Connect with us

10 Pesta Pora Paling Nyeleneh di Dunia Pada Masa Lalu

bacchanalia

Top 10

10 Pesta Pora Paling Nyeleneh di Dunia Pada Masa Lalu

Lihat.co.id – Kumpulan daftar jenis pesta pora paling nyeleneh di Dunia pada masa lalu yang sekarang sudah tersingkirkan. Dunia memang sangat banyak sekali ragam budaya yang begitu menarik. Mulai dari perayaan-perayaan yang khas, hingga sampai ke tradisi yang begitu unik. Selain itu ragam budaya juga membuat orang-orang kagum akan hal itu, atau bahkan berfikir aneh.

Salah satu yang memiliki kebudayaan yang banyak adalah Indonesia. Dari sekian banyak kebudayaan yang dimiliki oleh Indonesia ternyata ada yang cukup menyeramkan dan bisa terbilang aneh. Salah satunya yaitu perayaan memindahkan jasad kerabat yang sudah meninggal.

Bukan hanya di Indonesia, didunia ada sebuah perayaan yang cukup unik bernama La Tomatina yaitu mengenai “perang” tomat yang terbesar didunia, itu berada di negara Spanyol, lalu di Mexiko perayaan yang diadakan di malam hari, yang di isi oleh ukiran-ukuran lobak nan unik. Dari sekian banyak perayaan dan budaya khas dunia. Kami mencoba merangkumnya untuk anda mengenai 10 perayaan atau festival pada masa lalu yang begitu unik, atau bahkan dibilang aneh di Dunia.

10 Pesta Pora Paling Nyeleneh di Dunia Pada Masa Lalu :

1. Masa Raya Si Bodoh

pesta pora menyeleneh dimasa lampau

Masa Raya ini adalah sebuah perayaan tahun baru, yang mana sering dilakukan oleh orang di abad pertengahan. Biasanya sering dilaksanakan pada saat hari-hari pertama didalam suatu tahun. Perayaan ini sering dilakukan oleh masyarakat Saturnalia, yang ada pada masa Romawi Kuno serta lebih populer pada masa abad ke-16. Didalam perayaan yang heboh ini, warga-warga akan memilih siapa yang akan menjadi “Raja Bodoh” dengan beragam julukan yang ditentukan berdasarkan tempat dimana perayaannya.

Contohnya saja di Inggris pada waktu itu warga-warga biasa memberikan julukan “Raja Bodoh” dengan sebutan raja kacang, lalu untuk daerah Skotlandia mereka memilih julukan dengan sebutan Abbott of Unreason (kata “unreason” biasanya diartikan dengan “tidak nalar”). Selama perayaan yang diadakan para warga akan menggunakan pakaian-pakaian lawan jenis mereka, serta akan bernyanyi secara sumbang, mabuk-mabukkan, serta berjudi di bagian altar gereja.

2. Pekan Raya Keledai

pesta pora menyeleneh dimasa silam

Pada saat abad pertengahan dulu, ada sebuah festival atau pesta yang bersifat gerejawi yang dikenal dengan nama Masa Raya Keledai. Perayaan ini cukup populer di negara Prancis, orang-orang disana juga sering menyebutkan dengan sebutan “La Fate de l”ane”. Biasanya orang-orang akan memulai perayaan ini pada tanggal 14 di bulan januari sebagai salah satu bentuk penghormatan kepada keledai yang telah ditunggangi oleh Maria didaerah Mesir.

Selama perayaan pesata berlangsung, nantinya akan ada seorang gadis yang sedang menggendong seorang bayi. Yang nantinya akan diletakkan di atas seekor keledai yang berhias serta akan dibawa untuk pawai keliling kota. Pawai tersebut nantinya akan berakhir di sebuah gereja dan akan melangsungkan misa rekaan. Di akhirnya dari misa rekaan tadi nantinya iman akan tiga kali menghadap ke jemaat beserta keledai, lalu akan disambut oleh bunyi lenguhan dari keledai tersebut. Orang-orang Prancis sering melantunkan kidung guna untuk memuji keledai tersebut.

3. Festival Mabuk-Mabukan

pesta pora menyeleneh dimasa lalu yang terkenal

Festival pesta yang unik dan aneh ini biasa dirayakan oleh masyarakat Mesir, guna untuk menyambut bulan pertama yang ada pada kelender Mesir Kuno. Pesta pora ini adalah bentuk dari penghormatan kepada Mata Ra, yaitu adalah sosok dari pemusnah manusia sekaligus berguna untuk menyenangkan para dewi-dewi Mesir Kuno seperti Sekhmet. Acara unik yang diadakan itu adalah bentuk dari peristiwa suci serta akan melibatkan para peserta yang sudah menenggak minuman beralkohol dalam jumlah yang banyak.

