in

10 Jenis Olahraga Mengecilkan Perut Buncit dan Menguatkan Otot Dada

Jenis Olahraga Mengecilkan Perut

Lihat.co.id – Perut Buncit banyak diderita oleh orang, terutama kaum laki-laki. Padahal tubuh yang sixpack dan macho adalah dambaan. Makanya banyak orang mencari tahu jenis olahraga mengecilkan perut buncit dan menguatkan otot dadanya. Supaya badan terbentuk sempurna.

Jenis olahraga mengecilkan perut buncit ternyata bisa dilakukan sendiri di rumah. Tanpa bantuan instruktur atau pelatih. Banyak olahraga yang mudah sekali dilakukan, baik oleh perempuan maupun laki-laki. Tentunya olahraganya memang terbukti bisa membuat perut ramping dan dada terbentuk bagaikan atlet dan aktor keren.

Sebelum membahas tentang jenis olahraga mengecilkan perut, mari bahas dulu tentang penyebab perut buncit dan dada sudah “membentuk”. Ternyata inilah penyebabnya:

  • Tubuh terlalu kurus
  • Memiliki penyakit dalam, seperti paru-paru, jantung, ginjal, hati atau kanker
  • Faktor genetik
  • Memiliki jenis otot ectomorph dan mesomorph

Dan di bawah ini adalah uraian lengkap mengenai jenis olahraga mengecilkan perut buncit dan membesarkan dada yang bisa dicoba mulai sekarang juga:

1. Swiss Ball Crunch

Tidak banyak orang yang tahu tentang olahraga ini. Swiss Ball Crunch adalah jenis olahraga mengecilkan perut buncit, menguatkan otot dada, sekaligus membuat punggung dan pinggul jadi lebih lentur dan kuat. Olahraga ini menggunakan sebuah bola elastis sebagai alat bantu.

Di mana bola itu akan dijadikan tumpuan untuk meletakkan punggung dan pinggul dari badan yang sudah berdiri kayang dan terlentang untuk sit-up. Sebaiknya hati-hati kalau melakukan Swiss Ball Crunch. Untuk tahap awal, direkomendasikan buat minta bantuan 1 orang untuk mengawasi atau memegangi bolanya. Biar tidak menggelinding.

Jenis Olahraga Mengecilkan Perut

2. Sit Up

Sit Up bagus sekali dilakukan untuk merampingkan perut. Gerakan Sit Up ini bisa dilakukan sendiri pula sehingga praktis. Jenis olahraga mengecilkan perut buncit ini juga bagus buat menguatkan otot dada, leher, dan pinggang. Sehingga nantinya kalau rutin dilakukan, maka akan memiliki tubuh yang sungguh ideal.

Sebaiknya Sit Up dilakukan secara rutin setiap harinya. Pada 2 sesi, yaitu pagi dan sore. Namun untuk orang yang memiliki jadwal kegiatan super padat, bisa mencobanya kapan saja. Sit Up dilakukan pada saat sempat. asalkan tiap hari. Biar otot perut jadi terbiasa dilatih.

Jenis Olahraga Mengecilkan Perut

3. Back Up

Back Up adalah olahraga yang memiliki gerakan berkebalikan dengan Sit Up. Jenis olahraga mengecilkan perut ini dilakukan dengan cara tubuh menghadap ke lantai (tengkurap). Lalu tubuh diangkat ke atas dengan posisi tangan di kepala. Memang Back Up sangatlah sulit dan berat, tapi efeknya bagus sekali untuk kekuatan dan kelenturan organ tubuh.

Seseorang tidaklah mungkin menguasai Back Up hanya dalam satu kali percobaan. Makanya harus benar-benar rutin melakukannya. Supaya tubuh jadi terbiasa. Sebaiknya kalau melakukan Back Up juga pelan-pelan saja dan jangan memaksakan diri.

Jenis Olahraga Mengecilkan Perut

4. Push Up

Push-Up sangat mudah dilakukan dan merupakan jenis olahraga untuk menguatkan otot dada. Namun Push Up juga bagus sekali untuk mengecilkan perut buncit. Orang yang sering Push-up juga akan memiliki lengan yang bagus sekali, cenderung kuat dan berotot.

Push-Up idealnya dilakukan tiap hari. Jumlahnya tergantung pada kebutuhan. Kalau niatnya untuk membentuk otot, minimal lakukanlah Push-Up sebanyak 100 kali tiap periode olahraga. Kalau dalam sehari olahraganya 2 kali di pagi dan sore, maka Push Up nya jadinya total 200 kali sehari.

Jenis Olahraga Mengecilkan Perut

5. Roll-Up

Roll Up sebenarnya adalah jenis olahraga mengecilkan perut yang tergolong senam lantai. Gerakannya hampir sama dengan roll depan, roll belakang dan sikap lilin. Hanya saja kaki ditekuk lebih ke belakang sekali. Roll-Up bisa dilakukan sendirian di rumah.

