Connect with us

10 Desain Rumah Adat Kalimantan Tengah, Rumah Betang

Rumah Adat Kalimantan Tengah 2

Properti

10 Desain Rumah Adat Kalimantan Tengah, Rumah Betang

Lihat.co.id – Rumah adat Kalimantan Tengah dinamakan dengan Rumah Betang. Hampir sama dengan Provinsi Kalimantan Barat, rumah adat ini dibangun oleh Suku Dayak. Maka tak heran jika Rumah Panjang dari Kalimantan Barat dan Rumah Betang memiliki kemiripan dari segi konstruksi bangunan dan bentuknya.

Ciri khas dari Suku Dayak adalah sering bertempat tinggal secara berpindah-pindah. Walaupun begitu, dimanapun mereka tinggal, desain Rumah Betang akan selalu sama. Rumah Betang digunakan tidak hanya sebagai tempat tinggal, namun juga pertemuan adat masyarakatnya.

Rumah Adat Kalimantan Tengah 2

Rumah Betang merupakan rumah panggung dengan bentuk yang panjang dan besar. Alasan dari desain bentuk yang seperti itu adalah agar rumahnya terhindar dari banjir. Hal ini karena bangunan rumah Suku Dayak sering dibuat di dekat sungai. Alasan kedua adalah agar penghuni rumah aman dari serangan binatang buas.

Lihat Juga: 10 Desain Rumah Adat Kalimantan Barat, Rumah Panjang

Dan alasan yang paling penting yaitu agar Suku Dayak bisa menghindari serangan musuh dari suku lainnya. Kelebihan bentuk yang besar dan panjang memungkinkan lebih dari 150 orang di dalamnya dengan jumlah keluarga terdiri dari 10 sampai 30 keluarga. Berkumpulnya semua keluarga dalam satu rumah akan lebih memudahkan masyarakatnya untuk saling bekerjasama.

10 Gambar Desain Rumah Adat Kalimantan Tengah, Rumah Betang

Rumah Adat Kalimantan Tengah 1

Rumah Adat Kalimantan Tengah 2

Rumah Adat Kalimantan Tengah 3

Rumah Adat Kalimantan Tengah 4

Rumah Adat Kalimantan Tengah 5

Rumah Adat Kalimantan Tengah 6

Rumah Adat Kalimantan Tengah 7

Rumah Adat Kalimantan Tengah 8

Rumah Adat Kalimantan Tengah 9

Rumah Adat Kalimantan Tengah 10

Filosofi Suku Dayak adalah bekerja keras dari pagi sampai matahari terbenam. Hal ini terdapat pada desain rumah adatnya, Rumah Betang. Ada beberapa ciri-ciri yang khas dari Rumah Betang. Kita akan melihat lebih jauh seberapa uniknya rumah adat dari Kalimantan Tengah ini. Mari kita simak dibawah ini.

5 Ciri Khas Desain Rumah Adat Kalimantan Tengah, Rumah Betang

1. Arah rumah

Bagian hulu rumah selalu menghadap ke timur sedangkan bagian hilir dibangun menghadap ke barat.

2. Tinggi rumah

Ketinggian rumah dari tanah mencapai 3 sampai dengan 5 meter.

3. Material rumah

Bahan bangunan yang digunakan dalam pembuatan Rumah Betang adalah kayu dengan desain pelana yang memanjang pada atapnya.

4. Ukiran

Corak atau motif ukiran pada Rumah Betang terletak pada dinding dan tiang rumah yang mengandung filosofi kehidupan Suku Dayak.

5. Patung

Setiap halaman Rumah Betang akan ditempatkan patung pemujaan atau Totem.

Sementara itu, untuk pembagian ruangan, Rumah Betang memiliki beberapa ruangan yang dibagi menurut fungsi dan kegunaannya. Di bawah ini ada 4 ruangan yang ada di dalam Rumah Betang.

4 Ruangan Yang Ada Di Dalam Rumah Betang.

1. Sado

Area yang ada pada Sado diperuntukkan sebagai sebuah jalan tempat lewat bagi semua orang di dalam rumah. Selain itu, area ini juga bisa digunakkan untuk tempat mengolah hasil panen dan tempat bermusyawarah.

2. Padong

Padong adalah sebuah ruang keluarga yang beukuran 6×4 meter. Dalam setiap keluarga yang tinggal di Rumah Betang memiliki sebuah Padong sebagai ruang makan, berkumpul, dan juga menerima tamu.

3. Bilik

Bilik merupakan sebuah kamar tidur. Ruangan tidur ini tidak dipisahkan dengan papan kayu, melainkan hanya dengan kelambu atau kain saja.

4. Dapur

Lokasi dapur terletak di bagian belakang Rumah Betang. Ruangan ini dimanfaatkan oleh semua keluarga untuk mengolah makanan.

Jadi, Rumah Betang merupakan sebuah rumah adat yang berasal dari Kalimantan Tengah dengan desain yang hampir mirip dengan Rumah Panjang dari Kalimantan Barat. Rumah ini dibangun dengan ukuran yang memanjang dan juga besar, sehingga dapat menampung beberapa keluarga dalam suatu Suku Dayak. Rumah Batang adalah rumah panggung dengan bahan kayu sebagai material pembangun rumah. Suku Dayak sangat percaya akan kerja keras yang bisa memberikan kesejahteraan bagi mereka. Hal ini dapat dilihat dari desain Rumah Betang yang memiliki ciri khas dari filosofi hidup mereka dan dengan pembagian ruangan yang rapi.

Lihat Juga: 10 Desain Rumah Adat Madura, Taneyan Lanjang

Itulah hal-hal yang bisa kami sampaikan tentang desain rumah adat Kalimantan Tengah yaitu Rumah Betang yang mengagumkan. Semoga bisa lebih bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung.

Continue Reading
Loading...
Click to comment

Baca Juga

RSS Khasiat

RSS Film Terbaru Minggu Ini


To Top