Dan tak jarang selama diadakan festival tersebut banyak peserta yang tertidur didalam kuil, dikarenakan mereka terlalu banyak minum dan akhirnya mabuk berat. Para peserta yang sudah tertidur lelap nantinya akan dibangunkan oleh sebuah bunyi-bunyian yang bermaksud untuk membantu mereka akan segera beribadah serta segera memuja sang dewi. Selain dengan minum-minum dan mabuk bersama, orang-orang yang menjadi peserta didalam festival ini juga kana menari-nari, melakukan hubungan intim dengan peserta yang lain, hingga menyalakan obor.

4. Bals Des Victimes

pesta pora menyeleneh dimasa lalu yang ternama

Sesudah berakhirnya masa Cengkraman Teror atau juga dikenal dengan nama Reign of Terror, kota Paris pun dilanda pentas yang begitu menggelegar. Warga Paris yang berhasil selamat sesudah malalui masa tekanan dan banjir darah yang amat mengerikan, mereka akhirnya merinisiatif untuk mengadakan sebuah perayaan bagi mereka yang masih bisa hidup. Salah satu perayaan yang terkenal adalah Bals Des Victimes yang mana perayaan tersebut digelar oleh para kaum aristrokat yang berhasil selamat. Hanya mereka yang hampir nyaris ditebas oleh guillotine beserta keluarganya saja lah yang boleh menghadiri festival tersebut.

Alkoholpun tersedia dalam jumlah yang banyak dan para peserta bebas meminumnya. Semua itu bertujuan untuk melupakan semua kenangan yang begitu manyakitkan yang telah diderita oleh warga disana. Para wanita yang hadir didalam festival itu menggunakan pita yang berwarna merah seperti darah yang diletakkan dibagian leher mereka. Semua itu dikarenakan mereka yang hampir nyaris dipancung oleh guillotine. Akhirnya mereka pun memangkas rambutnya seperti seorang narapidana.

Selain diadakannya pesta ini, ternyata juga ada sebuah perayaan lainnya yang bernama bal de la veilee, yang dikenal dengan nama konser mengeong seperti kucing. pada perayaan ini sebuah alat musik yang bernama harpsichord dirusak dengan begitu hebat, sehingga kunci-kunci nada yang ada pada alat itu, mampu menggerakan sebuah bilah logam yang mana menepuk ekor beberapa kucing secara bersamaan pada saat itu. Dan bals des Zephirs diadakan di taman pemakaman. Di ikuti oleh pasangan yang menari-nari di atas kuburan yang ada di tempat tersebut.

5. Fete des Pinnes

pesta pora menyeleneh dimasa lalu yang terpopuler

Fate des Pinner merupakan sebuah festival yang sering diadakan pada minggu paskah, biasanya orang-orang merayakan di dalam kota Saintes yang ada di Prancis. Pada hari dimana festival ini diadakan, akan dibuat kue-kue kecil dalam jumlah yang cukup banyak. Lalu nantinya kue itu akan digantung di cabang-cabang pohon palem yang ada didaerah sekitar. Kemudian pohon-pohon palem yang sudah disematkan kue tadi, akhirnya diarak oleh para kaum wanita beserta anak-anak dan semua itu masih termasuk prosesi perayaan.

Kemudian kue-kue tadi akan diberkati oleh seseorang imam, sebelum akhirnya akan diawetkan dan digunakan oleh para kaum wanita yang nantinya akan menjadi mata kalung suci. Perayaan festival ini juga pernah diadakan diberbagai tempat di Prancis. Dan ada dibeberapa wilayah yang ada di bagian laut tengah, kue-kue tersebut juga dibuat dalam bentuk vagina.

6. Festival Uskup Anak-anak

pesta pora menyeleneh dimasa lalu yang terunik

Festival yang bernama Uskup anak-anak adalah sebuah festival yang cukup populer pada abad pertengahan di seluruh bagian Eropa Barat. Perayaan tersebut pada awalnya dimulai tanggal 6 Desember, pada saat hari dimana Santo Nicholas. Dimana Uskup Anak tersebut akan dinobatkan sebagai anggota dari paduan suara.

Selain dengan pakaiannya Uskup anak-anak juga duduk di takhta yang memang ditujukan kepada pemuka agama tersebut. Serta akan mendapatkan wewenang uskup sungguhan seperti misalnya untuk membaktikan orang, kunjungan ke paroki dalam dioeses, serta juga dapat memberi khotbah. Uskup anakj-anak juga akan mendapatkan wewenang dalam menyatakan kapan libur dan membagian beberapa permen beserta hadiah.

7. Beltane

pesta pora menyeleneh dimasa lalu yang teraneh

Beltane adalah sebuah festival yang dianggap suci yang ke dua orang masyarakat keltik dalam perayaan pertama musim panas yang di simbolkan sebagai pemberi kesuburan dan kehidupan. Sejumlah api unggun dengan ukuran besar nantinya akan dinyalakan lalu, ternak-ternak akan digiring kesana. Yang diposisikan antara api-api tersebut, itu semua sebagai salah satu cara dalam berkat dan penyucian  ternak. Beltane juga merupakan sebuah perayaan dalam kesatuan seksual antara Dewi dan Dewa, sekaligus untuk energi positif yang tercetus didalam persenggamaan mereka.

