Connect with us

Kisah Perjalanan Mima Saina, PRT Indonesia Yang Menjadi Pahlawan di Negara Israel

Kissah Perjalanan Mima Saina, PRT Indonesia Yang Menjadi Pahlawan di Negara Israel

Unik

Kisah Perjalanan Mima Saina, PRT Indonesia Yang Menjadi Pahlawan di Negara Israel

Loading...

Lihat.co.id – Sosok Pekerja Rumah Tangga bernama Mima Saina tidak banyak yang tahu mengenai kisah perjalanannya menjadi seorang pahlawan Israel. Jika anda berkunjung menuju taman Righteous Among the Nations yang berada di Israel, anda akan menemukan dua buah nama warga Indonesia yang tertera disana, mereka adalah Tole Madna dan Mima Saina. Taman tersebut merupakan kawasan monumen yang dikhususkan untuk orang-orang fake-Yahudi atau non-Yahudi yang sudah berjasa dalam membantu menyelamatkan masyarakat Yahudi saat itu ketika menghadapi peristiwa Holocaust.

Kissah Perjalanan Mima Saina, PRT Indonesia Yang Menjadi Pahlawan di Negara Israel

Lantas, bagaimana sih kisah perjalanan mereka berdua samai nama mereka tercantum disana? Informasi mengenai kedua orang itu sangatlah minim. Jarang sekali media memberitakan kisah dari dua orang Indonesia yang bisa menjadi pahlawan di Israel. Namun, menurut kabar yang diliput dari Congressional Record, tertulis bahwa Tole Madna adalah warga kebangsaan Indonesia beragama Kristen Katolik yang tinggal di Belanda, sedangkan Miman Saina adalah warga Indonesia beragama Islam dan merupakan pembantu dari Tole Madna.

Berdasarkan arsip dari laman United States Holocaust Memorial Museum, bahwa kedua orang Indonesia ini pernah membantu menyelamatkan seorang bayi Yahudi bernama Alfred Munzer sat peristiwa Holocaust. Alfred Munzer adalah pria yang ahli dalam mengatasi penyakit dalam dan spesialis paru-paru, dan dia juga memegang jabatan sebagai Presiden Asosiasi Ahli Paru United States.

Baca Juga : Merinding Sekali Saya, Ketika Mengetahui Tukang Soto yang kaya Gini..

Dikutip dari laman Yadvashem.org, pada Jum’at (04/11/16), Alfred Munzer adalah seorang anak dari pasangan suami istri Gisela Munzher dan Sincha yang pada saat itu menetap di Belanda. Sebagaimana diketahui, pada tahun 1941 negara Jerman berusaha mengambil kekuasaannya di Belanda atau yang bisa disebut Invasi. Prajurit-prajurit Jerman berusaha menangkap orang-orang Yahudi yang tinggal di Belanda, hal itu membuat mesti mencari cara agar anaknya dapat selamat.

tole madna dan mima saina

Alfred dititipkan kepada Tole Madna dan Mima Saina, sedangkan itu dua kakak Alfred diitpkan kepada tetangga mereka. Hingga dewasa, Alfred yang dari kecil dirawat oleh Mima menganggap Mima sebagai ibu angkatnya yang baik hati.

Alfred pernah mengatakan, berkat lagu “Nina Bobo” yang dinyanyikan oleh Mima membuat mereka yang sedang sembunyi dari pencarian prajurit Jerman tidak tertangkap. Mereka dapat bersembunyi aman dengan Alfred yang tertidur pulas. Dan juga Alfred menyebutkan bahwa Mima berjasa banak kepadanya, karena Mima pernah berjalan jauh bermil-mil hanya untuk mencari susu bagi Alfred.

Setelah perang selesai, akhirnya Gisele yang selamat kembali berkumpul dengan keluarga kecil Mima. Hal itu dilakukan agar Alfred mau menerima dengan baik bahwa Gisele adalah ibu kandung dari Alfred.

Baca Juga : Inilah Wajah 12 Pahlawan yang Dimana Nanti nya Akan Menghiasi Uang Rupiah yang Baru

Tole dan Mima berjasa besar dalam menyelamatkan nyawa Alfrd Munzer, karena itu Congregation Agas Israel di Washington D.C meresmikan mereka sebagai salah satu pahlawan bagi Israel. Penampakan mereka pun diukir pada kawasan taman Righteous Among the Nations.pada tahun 2003.

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Unik

Kesehatan

ikan tuna, manfaat ikan tuna, khasiat ikan tuna
ikan teri, manfaat ikan teri, Khasiat ikan teri
ikan tenggiri, manfaat ikan tenggiri, khasiat ikan tenggiri
Manfaat Mandi Air Hangat
5 Manfaat Bawang Bombay
5-makanan-yang-ampuh-turunkan-kolesterol
Bahaya Tidur Mendengkur

RSS Khasiat

RSS TV Online

To Top