Connect with us

10 Minaret Terindah di Dunia

Minaret

Top 10

10 Minaret Terindah di Dunia

Lihat.co.id – Minaret merupakan menara masjid dimana tempat tersebut digunakan sebagai mengumandangkan adzan. Kata “Minaret” berasal dari bahasa Turki yaitu “minare” yang berakar dari bahasa Arab “manarah” berarti mercusuar.

Kata “manarah” ini dalam bahasa Indonesia menjadi “menara”. Pada masa Islam, masjid-masjid umumnya tidak memiliki minaret. Konon, umat Muslim di Madinah sebelumnya saat mengumandangkan adzan dari atap rumah nabi Muhammad SAW.

Minaret tertua di dunia adalah di menara Masjid Agung Kaioruan, Tunisia yang mulai dibangun sejak abad ke 8-9 M. Nah, pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi tentang 10 Minaret Terindah di Dunia.

1. Menara Giralda, Seville Spanyol

Menara Giralda, Seville Spanyol

Giralda merupakan minaret dengan ketinggian mencapai 104,5 meter yang dialih fungsikan menjadi menara lonceng di Katedral Seville, Spanyol. Menara ini selesai dibangun tahun 1198 dimana saat itu pada masa pendudukan kaum Muslim di Spanyol. Arsiteknya adalah Jabir bin Aflah, seorang ahli matematika sekaligus astronom Islam yang terkenal di Dunia Barat sebagai Geber.

Di tahun 1248, terjadilah Reconquista, atau perebutan kembali Spanyol dari tangan Muslim oleh kaum Katolik. Masjid tempat sebagai minaret ini kemudian dialih fungsikan menjadi Katedral Sevilla dan pada menaranya dijadikan sebuah menara lonceng. Selain itu, menara ini juga sempat mendunia setelah muncul di novel Dan Brown (penulis Da Vnci Code) dengan judul Digital Fortress.

2. Menara Masjid Agung Kudus, Kudus, Indonesia

Menara Masjid Agung Kudus, Kudus, Indonesia

Masjid Menara Kudus atau disebut Masjid Al Aqsa adalah masjid yang dibangun pada masa Sunan Kudus yaitu di tahun 1549. Masjid ini berlokasi di desa Kauman, Kudus, Jawa Tengah. Masjid ini dulunya dibangun menggunakan batu Baitul Maqdis dari Palestina sebagai batu pertama.

Masjid ini sangat unik, sebab memiliki menara yang mirip dengan candi sebagai bentuk perpaduan antara budaya Hindu dengan Islam. Ketinggian menara ini hanya 18 meter dan di bagian dasarnya berukuran 10×10 meter persegi.

3. Menara Koutoubia, Maroko

Menara Koutoubia, Maroko

Masjid Koutoubia atau juga dikenal Kutubbiya merupakan masjid paling besar di Kota Marrakech, Maroko. Minaret pada masjid ini dibuat dengan gaya Alhomad dan selesai dibangun pada masa pemerintahan kalifah Yakub al Mansur (1184-1199).

Koutoubia berasal dari bahasa Arab “al-koutobbiyin” yang berarti “pustakawan” sebab di sekeliling masjid ini dulunya digunakan oleh para pedagang buku kuno. Menara memiliki tinggi 69 meter dan memiliki kubah yang terbuat dari emas murni.

Baca juga: Wow, Inilah Deretan 10 Sosok Pria Terkaya Indonesia 2016

4. Menara Masjid Agung Damaskus, Damascus, Syria

Menara Masjid Agung Damaskus, Damascus, Syria

Masjid Agung Damaskus atau Ummayad adalah tergolong salah satu masjid tertua di dunia. Sebelum penaklukan Damaskus oleh tentara Arab tahun 634 M, masjid ini sebelumnya merupakan gereja bernama Basilika St. Yohanes Pembaptis. Tak heran,jika salah satu dari tiga minaret di masjid ini diberi nama Minaret Yesus. Minaret ini dibangun pada abad ke-9 dengan ketinggian 77 meter diatas permukaan tanah.

5. Menara Masjid Al-Azhar, Kairo, Mesir

Menara Masjid Al-Azhar, Kairo, Mesir

Masjid Al-Azhar mulai dibangun tahun 970 M dan waktu itu adalah masjid pertama yang dibangun di kota Kairo. Kini karena saking banyaknya masjid di kota ini, Kairo sering disebut ‘Kota Seribu Menara”.

Salah satu minaret paling indah pada masjid Al-Azhar adalah Minaret Qaitbay yang dibangun pada 1483. Minaret ini terdapat tiga balkon, dua berbentuk segi 8 dan satu berbentuk melingkar.

6. Menara Masjid Hassan II, Cassablanca, Maroko

Menara Masjid Hassan II, Cassablanca, Maroko

Masjid Hassan II adalah salah satu masjid terbesar di Maroko dan masuk dalam kategori masjid terbesar ke-7 di dunia. Minaretnya setinggi 210 meter dimana merupakan minaret tertinggi di dunia. Masjid beserta minaretnya ini tergolong masih baru, karena baru diresmikan di tahun 1993.

7. Menara Masjid Agung Samarra, Samarra, Irak

Menara Masjid Agung Samarra, Samarra, Irak

Masjid Agung Samarra mulai dibangun abad ke-9 dan pada saat itu sempat menjadi pembangunan terbesar di dunia. Minaretnya disebut juga Menara Malwiya dan bentuknya pun sangat unik, yaitu berbentuk spiral dengan ketinggian mencapai 55 meter dan lebarnya 33 meter.

8. Menara Qutub Minar, Delhi, India

Menara Qutub Minar, Delhi, India

Qutub Minar merupakan minaret yang masuk dalam minaret tertinggi di India dengan tinggi 72,5 meter. Untuk mencapai puncaknya, kita harus melewati 379 anak tangga. Minaret ini dibangun pada tahun 1192 dengan bentuk silindris.

Baca juga: Keren Banget, Inilah 10 Alutsista Tercanggih Indonesia Untuk Pengamanan NKRI

9. Menara Khiva, Khiva, Uzbekistan

Menara Khiva, Khiva, Uzbekistan

Kota Khiva yaitu salah satu dari 3 kota Islam yang bersejarah di Asia Tengah. Dua lainnya adalah Bukhara dan Samarkand. Ketiga kota itu bertempat di wilayah yang disebut Uzbekistan.

Uzbekistan dulunya merupakan daerah yang sangat kaya raya, sebab lokasinya yang dilewati oleh rute Jalur Sutra. Di kota tua Khiva ada banyak sekali minaret bergaya Persia yang ditutupi oleh keramik serta batu permata warna-warni.

10. Menara Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi

Menara Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi

Kalau masjid yang satu kaian pasti sudah banyak tahu. Yah Masjid Nabawi di Madinah ini memiliki 10 menara dengan masing-masing tinggi menaranya 105 meter dan pada puncaknya dihiasi dengan bulan sabit emas.

Loading...
Continue Reading
Loading...
Click to comment

RSS Film Terbaru Minggu Ini

RSS Tempat Wisata Terbaru

RSS Tips Sehat

RSS Khasiat

close

RSS Penyakit.co.id


To Top