Connect with us

Air Terjun Sunggah, Air Terjun Indah di Ngrayun Ponorogo

air terjun sunggah selur ponorogo

Wisata

Air Terjun Sunggah, Air Terjun Indah di Ngrayun Ponorogo

Lihat.co.id – Untuk anda yang sedang mencari puncak nirwana di tengah hiruk pikuk Kota Reog maka anda bisa mengunjungi salah satu lokasi Air Terjun Sunggah Ponorogo. Di lokasi obyek wisata ini anda bisa merasakan sensasi berwisata yang sesungguhnya dan tak terlupakan. Apalagi kecamatan Ngrayun yang lokasinya di daerah pegunungan, tentunya menawarkan pemandangan yang menakjubkan.

air terjun sunggah

Kembali ke Air Terjun Sunggah, obyek wisata ini sangat direkomendasikan untuk anda kunjungi. Apalagi lokasinya yang sangat mudah dijangkau dan jalan menuju desanya yang mulus tidak akan menyulitkan perjalanan anda. Jika anda penasaran dan tertarik untuk mengunjungi Air Terjun Sunggah simak dulu informasi berikut.

Daya tarik Air Terjun Sunggah Ponorogo

Air terjun Sunggah mengalirkan air yang cukup jernih dan menghasilkan suara gemuruh dari ketinggian sekitar 50 meter. Apalagi ketika musim penghujan itu tiba, maka air akan mengalir dengan begitu deras dan ambisius.

air terjun sunggah selur ponorogo

Air Terjun yang jatuh dari ketinggian dengan background bebatuan raksasa ini, begitu menyeruakkan tanda-tanda kebesaran Sang Pencipta dengan mahakaryaNya yang luar biasa. Panorama hijau menghiasi sudut di setiap sisi air terjun membuat mata semakin termajakan oleh keindahannya.

Dari kejauhan tampak air terjun diapit oleh dua tebing hijau yang mempesona, bebatuan besar yang menopang air yang jatuh dan terbesar di sepanjang aliran sungai menciptakan spot indah untuk berfoto ria. Berfoto sambil menyapa jernihnya air terjun yang alirannya bersahabat menjadi momen tak terlupakan meski hanya terbingkai dalam selembar kertas.

Penting untuk di ketahui bahwa Air Terjun Sunggah ini menyimpan obyek wisata lain berupa goa besar dengan bebatuan yang berukuran besar sebagai ciri khasnya. Goa yang berada dibalik air terjun ini tidak dapat dicapai dengan cara sembarangan. Sebab untuk tiba di goa tersebut dibutuhkan keterampilan yang umumnya dipelajari ketika mengikuti kegiatan mapala.

Gemericik Air Terjun Sunggah Ponorogo yang Menyejukkan

air terjun sunggah selur

Air yang jatuh dari ketinggian menimpa bebatuan di bawahnya menciptakan suara gemericik yang semakin menambah kesan asri darinya. Sumber air yang  asli dari pegunungan terasa begitu dingin dan menyegarkan saat disentuh  maupun digunakan untuk membasuh muka. Kesejekukan air murni yang jernih ini menjadi tempat hidup berbagai jenis ikan yang senantiasa mengalir sepanjang tahun.

Ketika musim kemarau biasanya gemericik air di Air Terjun Sunggah ini akan terdengar nyaring hingga jauh. Oleh penduduk setempat, suara gemericik ini dijadikan sebagai penanda bahwa musim kemarau akan datang.

Lihat Juga: Wisata Alam Mistis Legendaris Telaga Ngebel Ponorogo

Fasilitas di Air Terjun Sunggah Ponorogo

air terjun sunggah ponorogo jatim

Di Air Terjun Sunggah memang belum terdapat retribusi, namun sudah tersedia lokasi parkir yang memadai untuk menjaga kendaraan anda tetap aman selama ditinggal berwisata. Untuk retribusi parkir sendiri hanya 5 ribu rupiah.

Alamat dan Peta Lokasi Air Terjun Sunggah Ponorogo

Untuk anda yang berminat menyambangi obyek wisata Air Terjun Sunggah Ponorogo anda bisa menuju lokasinya yang berada di Desa Selur, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Akses menuju Air Terjun Sunggah Ponorogo

air terjun sunggah ponorogo

Untuk anda yang ingin melakukan perjalanan menuju Air Terjun Sunggah anda bisa mengambil start dari Alun-Alun Ponorogo. Kemudian anda bisa menuju ke arah selatan arah ke Dengok. Setibanya di perlimaan Dengok anda bisa mengambil arah ke Balong atau lurus ke arah selatan.

Setibanya di perempatan Balong silahkan mengambil arah kiri hingga perempatan pertama yakni perempatan Ngasinan. Lalu anda bisa mengambil arah ke kanan menuju ke Bungkal. Setelah tiba di perempatan Bungkal anda tinggal lurus mengikuti jalan sampai tiba di Desa Selur.

Yang terpenting anda tiba di Desa Selur terlebih dahulu, lalu anda bisa bertanya jika belum tahu lokasinya. Setibanya di TKP anda bisa berjalan turun menuju lokasi Air Terjun. Untuk alur singkatnya adalah: Alun-Alun Ponorogo-Dengok-Balong-Ngasinan-Bungkal-Ngrayun-Selur.

Lihat Juga: Kedung Kenthus, Eksotisme Green Canyon Mini ala Ponorogo

Untuk anda yang sedang dilanda kejenuhan, kurang piknik, sakit karena patah hati dan gangguan kenyamanan lainnya. Segera kunjungi Air Terjun Sunggah dan nikmati nuansa berwisata yang akan membuang seluruh permasalahan anda dengan suguhan pemandangannya yang cantik. Siapa sangka setelah kembali pulang ada banyak ide dan inspirasi untuk mengatasi permasalahan yang sedang anda alami.

Continue Reading
Loading...
Click to comment

Baca Juga

RSS Khasiat

RSS Film Terbaru Minggu Ini


To Top