Connect with us

Air Terjun Pletuk, Wisata Murah dan Indah di Tlatah Ponorogo

air terjun pletuk ponorogo jatim

Wisata

Air Terjun Pletuk, Wisata Murah dan Indah di Tlatah Ponorogo

Lihat.co.id – Panas, lelah dan suntuk setelah seminggu lamanya menjalankan rutinitas keseharian seringkali membuat seseorang rindu untuk berlibur. Air Terjun Pletuk Ponorogo menjadi alternatif tepat bagi anda, baik masyarakat Ponorogo maupun luar Kota Reog untuk melepaskan kepenatan dan stress yang selama ini menghinggapi anda.

air terjun pletuk ponorogo jatim

Nuansa di sekitar Air Terjun Pletuk sangatlah sejuk, hijau dan masih alami. Ditambah lagi dengan adanya panorama curug yang menawan sontak membuat masalah anda seakan hilang terbawa air. Pokoknya liburan anda di Air Terjun Pletuk tidak akan mengecewakan. Jika anda berminat maka jangan beranjak untuk membaca info selengkapnya berikut ini.

Eksotisme Air Terjun Pletuk Ponorogo

Setibanya di Desa Jurug, anda hanya tinggal melalui jalan selebar 3 meter untuk menuju ke lokasi air terjun. Lalu untuk memasuki Air Terjun Pletuk Ponorogo anda bisa masuk melalui lokasi parkir. Untuk jarak dari lokasi parkir menuju Air Terjun Pletuk adalah sekitar 500 m yang dapat ditempuh dengan berjalan setapak.

air terjun pletuk sooko ponorogo

Sepanjang perjalanan dengan kedua kaki ini anda akan termanjakan oleh eksotisme alam Desa Jurug yang luar biasa menawan. Suara gemuruh dari air yang terjun bebas dari ketinggian terdengar samar dari lokasi parkir.

Ketika anda telah menginjak lokasi Air Terjun Pletuk Ponorogo, maka indera penglihatan anda akan dihujani dengan aneka pemandangan yang menawan secara bertubi-tubi. Indera penciuman anda juga akan dimanjakan oleh hawa dingin dan sejuk yang mengundang anda untuk berpadu dengannya. Sejauh mata memandang hanya panorama bukit hijau yang terbentang dengan indahnya.

Usai melewati jalan yang cukup terjal selama sekitar 10 menit, anda bisa mendapati air tumpah yang terjun dari ketinggian sekitar 100 meter. Itulah Air Terjun Pletuk Ponorogo yang membuat anda penasaran. Air yang merosot dari ketinggian ini mengalir diantara 2 bukit yang masing-masing dihiasi indahnya tumbuhan hijau.

Hanya mendekat ke air terjun saja tubuh anda akan basah oleh percikan air darinya.Tetapi anda harus berhati-hati, karena terkadang ada batu dan kayu yang ikut terbawa dari sumber air terjun.

Lihat Juga: Air Terjun Sunggah, Air Terjun Indah di Ngrayun Ponorogo

Fasilitas di Air Terjun Pletuk Ponorogo

air terjun pletuk ponorogo

Di obyek wisata Air Terjun Pletuk ini tersedia berbagai fasilitas penunjang seperti: toilet, mushola, warung makan, lokasi parkir yang luas dan climbing area untuk pecinta panjat tebing.

Alamat dan Peta Lokasi Air Terjun Pletuk Ponorogo

Bagi anda yang tertarik mengunjungi obyek wisata Air Terjun Pletuk Ponorogo, anda bisa menyambangi sebuah dusun bernama Kranggan yang terletak di Desa Jurug di Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo. Lokasi obyek wisata ini terletak di sebelah selatan Kecamatan Pulung atau berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat kota ponorogo.

air terjun pletuk sooko

Untuk menuju obyek wisata ini anda hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam dari pusat kota. Kisaran tersebut berlaku jika anda menggunakan kendaraan bermotor dengan kecepatan rata-rata 60km/jam. Ketika sudah memasuki daerah Sooko, anda bisa mengikuti petunjuk arah yang telah terpasang di sejumlah titik untuk mencapai lokasi wisata.

Akomodasi dan Transportasi Menuju Air Terjun Pletuk Ponorogo

Untuk mengunjungi obyek wisata Air Terjun Pletuk Ponorogo anda bisa memanfaatkan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Apabila anda bertolak dari alun-alun atau pusat kota ponorogo anda bisa beranjak menuju kearah Jeruksing.

air terjun pletuk

Dari Bundaran lampu merah Jeruksing, anda bisa melanjutkan perjalanan kearah timur melalui daerah Tajug. Di daerah tersebut anda akan menemui tanaman khas kayu putih sampai tiba di perampatan jalan raya Jeruksing menuju Pulung. Jika ke kiri menuju Kecamatan Pulung, lurus menuju Kecamatan Pudak dan kanan menuju Kecamatan Sooko.

Lalu silahkan ambil kearah kanan melalui pasar tradisional Pulung. Setelah melalui jarak sekitar 20 menit anda akan sampai di Kecamatan Sooko.  Pada kanan dan kiri jalan dari Pulung-Sooko anda akan melewati hutan jati yang rimbun. Lalu anda hanya tinggal mengikuti petunjuk arah yang telah tersedia untuk menuju lokasi Air Terjun Pletuk Ponorogo.

Untuk anda yang ingin memanfaatkan transportasi umum, anda bisa menaiki angkutan umum dari Terminal Seloaji menuju Sooko. Dari situ anda bisa turun di Pasar Sooko dan menaiki ojek untuk menuju lokasi Air Terjun.

Lihat Juga: Air Terjun Widodaren, Air Terjun Indah di Ponorogo

Penasaran bagaimana keindahan Air Terjun Pletuk Ponorogo ini yang sesungguhnya? Gampang langsung saja menyambangi lokasi obyek wisata ini di desa Jurug, Sooko. Dijamin liburan anda akan semakin mengasyikkan.

Continue Reading
Loading...
Click to comment

Baca Juga

RSS Khasiat

RSS Film Terbaru Minggu Ini

RSS Tempat Wisata Terbaru

RSS Biodata Dan Profil


To Top