Energi kreatif tersebut juga dipercaya sebagai pemberkatan terhadap ternak, tanah. serta kesehatan dan kesuburan para warga. Dengan demikian guna untuk meneladani para dewa, akhirnya warga-warga  di dalam suku Keltik ikut sibuk dalam bersenggama selama semalam suntuk. Tidak masalah jika Pria dan Wanita sling mengenal satu sama lain. Yang terpenting laki-laki adalah seorang dewa dan wanita adalah dewi.

Terkadang juga dipilih Ratu Mei dan juga Raja Mei, juga untuk memberikan peran yang erotis didalam upacara suci itu, atau bahkan untuk mengikuti pernikahan Dewa dan Dewi didalam iring-iringan non seksual dihadapan seluruh masyarakat yang ada. Pada masa sekarang ini sebagaian versi dari festival Beltane masih dirayakan diseluruh dunia. Akan tetapi untuk hal yang berbau seksual sudah dihapuskan.

8. Kronia

Kronia

Kronia sendiri adalah sebuah festival atau pesta kuno yang berasal dari zaman Yunani Kuno yang dilakukan pada saat seusia dengan musim panas. Sekaligus menjadi transisi ke musim dingin. Festival tersebut dinamai sesuai dengan nama Titan Cronos yang sudah memerintah jagat raya pada masa keemasan manusia. Pada saat itu sama sekali tidak ada kematian, sakit-panyakit, perbedaan sosial, tekanan atau bahkan kelaparan. Kronia adalah cerminan dari kekuasaan Cronos, sehingga tatanan dalam bermasyarakat ditangguhkan selama masa perayaan ini.

Pada budak bebas melakukan permainan kepada para tuannya dan juga akan mendapatkan perjamuan yang nikmat. Serta mendapatkan pelayanan secara beramai-ramai. Biasanya festival ini akan ditutup dengan arak-arakan seseorang narapidana. Yang sudah diputuskan mendapat hukuman mati, orang-orang anak memberinya wine lalu akan dibunuh.

9. Cerealia

pesta pora menyeleneh dimasa lalu yang dilakukan

Cerealia adalah sebuah festival yang berasal dari zaman Romawi Kuno dalam memperingati dewi jelai, Ceres kesburan manusia dan juga petani. Festival tersebut biasanya diadakan pada bulan April selama kurang lebih 7 hari. Menurut seorang pujangga Romawi yang bernama Ovid. Festival ini biasanya diadakan dengan melepas para serigala-serigala hidup. Menuju tempat Circus Maximus yang menggunakan sebuah obor diikatkan ke ekor para serigala tersebut. Serigala-Serigala itu akan berjuang untuk dapat melepaskan obor-obor pada ekor mereka.

Mereka yang tidak mampu akan menderita sampai membakar diri mereka hingga mati. Tradisi pesta lainnya juga pernah melibatkan para anak-anak perempuan yang menggunakan baju berwarna putih serta sedang membawa obor. Hal tersebut bersimbolkan bagaimana proses dari pencarian Proserpine seseorang putri Ceres yang diculik. Serta ketika itu dibawa kedalam dunia bawah sana, guna untuk diperkosa dan dipenjarakan.

10. Bacchanalia

bacchanalia

Bacchanalia Merupakan sebuah perayaan yang berasal dari Babilonia guna untuk menghormati kelahiran dari Tammuz. Yakninya adalah seorang putra Ishtar yaitu adalah seorang ratu surga. Bacchus dikenal sebagai dewa wine serta dewa kesuburan. Di sering kali dikaitkan dengan cinta siklus kesuburan alam dan prostitusi suci. Festival ini sering kali dikenal sebagai festival mabuk-mabukan, orgi seksual scui yang guna untuk pembersihan dosa, serta tari-tarian.

Lihat Juga: 10 Kebiasaan Aneh di China Yang Kini Tak Berlaku

Keterlibatan seseorang didalam pesta orgi seksual dengan para pemujanya dianggap sebagai sesuatu yang menyenangkan hati para dewa. Setiap wanita yang terlibat didalam perayaan ini diharapkan dapat kehilangan keperawanan. Karena itu semua sebagai bentuk dari pengabdian kepada sang bunda dewi nan agung. Festival unik ini berlangsung sekitar kurang lebih 5 hari lamanya. Pada saat itu para budak bisa ikut serta bergabung dan akan mendapatkan kebebasan total selama festival berlangsung.

Continue Reading
Loading...
Click to comment

Baca Juga

RSS Khasiat

RSS TV Online


To Top