Connect with us

Ngeri!!, Racun 10 Hewan Ini Lebih Mematikan dari Sianida!

Sianida

Top 10

Ngeri!!, Racun 10 Hewan Ini Lebih Mematikan dari Sianida!

Lihat.co.id – Belum lama ini telah terjadi sebuah peristiwa yang cukup memilukan, yakninya sebanyak tujuh orang yang berasal dari kecamatan Tempusari, Kabupaten Lumajang, telah mengalami keracunan masal dari hewan beracun yaitu ikan buntal atau nama lainnya pufferfish.

Empat dari tujuh orang yang memakan dagingnya telah sebut meninggal dunia. Ikan buntal sendiri memang dikategorikan kedalam salah satu ikan yang paling beracun dunia. Kalaupun jika masih ingin mengkonsumsinya.

Sianida

Haruslah orang-orang yang ahli dalam mengolah hewan beracun ini dan yang telah memiliki ilmu tinggi dan pengalaman tentang pengolahan ikan buntal tersebut. Semua itu bertujuan agar racun yang ada didalamnya bisa hilang. Ikan buntal bukanlah satu-satunya ikan yang harus anda waspadai.

Masih banyak lagi ikan-ikan lain yang didalamnya sudah terkandung racun yang sangat mematikan. Berikut ini kami mencoba merangkumnya untuk anda. Mengenai 10 hewan yang paling beracun didunia.

10 Hewan Memiliki Racun Mematikan Lebih dari Sianida :

1. Ikan Buntal

Hewan beracun buntal
Ikan buntal atau nama kerennya Tetraondontidae ialah sebuah ikan yang tubuhnya dapat mengembang seperti balon dan akan mengeluarkan duri-duri yang tajam. Cara ini dilakukan oleh ikan buntal untuk melindungi dirinya dari pada pemangsa.

Didalam ikan buntal terdapat tetrodotoxin didalam tubuhnya. Sebuah racun yang tergolong kedalam racun yang fatal, memiliki tingkat 100 kali lebih berbahaya dari sianida. Walaupun ikan ini tergolong beracun, namun di Jepang dan Korea sana hewan beracun ini masih bisa dikonsumsi. Tentunya hanya untuk orang yang ahli dalam mengolahnya.

2. Ubur-ubur kotak

Hewan beracun ubur-ubur
Ubur-ubur kotak atau bernama latin Chironex fleckeri adalah sejenis ubur-ubur yang cukup terkenal dikalangan perenang. Hewan beracun ini diyakini oleh banyak kalangan sebagai hewan yang paling mematikan diseluruh dunia. Jika seandainya ada seseorang yang tersengat maka, racunnya bisa menyerang ke bagian jantung, sel-sel kulit, hingga sampai ke sistem syaraf.

3. Ular King Cobra

Hewan beracun ular cobra

King cobra atau dalam bahasa latin bernama Ophiophagus hannah, terkenal sebagai salah ular yang mematikan di dunia. Satu gigitan yang didapatkan oleh seseorang dari ular ini bisa membuatnya tewas dalam waktu 15 menit saja.

King Cobra juga dapat mematikan seekor gajah Afrika yang ukuran begitu besar hanya dengan waktu 3 jam. Satu kali gigitan dari ular Cobra dapat mengeluarkan racun sebanyak 5 kali lebih mematikan dari jenis-jenis ular lainnya.

4. Siput Marmer Kerucut

Hewan beracun siput laut
Siput marmer kerucut (Cornus marmoreus ) adalah jenis dari spesies laut pemangsa yang dapat di temui di laut bagian Changos, Madagaskar, Teluk Benggala di India, Hingga bagian barat dari Samudera Pasifik ke Fiji, sampai ke Kepulauan Marshall.

Bentuk dari siput ini yang indah sering kali menipu banyak orang yang membawanya ke permukaan. Siput ini memiliki sebuah belalai yang disana terdapat gigi-gigi tajam yang mengandung racun didalamnya.

Racun tersebut biasanya digunakan oleh Siput marmer untuk mendapatkan mangsanya. Racun yang ada pada Siput marmer dapat membunuh sebanyak 20 orang dengan menyebabkan gagal jantung serta kesulitan bernafas.

5. Gurita Cincin Biru

Hewan beracun gurita
Gurita cincin biru (Hapalochlaena) atau juga sering disebut dengan nama Blue-Ringed Octopus, menjadi salah satu hewan yang mematikan di laut.  Hewan beracun ini tersebar dari Australia dan bagian bara dari Indo-Pasifik.  Racun yang terdapat pada gurita ini dapat menyebabkan kebutaan gangguan pernafasan yang akut hingga sampai menyebabkan kematian.

6. Kalajengking Deathstalker

Hewan beracun kalajengking
Kalajengking deathstalker (Leiurus quinquestriatus) sering ditemui di Timur Tengah dan juga Afrika Utara dan tegolong kedalam hewan beracun didunia. Racun dari hewan ini bisa menyebabkan gangguan pernafasan, rasa sakit yang sama sekali tidak tertahankan, kelumpuhan hingga berakhir sampai kematian.

7. Ikan Lepu Batu

Hewan beracun ikan
Ikan Lepu Batu atau Stonefish (Synanceia) terkenal berkat racun yang dimilikinya sangat kuat. Semua itu keluar dari duri-duri yang ada pada tubuhnya lalu akan menyebabkan luka tertusuk bagi mereka yang menjadi korban dari hewan beracun ini. Bila tidak secepatnya ditangani maka racunnya bisa menyebar keseluruh tubuh dan menyebabkan rusaknya jaringan syaraf, kelumpuhan, hingga kematian.

8. Laba-laba Pisang

Hewan beracun laba-laba
Laba-laba pisang (Phoneutria nigriventer) atau didalam bahasa inggris sering dikenal dengan  nama Brazilian Wandering Spider menjadi laba-laba yang paling mematikan didunia. Hewan ini sudah dimasukkan kedalam uiness Book of Records pada tahun 2007 silam.

9. Ular Inland Taipan

Hewan beracun ular inland taipan
Ular inland taipan (Oxyuranus microlepidotus), adalah sebuah ulat yang cukup terkenal berkat bisanya yang mematikan didunia. Racun yang ada pada hewan beracun ini bisa dengan mudah membunuh manusia hanya dengan waktu sekitar 40 hingga 50 menit saja jika tidak dilakukan perawatan secepatnya.

Habitat dari Ular inland taipan bisa ditemui didaerah Australia, terutama dibagian Australia timur. Walaupun Ular inland taipan memiliki racun yang masuk kedalam tingkat bahaya, namun jarang sekali terdapat kasus kematian manusia yang disebabkan oleh ular ini. Semua itu dikarenakan ular ini lebih sering menghindar pada saat bertemu dengan manusia.

10. Katak Panah Beracun

Hewan beracun katak
Katak panah beracun (poison dart frog) merupakan nama lain dari sekelompok katak yang termasuk kedalam keluarga “Dendrobatidae”, yang berasal dari Amerika Tengah, Amerika Selatan, hingga Hawaii. Hewan beracun pada umumnya memiliki tubuh yang menarik dikarenakan warna yang yang cerah. Walaupun semua yang termasuk jenis katak ini memiliki racun akan tetapi setiap satu jenis katak terdapat tingkatan racun yang berbeda-beda.

Continue Reading
Loading...
Click to comment

Baca Juga

RSS Khasiat

RSS Film Terbaru Minggu Ini


To Top