Melakukan Rol-Up sebaiknya dilakukan di atas matras yang empuk. Supaya tulang punggung dan pinggang tidak sakit. Selain itu juga menghindari cedera. Karena biar bagaimana pun senam lantai kan memang butuh matras sebagai tumpuan.

Jenis Olahraga Mengecilkan Perut

6. Teaser

Teaser adalah salah satu gerakan dalam Pilates yang memang bertujuan untuk membuat ramping dan gesit tubuh. Jenis olahraga mengecilkan perut ini merupakan 3 serangkaian gerakan Pilates yang terdiri dari Roll-Up yang sudah dijelaskan di atas. Dan nantinya ditambah dengan Criss-Cross.

Sikap melakukan Teaser mudah saja. Hanya dengan duduk posisi duduk membentuk sudut tumpul. Di mana kaki dan tangan agak diangkat ke atas. Meski tampaknya mudah, namun Teaser ini membutuhkan keseimbangan dan kekuatan otot pinggang, pinggul, perut dan punggung.

Jenis Olahraga Mengecilkan Perut

7. Criss-Cross

Criss-Cross menjadi gerakan yang menjadi lanjutan dari Teaser. Gerakan ringan ini bisa menjadi alternatif pula sebagai jenis olahraga mengecilkan perut buncit. Setelah tubuh dalam posisi Teaser. Cobalah untuk lebih merendahkan badan hingga rebahan. Kemudian taroh kedua telapak tangan di samping kepala (dekat telinga) Lalu cobalah angkat kepala dan punggung agak naik.

Pertahankan sikap mengangkat kepala dan punggung itu. Barulah silangkan ujung kaki ke betis membentuk seperti segitiga. Perlu diketahui bahwa Criss-Cross ini ampuh sekali buat melatih otot-otot di bawah tubuh. Termasuk gerakan senam lantai yang aman dilakukan sendirian tanpa pengawasan pelatih senam.

Jenis Olahraga Mengecilkan Perut

Lihat Juga: 10 Cabang Olahraga Paling Populer Sepanjang Masa

8. Senam Aerobik

Senam Aerobik sangat populer di tahun 2000-an. Banyak ibu-ibu dari kita yang telah dewasa awal pasti pernah mengikuti senam ini. Aerobik memang jenis senam yang ditujukan untuk kebugaran sekaligus membentuk tubuh agar seksi.

Sebagai salah satu jenis olahraga mengecilkan perut dan mengencangkan dada. Biasanya Aerobik dilakukan pada pagi hari atau sore hari. Dalam suatu kelompok senam dan dipandu oleh instruktur. Biasanya senam ini lebih banyak dilakukan kaum perempuan.

Jenis Olahraga Mengecilkan Perut

9. Zumba Dance

Namanya memang Zumba Dance, sebuah Tarian Zumba yang diciptakan oleh pelatih senam Aerobik asal Amerika Serikat bernama Alberto Perez. Dia spontan menciptakan gerakan Zumba pada saat dirinya kelupaan tidak membawa kaset Aerobik padahal hendak mengajar. Maka ia pun memutar musik Upbeat dan melakukan gerakan yang ternyata oke juga, bisa buat senam gaya baru.

Zumba Dance tergolong jenis olahraga mengecilkan perut dan membakar kalori. Cocok sekali untuk perempuan yang sedang ingin diet dan punya body bagus. Gerakan dalam Zumba memadukan unsur Fitness dan Dansa sehingga sangat mengasyikkan diikuti tiap irama dan gerakannya.

Jenis Olahraga Mengecilkan Perut

10. Belly Dance

Belly Dance adalah sebuah olahraga yang sebenarnya lahir dari tarian. Ini adalah tarian erotis yang kontroversial. Pasalnya banyak gerakannya dianggap sensual. Pakaian Belly Dance juga cenderung memperlihatkan lekuk tubuh sebagaimana gerakan senam lainnya.

Namun Belly Dance yang dianggap sangat ampuh dalam upaya mengecilkan perut. Misalnya penyanyi Shakira yang seksi itu juga konon mendapatkan bentuk perut sintalnya berkat rajin melakukan Belly Dance. Di Indonesia pun mulai banyak perkumpulan senam atau fitness center yang menawarkan program kebugaran dan diet dengan Belly Dance ini.

Jenis Olahraga Mengecilkan Perut

Demikianlah daftar 10 jenis olahraga mengecilkan perut buncit dan menguatkan otot dada yang bisa dicoba. Untuk memperoleh hasil maksimal, sebaiknya latihannya dilakukan secara rutin. Dan kalau sudah mendapatkan hasil yang diinginkan janganlah berhenti.

Loading...
Kumpulan Makanan Sehat

15 Kumpulan Makanan Sehat yang Terbaik untuk Tubuh