Connect with us

10 Monumen Terindah di Dunia

Monumen Bersejarah

Top 10

10 Monumen Terindah di Dunia

Lihat.co.id – Monumen merupakan jenis bangunan yang dibuat sebagai memperingati seseorang atau peristiwa tertentu yang dianggap penting oleh suatu kelompok sosial pada masa lampau.

Ibu kota Jakarta mempunyai Monas yang sangat terkenal. Nah, di berbagai penjuru dunia juga terdapat banyak monumen yang ditujukan untuk mengenang para korban perang dan juga menghormati para jasa pahlawan. Banyak di antaranya sangat indah dan kreatif, namun ada juga yang agak seram. Berikut adalah 10 Monumen Terindah di Dunia.

1. Nelson Column, London, UK

Nelson Column, London, UK

Monumen ini bertempat di Trafalgar Square, London yang digunakan sebagai tempat mengenang Horatio Nelson. Nelson yaitu seorang admiral yang memimpin AL Inggris melawan armada Perancis dan juga Spanyol di Perang Trafalgar pada 1805. Monumen ini berupa patung Nelson di atas sebuah tiang yang didesain oleh William Ralton di tahun 1838.

2. Kuil Yasukuni, Jepang

Kuil Yasukuni, Jepang

Kuil ini mungkin anda sudah pernah tahu di televisi maupun media sosial. Kuil ini mulai dibangun pada 1869 untuk mengenang jasa pengorbanan para tentara bagi negeri matahari terbit ini. Di sini ada banyak sekali nama-nama lebih yang gugur dalam perang. Jika dihitung namanya lebih dari 2,5 juta orang.

3. Sherman Monument, New York, Amerika Serikat

Sherman Monument, New York, Amerika Serikat

Salah satu monumen terkeren pada deretan ini yaitu Sherman Monument yang terletak di Grand Army Plaza, New York. Monumen ini didedikasikan bagi Jenderal William Sherman yang pada saat itu membela California dalam Perang Mexico.

Patung ini dibangun oleh pematung Augustus Saint-Gaudens pada tahun 1903 yang juga memasukkan kekasih sang jenderal, Davida Johnson, sebagai patung angel yang ada di sini.

Baca juga: 10 Tokoh Indonesia Ini Namanya Mendunia Lo…. Siapa Saja Dia?

4. Marine Corps War Memorial, Virginia, Amerika

Marine Corps War Memorial, Virginia, Amerika

Monumen ini berlokasi di Arlington National Cemetery, Rosslyn, Virginia. Pose patung ini dibuat berdasarkan foto pasukan Amerika ketika telah berhasil merebut Iwo Jiwa dari tangan Jepang.

Monumen ini menggambarkan 6 marinir Amerika Serikat yang sedang berusaha menegakkan sebuah bendera Amerika.

5. Hiroshima Peace Memorial

Hiroshima Peace Memorial

Monumen yang satu ini bisa bisa dibilang unik dan lain. Berlokasi di Hiroshima, monumen ini dibuat untuk tak lain mengenang jatuhnya bom atom pada 6 Agustus 1945 yang menyebabkan 140.000 masyaralat sipil tewas akibat peristiwa tersebut.

Monumen ini sebenarnya merupakan puing-puing gedung berkubah yang hancur karena serangan bom atom Hiroshima. Gedung ini sengaja tidak dirobohkan malah justru digunakan untuk menjadi pembelajaran bagi generasi berikutnya supaya tidak terjadi hal yang sama.

6. Friedensengel, Munich, Jerman

Friedensengel, Munich, Jerman

Friedensengel atau Angel of Peace adalah monumen yang didirikan di Prince Regent Street, Munich sebagai memperingati 25 tahun Perjanjian Versailles (tahun 1871) yang mengakhiri perang antara Jerman dan Prancis.

Ternyata pada patung ini sebenarnya bukan angel, akan tetapi Athena, Goddess of Peace. Selain itu, patung memiliki pose yang bisa dibilang seksi.

7. The Shrine Peace Monument, Toronto, Kanada

The Shrine Peace Monument, Toronto, Kanada

Monumen ini bertempat di Exhibition Centre yang ada di tepi danau Toronto. Uniknya, patung ini terdapat tepat di perbatasan Amerika-Kanada dan dibuat menghadap ke wilayah Amerika. Patung ini dibangun sejak 1930 untuk memperingati 100 tahun hubungan baik Amerika dengan Kanada. Patung ini menggambarkan seorang wanita dengan memegang dua ranting zaitun di silangkan yang melambangkan arti perdamaian.

8. Wall of Peace, Paris, Perancis

Wall of Peace, Paris, Perancis

Satu-satunya monumen yang memiliki gaya modern di deretan ini adalah Wall of Peace yang merupakan produk kreatif Clara Halter dan Michael Wilmotte dimana momen ini telah diresmikan pada tahun 2000.

Monumen ini menggambarkan sebuah lembaran kaca yang di atasnya bertuliskan kata “damai” dalam 32 bahasa dan 18 jenis aksara. Agar menarik banyak perhatian, monumen kaca ini sengaja diletakkan di lapangan Champs de Mars, tepat di depan Menara Eiffel.

Baca juga: Awas!! Inilah 10 Bahaya Makan Bakso Jika Terlalu Sering

9. Vietnam Memorial Walls

Vietnam Memorial Walls

Monumen ini buka hanya patung biasa, tapi dinding bertuliskan nama 58.267 korban dalam Perang Vietnam. Yang agak seram, dalam dinding ini terlihat foto prajurit yang transparan, dan itu bukanlah hasil editing atau rekayasa.

10. Victim of Communist Memorial, Praha, Ceko

Victim of Communist Memorial, Praha, Ceko

Jika dilihat dari namanya, sudah bisa ditebak monumen berbentuk patung-patung ini bertujuan mengenang para korban kekejaman komunis. Terlihat patung seseorang yang di siksa pada zaman dahulu, bahkan ada yang bertubuh setengah, hal tersebut melambangkan komunis pada waktu itu memang sangat kejam.

Continue Reading
Loading...
Click to comment

RSS Film Terbaru Minggu Ini

RSS Tempat Wisata Terbaru

RSS Tips Sehat

RSS Khasiat


To Top