Connect with us

Candi Ngempon, Candi Peninggalan Hindu yang Tersembunyi

Candi Ngempon Jawa Tengah

Wisata

Candi Ngempon, Candi Peninggalan Hindu yang Tersembunyi

Lihat.co.id – Candi Ngempon atau biasa dikenal dengan Candi Muncul merupakan sebuah peninggalan dari candi Hindu. Candi ini telah diberi nama Ngempon sesuai dengan nama Desa dimana candi ini telah ditemukan. Letak Candi Ngempon ini telah ditemukan di Ds Ngempon Kec Bergas, Kab Semarang.

Candi Ngempon

Candi yang ada ditempat ini sekitar 9 candi, tetapi yang telah di rekontruksi oleh pemerintah hanyalah 4 candi saja. Besar dan ukuran candi tersebut sepintas sama dengan satu candi yang memiliki ukuran lebih besar.

Candi Ngempon Jawa Tengah

Disekitar tempat Candi Ngempon ini telah diyakini bahwa pada jaman dahulu merupakan sebuah tempat pusat penggemblengan para kasta Barahmana. Dimana dia telah di didik untuk menjadi seorang Mpu atau Empu yang baik pada bidang olah kanurungan, sastra budaya maupun di dalam bidang kerohanian.

Berbicara dari sejarah telah ada 9 candi yang dikenal oleh masyarakat dengan sebutan Ngempon yang berasal dari kata Empu atau Ngempu. Dan bagi anda yang ingin mengetahui informasi lengkap tentang Candi Ngempu, berikut inilah informasi lengkapnya yang bisa anda simak.

Lihat Juga: Candi Ijo, Candi Budha di Puncak Tertinggi Yogyakarta

Sejarah Candi Ngempon

Candi Ngempon ini awalnya telah ditemukan tidak sengaja olah eseorang petani yang bernama Kasri pada tahun 1952. Pada saat itu, Kasri sedang mencangkul besama kakeknya berada di sawah. Pada saat ini Kasri hanyalah menemukan batu Andesit yang polos yang memiliki ukuran 40m2, tetapi setiap kali dia melanjutkan dalam mencangkul tersebut, bantu andesit itu semakin banyak ditemukan.

Candi Ngempon Indonesia

Bukan hanya batu Andesit saja yang telah ditemukan, pada saat ini juga telah ditemuka sepuluh patung seperti patung Dewi Durga, patung Ganesha, Kinara Kinari dan patung Nandi dan juga lainnya.

Arca yang telah ditemukan di Candi Ngempon tersebut telah disimpan di Museum Ronggoworsito Semarang. Pada saat ditemukan 9 candi ini tidak tertata, jadi candi tersebut bubrah lantaran terkena oleh longsoran tanah dan juga tertimbun.

Kemudian di tahun 1952 Dinas Purbakala telah mengunjungi Candi Ngempon tersebut yang telah rusak dan  menyusun kembali candi yang runtuh. Lalu pada tahun 2006, Balai Pelestarian Peninggalan Purbakalan Jawa Tengah telah menyusun satu buah candi yang kecil.

Candi Ngempon Semarang

Candi Ngempon sendiri merupakan sebuah peninggalan sejarah dari Hindu yang saat ini telah diruwat oleh Parisada Hindu Dharma Indonesia. Kemudian tidak jauh dari lokasi candi ini juga telah terdapat Petirtaan Kuno yang telah berada di Kel Derekan Kab Semarang.

Candi Ngempon

Petirtaan Kuno tersebut merupakan sebuah pemandian air hangat yang saat ini telah banyak dikunjungan oleh wisatawan lokal pada saat menjelang puasa atau biasa disebut dengan Padusan.

Alamat dan Peta Lokasi Candi Ngempon

Bagi anda yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini, anda bisa langsung datang ke Candi Ngempon. Untuk alamatnya berada di Ngempon, Bergas, Semarang, Jawa Tengah 50552. Alamat tersebut bisa anda jadikan sebagai alamat jika ingin mengunjunginya, tetapi jika anda masih bingung dengan alamat tersebut. berikut ini peta lokasi yang bisa anda jadikan petunjuk.

Tiket Masuk dan Jam Operasional Candi Ngempon

Berbicara tentang harga tiket masuk untuk mengunjungi wisata Candi Ngempon ini anda tidak akan dikenakan tiket masuk alias gratis. Jadi bagi anda yang ingin mengunjunginya, bisa datang langsung ke alamatnya. Dan untuk jam operasional dari candi ini masih belum ditentukan.

Lihat Juga: Candi Borobudur, Candi Buddha Terbesar di Dunia

Diatas itulah informasi tentang Candi Ngempon yang bisa saya berikan kepada anda. semoga bermanfaat bagi anda semua dan menambah wawasan serta pengetahuan yang luas.

Loading...
Continue Reading
Loading...
Click to comment

RSS Film Terbaru Minggu Ini

RSS Tempat Wisata Terbaru

RSS Tips Sehat

RSS Khasiat

close

RSS Penyakit.co.id


To Top