjalanan, maka persiapkan makanan dan kondisi tubuh yang fit sebelum Anda memutuskan berangkat. Apa Anda khawatir akan kemalaman dan terpaksa menginap? Nah, jangan khawatir, sudah banyak penginapan yang berada di sekitar objek wisata satu ini.

Curug Awang dan Niagara Mini di Musim Penghujan

Curug Awang, Pesona Air Terjun Niagara Mini dari Sukabumi

Curug Awang menawarkan Anda pesona dari Air Terjun Niagara. Ya, tidak perlu bersusah payah dan menghabiskan seluruh tabungan Anda untuk bepergian ke Amerika untuk melihatnya. Anda dapat mendatangi curug Awang untuk meluapkan rasa penasaran Anda. Untuk mendapatkan pesona dari curug Awang yang sempurna pada titik tertingginya, maka kunjungilah air terjun ini pada musim penghujan. Karena tingkat hujan yang tinggi akan menghasilkan debit air yang lebih besar juga pada curug Awang.

Air terjun satu ini memiliki dinding batu tinggi berwarna merah kecoklatan serta airnya bukan berwarna transparan tapi menyerupai warna kopi susu. Hal ini di sebabkan oleh aliran sungai dan endapan tanah yang berada pada lintasan sungai Ciletuh. Tapi tetap saja Anda akan terpukau dengan keindahan dari curug Awang ini. Selama perjalanan menuju tepian curug Awang pun, mata Anda akan terpuaskan dengan landscapa dari daerah di sekitar curug ini. Anda akan di kelilingi dengan persawahan nan asri, pepohonan yang tumbuh berdampingan, dan burung yang berterbangan dengan bebasnya.

Lihat Juga: Curug Cikaso, Keindahan Alam Tersembunyi Milik Sukabumi

Perjalanan Menuju Curug Awang

Curug Awang, Pesona Air Terjun Niagara Mini dari Sukabumi

Untuk perjalanannya sendiri, setelah sampai di desa Taman Jaya kabupaten Sukabumi, Anda tidak perlu menggunakan mobil khusus offroad. Anda bisa menggunakan family car atau tipe apa saja dan menempuh perjalanan sekitar 15 menit untuk sampai ke Curug Awang. Sayangnya, belum ada lokasi khusus untuk memarkirkan kendaraan Anda di wilayah ini. Anda bisa menepikan kendaraan Anda, pastikan untuk mengunci semua pintu dan lokasi parkirnya cukup aman karena daerah ini cukup ramai dilintasi. Sepanjang perjalanan dari tepian jalan ke pusat curug Anda tidak perlu mendaki ataupun bersusah payah berjalan karena wilayahnya yang bersahabat.

Dari tempat Anda memarkirkan kendaraan jalanannya akan sedikit menurun, lalu di ikuti dengan jembatan semi permanen dari batang pohon. Kemudian di depannya Anda akan segera di sambut oleh pepetakan daerah persawahan. Bahkan ketika Anda harus melintasi daerah sungainya, Anda juga bisa menarik napas lega, karena bebatuannya berjarak tidak terlalu jauh satu sama lain. Sehingga kemungkinan Anda untuk tergelincir dan basah bisa di minimalisir.

Curug Awang dan Kondisinya di Musim Kemarau

Curug Awang, Pesona Air Terjun Niagara Mini dari Sukabumi
Di awal kami sudah membahas kondisi Curug Awang pada musim penghujan yang menyerupai Air Terjun Niagara yang membelah Amerika Serikat dan Kanada. Jangan khawatir, pada musim kemaraupun Anda masih bisa menikmati keindahan curug ini, tapi dengan penampilannya yang sedikit berbeda. Pada musim kemarau, debit air dari sungai Ciletuh akan berkurang pastinya. Sehingga air yang berada pada air terjun akan terbagi menjadi dua atau tiga bagiannya saja. Efek ini membuat seperti ada tiga air terjun kecil yang sejajar pada tempat yang sama. Anda tetap tidak akan menyesal untuk meluangkan waktu liburan Anda di daerah ini. Tenang saja.

Peta Lokasi Curug Awang

Demikianlah penjelasan kami mengenai lokasi, kondisi dan persiapan jika Anda ingin mengunjungi Curug Awang di kabupaten Sukabumi tepatnya desa Taman Jaya. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kondisi alam dan cuaca serta kesehatan dan keselamatan Anda serta keluarga jika ingin berkunjung kemanapun.

Continue Reading
Loading...
Click to comment

Trending


To Top