Connect with us

Abraj Kudai, Hotel Terbesar di Dunia Yang Ada di Makkah

bentuk hotel terbesar didunia

Unik

Abraj Kudai, Hotel Terbesar di Dunia Yang Ada di Makkah

Lihat.co.id – Sebuah hotel yang diklaim sebagai hotel terbesar di dunia akan segera dibuka di kota Mekkah, Arab Saudi. Hotel ini mematok tarif kamar termahalnya di Dunia, yaitu Rp 68 Juta semalam. Bangunan megah di Makkah ini dinamai dengan nama Abraj Kudai yang memiliki kamar dapat digunakan sebanyak 10.000 kamar. Sekaligus itu semua sudah mencangkup terhadap seluas sekitar kurang lebih 1,4 juta meter persegi.

Selain dengan terdapatnya kamar hotel, bangun yang memiliki luas luar biasa ini juga telah menyediakan sebanyak 70 buah retoran. Sebuah pusat pembelajaan yang begitu besar dan juga dengan sebuah ruangan yang disebut sebagai ruangan serbaguna dengan kemewahan yang terdapat didalamnya.

Bangunan yang dinamai dengan Abraj Kudai ini, memiliki banyak menara yang terdapat didalamnya yakninya sebanyak 12 menara. 10 diantaranya adalah menara-menara yang digunakan sebagai hotel berbintang lima, serta untuk sisanya dua menara lagi, akan digunakan untuk para tamu VVIP.

bentuk hotel terbesar di dunia
Menara yang begitu tertinggi yang terdapat pada hotel terbesar di dunia ini adalah terdiri dengan banyaknya lantai jika ditotalkan sebanyak 75 lantai, 45 lantai adalah lantai tertinggi. Sedangkan sisanya 30 lantai lagi merupakan lantai-lantai dengan ukuran yang terpendek dengan dilengkapi sebanyak empat helipad.

Dikabarkan pembangunan dari hotel raksasa ini, telah memakan biaya yang cukup luar biasa banyak. Biaya tersebut mencapai angka 2,7 miliar poundsterling atau juga dirupiahkan sebesar Rp. 46 triliun. Pembuatan dari bangunan besar ini, didanai oleh kemeterian keuangan Arab Saudi serta juga dibantu oleh kunsultan-kunsultan bagian bangunan yang bertindak sebagai perancang dari bangunan Abraj Kudai. Mereka semua bukanlah konsultan bangunan sembarangan, mereka sudah dipilih kusus oleh pemerintahan Arab Saudi, dan sudah membangun internasional Dar al-Handasah.

Hotel terbesar di dunia ini memiliki jarak yang tidak begitu jauh dari Masjidil Haram yaitu hanya berjarak sekitar dua kilometer sama. Setiap tahunnya Hotel Abraj Kudai juga akan didatangi oleh lima juta umat Muslim yang akan melaksanakan ibadah haji, maupun ibadah Umrah.

letak hotel terbesar didunia

Nantinya hotel terbesar di dunia Abraj Kudai akan dibuka untuk publik, serta akan disediakan sebanyak lima lantai yang akan digunakan untuk para keluarga kerajaan Arab Saudi yang hendak menginap di dalam hotel ini.

Terus-menerusnya dilakukan pembangunan gedung-gedung pencarar langit serta berbagai macam bangunan mewah yang ada di kota Mekkah telah menimbulkan kritik dari Irfan al-Alawi, dia adalah direktur dari Yayasan Riset Peninggalan Islam.

“Yang ada semuanya disingkirkan dan diberikan ruang untuk pembangunan hotel-hotel mewah, justru akan menghancurkan kesucian dari kota itu. Serta juga dapat melambungkan biaya naik haji,” Ucap Irfan seraya menyebut kota itu sebagai “Mecca-hattan” merupakan plesetan dari Manhattan, yang berartikan New York yang telah disesaki oleh gedung-gedung pencakat langit.

wisata hotel terbesar didunia

“Ini semua, bisa menjadi hari-hari terakhir dari kota Mekkah, yang seharusnya ibadah haji adalah sebuah ritual yang sederhana dan membutuhkan keteguhan hati. Namun sekarang orang biasa pun tak mampu lagi untuk membiayai ibadah ke kota ini,” tambah dari Irfan.

Dengan dibangunnya bangunan ini, telah menambahkan daftar panjang deretan gedung-gedung pencakar langit di dalam kota Mekkah. Termasuk salah satunya Abraj Al-Bait Towers, yang memiliki ketinggian 601 meter. Abraj Al-Bait Towers menjadi salah satu dari tiga gedung tertinggi yang ada di dunia.

Abraj Al-Bait terdiri dari beberapa unsur fungsi didalamnya. Seperti sebagai hotel terluas, jam yang menjadi terbesar di dunia, ruangan shalat yang bisa menampung sebanyak 10.000 orang. Bahan Makkah mempunyai tempat pembelanjaan yang terdiri dari lima lantai.

Gedung tinggi ini telah menjulang di dekat Masjidil Haram. Maka tarif yang menjadi temahal hotel ini adalah kamar yang terdapat diatas dan menyajikan pemandangan luas. Kamar-kamar tersebut dihargai mulai dengan 4.000 poundsterling atau setara dengan Rp. 68 juta semalam.

Tempat dibangunnya hotel ini, berdiri ditanah bekas sebuah benteng Ajyad.  Benteng tersebut sebuah bangunan yang dibangun pada abad yang ke 18. Atau Bekas peninggalan dari Kesultanan Ottoman yang telah dihancurkan pada tahun 2002 silam. Walaupun sebenarnya penghancuran tersebut sudah dikecam oleh dunia internasional.

Lihat Juga: 10 Mall Termewah di Jakarta Yang Mesti Kamu Singgahi

Proyek dari bangunan besar lainnya yang jaraknya tak jauh dari Masjidil Haram, adalah sebuah kompleks bernama Jabal Omer. Disana nantinya akan terdapat sebanyak 37 menara, dan sembilan diantaranya akan memiliki tinggi sekitar 150 meter.

Continue Reading
Loading...
Click to comment

Trending


To Top