Connect with us

Air Terjun Watu Ondo, Air Terjun Eksotis di Jember

Air Terjun Watu Ondo Jember

Wisata

Air Terjun Watu Ondo, Air Terjun Eksotis di Jember

Lihat.co.id – Wisata Air Terjun Watu Ondo adalah salah satu dari beberapa air terjun di Jember yang merupakan magnet daya tarik para wisatawan. Sebagai magnet daya tarik air terjun tersebut memiliki ciri khas tersediri yang membuat orang untuk terpikat berkunjung ke sana. Makanya bukan hal yang wah ketikaair terjun tersebut mendapat sebutan sebagai air terjun yang menjad salah satu icon dari kota Jember. Hal tersebut dapat dilihat dari kontribusinya yang di sumbangkan ke kota jember sangatlah berpengaruh sekali.

Air Terjun Watu Ondo Jember

Masyarakat sekitar Air Terjun Watu Ondo pun juga sangat ramah-ramah, apabila Anda kesana meskipun blom ada palang petunjuk, Anda pasti tidak akan nyasar. Tentunya ha tersebut di barengi dengan keahlian sosialisasi Anda untuk rajin bertanya kepada masyarakat. Sehingga meskipun lokasinya begitu berada di pedalaman pengunjung air terjun tersebut tetaplah ramai. Selain itu juga karena keasrian lingkungannya yang masih belum banyak tersentuh oleh bangunan baru.

Alamat dan Peta Lokasi Air Terjun Watu Ondo

Air Terjun Watu Ondo menjadi icon dari Kabupaten Jember tersebut berada di Kecamatan Tempurejo. Kecamatan tempurejo merupakan salah satu kecamatan bagian dari kabupaten jember yang memiliki budaya alam yang sangat kaya. Pegunungan dan perbukitan di sana masih lengkap dengan lebatnya pepohonan. Salah satu yang terkenal dari banyak pohon di sana adalah pohon kakau. Yang mana dulu daerah situ merupakan penghasil kakau dalam jumlah yang banyak hingga sebagai pemasok ke luar kota.

Air Terjun Watu Ondo Indonesia

Kemudian untuk menuju kelokasi Air Terjun Watu Ondo, Anda akan melewati daerah perkebunan Kotta Blater terlebih dahulu. Daerah tersebutlah yang merupakan produksi kakao (bahan baku coklat) terbesar dulunya. Akan tetapi kini produksi kakaonya menurun tidak seperti dahulu yang sangat banyak. Selain jalur tersebut Anda juga bisa melewati jalan khusus yang berada di Jember bagian Selatan.

Air Terjun Watu Ondo Jember

Ketika melewati jalan tersebut Anda akan memasuki mulai kawasan jalan ke pusat Kecamatan Ambulu terlebih dahulu. Selanjutnya memilih jalan ke arah Timur dengan mengikuti papan petunjuk jalan yang bertuliskan Kotta Blater. Ketika itu Anda akan melewati daerah perkebunan itu. Kondisi jalan di perkebunan tersebut tak semulus aspal saat melewati kota Ambulu menuju Kotta Blater. Untuk itu sangat disarankan agar Anda membawa kendaraan yang tepat untuk menghadapi jalan tanah dan bebatuan.

Fasilitas di Wisata Air Terjun Watu Ondo

Meskipun terkesan lumayan berada di pedalaman namun isana Anda tetap bisa menikmati beberapa fasilitas yang di sediakan oleh masyarakat. Fasilitas tersebut memang diperuntukkan untuk para pengunjung agar bertambah kenyamanannya. Fasilitas yang pertama merukapan fasilitas berupa lahan parker ke tempat wisata. Tempat parkir tersebut disiapkan oleh para warga sekitar yang tergabung dalam perkumpulan pemuda-pemuda masjid. Makanya tempat parkirnyapun juga berada di daerah halaman masjid tersebut.

Air Terjun Watu Ondo Jawa

Kawasan Air Terjun Watu Ondo tersebut berada di tengah-tengah wilayah daerah taman nasional. Sehingga ketika Anda perg ke watu Ondo tidak cuma hanya mengunjungi air terjunnya saja namun juga bisa sekaligus menikmati yang namanya taman nasional tersebut. Makanya tidak heran ketika Anda berkunjung kesana Anda akan banyak sekali menyusuri tempat-tempat menarik. Hal tersebut katakanlah seperti jalanan setapak, menyusuri sungai-sungai kecil dan lain-lannya.

Karakteristik dari Air Terjun Watu Ondo

Dari segi penamaannya yang menyandang nama Watu Ondo tersebut sebenarnya merupakan salah satu nama dari ketiga Air terjun yang berada di kawasan tersebut. Namun kebanyakan masyarakat banyak menggunakan nama watu ondo sebagai sebuah nama dari kawasan tersebut. Hal tersebut dikarenakan untuk memudahkan para pengunjung yang datang. Ketiga air terjun tersebut yaitu Watu Gedhek, Watu Ondo, dan Watu Mejo yang letaknya paling ujung.

Air Terjun Watu Ondo Jawa Tmur

Dari segi tingkat karakteristik air nya sudah bisa di pastikan bahwa air di watu ondo sangat jernih dan menyegarkan. Karena berasal dari sumber mata air gunung asli bukan dari aliran sungai lain atau yang lainnya. Sehingga airnya tersebut benar-benar jernih, sampai-sampai dasarnya sekalipun telah terlihat. Penamaan Watu Ondo tersebut di adopsi dari bentuknya yang menyerupai Tangga atau dalam bahasa jawanya di sebut Ondo. Sehingga menampakkan pemandangan yang unik dan menarik.

Lihat Juga: Air Terjun Antrokan, Keindahan Icon Wisata Jember

Demikianlah beberapa paparan tentang Watu Ondo sebagai sebuah air terjun yang berada di Jember. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua yang ingin berwisata ke sana.

Continue Reading
Loading...
Click to comment

Baca Juga

RSS Khasiat

RSS TV Online


To Top