Connect with us

Tak Perlu Obat-obatan, Inilah 5 Makanan Yang Ampuh Turunkan Kolesterol

5-makanan-yang-ampuh-turunkan-kolesterol

Kesehatan

Tak Perlu Obat-obatan, Inilah 5 Makanan Yang Ampuh Turunkan Kolesterol

Loading...

Lihat.co.id – Dewasa ini makin banyak masalah kesehatan yang dipicu oleh penumpukan Kolesterol jahat dalam tubuh. Banyak cara yang dilakukan oleh pasien untuk turunkan kolesterol baik secara kedokteran, terapi maupun pengobatan herbal.

Kolesterol sendiri merupakan jenis lemak yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun dinding sel. Namun, tak semua kolesterol baik bagi tubuhh.Kolesterol LDL atau seringkali disebut sebagai kolesterol jahat merupakan jenis kolesterol yang harus diwaspadai. Jika LDL dalam darah meningkat, makan Anda harus segera mengkonsumsi obat herbal penurun kolesterol agara tak terjadi masalah kesehatan yang lebih serius.

Jika dibiarkan terlalu menumpuk, LDL dalam darah akan memicu penyakit stroke dan serangan jantung koroner. Kolesterol jahat juga dapat menempel pada pembuluh darah sehingga menimbulkan plak atau pengerasan arteri.

5 Obat Herbal Yang Ampuh Turunkan Kolesterol

Bawang Putih

Bawang Putih Obat Turunkan Kolesterol

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang memiliki rasa dan bau menyengat. Tak ada yang menyangka sebelumnya bahwa bawang putih mengandung senyawa penting yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Namun, peneltian menunjukkan bahwa konsumsi bawang putih dalam bentuk apapun dapat menurunkan kadar kolesterol 4 hingga 6%.

Jika ingin kolesterol turun dengan cepat, Anda bisa mengkonsumsi bawang mentah 2 siung setiap harinya. Namun, pengobatan dengan cara ini bukan berarti tanpa efek samping. Mengkonsumsi bawang putih dapat menimbulkan bau mulut dan juga rasa panas pada perut.

Selain dapat digunakan sebagi obat herbal penurun kolesterol,bawang putih juga dapat digunakan untuk diet, antiseptic dan mengobati peradangan.

Minyak Zaitun

Minyak Zaitun Obat Turunkan Kolesterol

Obat herbal penurun kolesterol selanjutnya adalah minyak zaitun. Kandungan asam oleat dlam minyak zaitun mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Uniknya, asam oleat tak akan berdampak pada kolesterol baik (HDL).

Cara yang benar mengkonsumsi minyak zaitun adalah dengan menambahkanya pada makanan. Anda bisa menambahkan minyak zaitun sebagai bahan tambahan masakan atau bisa juga mencampurnya dengan sald buah.

Makanan berserat

Makanan Berserat Obat Turunkan Kolesterol

Kandungan serat dalam makanan dapat membantu meluruhkan kolesterol dalam tubuh. Hal ini dikarenakan serat dalam makanan akan menghalangi penyerapan kolesterol. Sebaliknya, kolesterol akan diikat dan dibuang bersama feses.

Adapun makanan berserat yang dapat diguakan sebagai obat herbal penurun kolesterol antara lain: kacang polong, kacang panjang, brokoli dan aneka sayuran hijau. Konsumsi 5 sampai 10 gram sayuran berserat setiap hari telah terbukti menurunkan kadar kolesterol hingga 5%.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan Obat Turunkan Kolesterol

Banyak orang yang mengira bahwa mengkonsumsi kacang-kacangan dapat meningkatkan kolesterol. Anggapan seperti ini tak sepenuhnya benar karena beberapa jenis kacang-kacangan  seperti kacang almond, mede dan kenari justru dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Teh hijau

Teh Hijau Obat Turunkan Kolesterol

Obat herbal yang ampuh untuk turunkan kolesterol yang terakhir adalah teh hijau. Mengkonsumsi teh hijau secara rutin terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 4,5%.  Selain itu, teh hijau juga dapt melancarakan pencernaan dan berfungsi sebagai antioksidan alami tubuh. Namun, Anda tak boleh mengkonsumsi teh hijau dalam keadaan perut kosong.

Itulah beberapa jenis bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat herbal penurun kolesterol. Semoga informasi di atas bermanfaat dan dapat membantu Anda memiliki tubuh yang sehat.

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kesehatan

Kesehatan

ikan tuna, manfaat ikan tuna, khasiat ikan tuna
ikan teri, manfaat ikan teri, Khasiat ikan teri
ikan tenggiri, manfaat ikan tenggiri, khasiat ikan tenggiri
Manfaat Mandi Air Hangat
5 Manfaat Bawang Bombay
5-makanan-yang-ampuh-turunkan-kolesterol
Bahaya Tidur Mendengkur

RSS Khasiat

RSS TV Online

To Top