Connect with us

10 Pola Hidup Sehat Agar Mendapatkan Usia Panjang

Pola Hidup Sehat

Top 10

10 Pola Hidup Sehat Agar Mendapatkan Usia Panjang

Lihat.co.id – Siapa yang tidak menginginkan usia panjang? Tentu saja semua orang mengingkannya bukan? Dengan usia yang panjang, seseorang akan lebih bisa leluasa melakukan segala hal. Namun, panjang dan pendek usia manusia sejatinya hanya Allah yang tahu, akan tetapi kita sebagai manusia patut untuk berusaha dan menjaga diri ketika berada di dunia.

Usaha manusia agar mendapatkan usia panjang bukanlah usaha sembarangan. Ada beberapa hal yang dilakukan agar supaya usia kita bisa lebih panjang, salah satunya adalah dengan menjaga pola hidup hidup. Oleh karena itu, biasakan pola hidup sehat ini mulai dari sekarang.

1. Melatih ketelitian

Melatih ketelitian

Melatih ketelitian dalam segala hal sangatlah penting, tidak hanya bermanfaat untuk setiap pekerjaan, namun juga bisa bermanfaat pada usia anda lebih lama. Hal tersebut pernah di praktekkan oleh sebuah studi selama 80 tahun berturut-turut, dan dibuktikan orang yang memiliki ketelitian yang tinggi mempunyai kemungkinan hidup lebih lama.

2. Berhenti merokok

Berhenti merokok

Mungkin ini sudah banyak tau, dengan merokok dapat membahayakan kesehatan tubuh, baik itu perokok aktif maupun pasif. Anda akan mengalami berbagai gangguan akibat merokok. Para ahli dari Inggris meneliti jika orang yang berhenti merokok kemungkinan bisa menambah panjang usianya hingga lebih dari 10 tahun. Oleh karena itu, berhentilah merokok mulai dari sekarang.

3. Jauhi minuman alkohol

Jauhi minuman alkohol

Minuman yang mengandung alkohol pada dasarnya memang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Itulah salah satu penyebab mengapa agama Islam melarang minuman seperti ini. Selain itu, minuman beralkohol juga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit misalnya kencing manis, obesitas, stroke, dan lain-lain. Jauhi minuman ini karena selain bisa menguntungkan diri sendiri juga bisa menguntungkan orang lain.

Baca juga: Suka Streaming Youtube? Kenalan Yuk Sama 10 YouTuber Indonesia Terpopuler

4. Menjaga tubuh tetap bergerak

Menjaga tubuh tetap bergerak

Menjaga tubuh supaya terus bergerak juga bisa menamah usia anda. Pergerakan tubuh yang dilakukan secara teratur seperti berolahraga atau lainnya mampu mencegah anda dari berbagai macam penyakit seperti penyakit depresi, diabetes, jantung, stroke, kanker, dan lain sebagainya. Cara ini juga bisa diterapkan pada kehidupan sehari-hari agar hidup anda menjadi lebih sehat dan teratur.

5. Bijak dalam memilih teman

Bijak dalam memilih teman

Kebiasaan baik atau buruk dari teman juga bisa dengan mudah menular pada diri kita jika kita terlalu lama bergaul dengan mereka. Jika anda ingin sehat, coba carilah teman yang sekiranya selalu menjaga kebersihan dan rajin olahraga. Dengan begitu, anda akan tertular kebiasaan baiknya.

6. Menyempatkan diri tidur siang

Menyempatkan diri tidur siang

Umumnya orang banyak yang menyepelekan mengenai tidur siang. Perlu diketahui, bahwa jika kita menyempatkan sedikit waktu untuk tidur siang dapat mengurangi resiko terkena aneka penyakit, salah satunya yaitu penyakit jantung yang sangat ditakuti. Jika kita melakukan kebiasaan menyempatkan tidur siang akan menjauhkan kita dari penyakit jantung.

7. Tidur malam yang cukup

Tidur malam yang cukup

Bagi anda suka begadang di waktu malam atau susah tidur, cobalah kurangi aktivitas anda sehingga tubuh bekerja normal dan usahakan membuat jadwal dan durasi waktu tidur. Sebab dengan tidur malam ini anda akan terhindar dari gangguan penyakit seperti obesitas, diabetes dan gangguan mood.

8. Asupan spiritual

Asupan spiritual

Spiritual juga sangat berpengaruh pada usia seseorang. Meski belum ada penelitian yang pasti, namun melaksanakan kegiatan agama seperti sholat berjama’ah akan berpengaruh pada usia. Namun, semuanya tetap saja Allah yang menentukan.

Baca juga: Awas!! Inilah 10 Bahaya Makan Bakso Jika Terlalu Sering

9. Menjadi pemaaf

Menjadi pemaaf

Rasa dendam dan emosional dengan marah-marah ternyata bisa mempengaruhi fungsi paru-paru, jantung, dan mengakibatkan stroke. Menghilangkan rasa marah dan dendam dengan memaafkan dapat mengurangi rasa cemas, tekanan darah tinggi, dan tentunya akan membantu pikiran lebih nyaman serta rileks.

10. Mengelola stres

Mengelola stres

Stres memang sulit dihindari. Namun, anda bisa mencoba untuk mengelola dan mengendalikan tingkat kestresan anda supaya tidak terus meningkat. Anda juga bisa mencegahnya dengan rutin melakukan meditasi, yoga, dan juga latihan pernapasan dalam. Cukup lakukan kegiatan ini beberapa menit saja diwaktu luang. Hal tersebut dapat menjaga pikiran dan hati agar tetap rileks, tenang, serta nyaman. Jika sudah begitu, otomatis anda akan lebih lama dalam menjalani hidup.

Continue Reading
Loading...
Click to comment

Baca Juga

RSS Khasiat

RSS Film Terbaru Minggu Ini

RSS Tempat Wisata Terbaru

RSS Biodata Dan Profil


To Top