Connect with us

31 Penyebab Perut Buncit yang Jarang Diketahui Orang

Penyebab Perut Buncit, Cara Mengatasi Perut Buncit, Penyakit Perut Buncit

Kesehatan

31 Penyebab Perut Buncit yang Jarang Diketahui Orang

Lihat.co.id – Perut Buncit merupakan kondisi perut membesar penuh dengan lemak. Namun tidak semua perut buncit berisi lemak, kadang-kadang buncitnya perut juga menjadi tanda dari suatu gangguan kesehatan, seperti: kembung, kista, atau gangguan liver. Tidak ada satu pun orang di dunia ini yang suka dengan perut buncit. Maka semuanya berbondong-bondong mempelajari, apa sebenarnya penyebab perut buncit?

Mencari tahu penyebab perut buncit mudah saja. Begini beberapa caranya:

  • Analisis berat badan. Kondisi perut akan setara dengan berat badan kita. Kalau orangnya gemuk, ya perutnya cenderung buncit.
  • Apakah habis makan atau minum banyak? Orang yang banyak makan dan minum akan mengalami buncit perut beberapa saat.
  • Ketuklah perut dengan telapak tangan secara ringan. Jika bunyi “bum bum bum”, itu kemungkinan besar kembung.
  • Tekanlah perut dengan 3 jari di beberapa titik secara menyeluruh. Jika merasakan sakit atau nyeri. Kemungkinan ada gangguan organ dalam. Untuk memastikan apa, sebaiknya konsultasi ke dokter dan rontgen perut (bisa pakai USG).
  • Amatilah kulit perut. Jika keluar uratnya memerah seperti jaring laba-laba dan warna kulit menguning atau memudar. Patutlah curiga ini gangguan liver. Sebaiknya segera tes darah dan fungsi hati. Takutnya kanker hati.
  • Kondisi perut buncit yang bergelambir isi daging. Itu biasanya adalah buncit lemak alias mengalami kegemukan.

Penyebab Perut Buncit, Cara Mengatasi Perut Buncit, Penyakit Perut Buncit

Setelah tahu cara-cara di atas, ada baiknya juga memahami berbagai 25 penyebab perut buncit yang lainnya di bawah ini:

1. Kurang Olahraga

Penyebab perut buncit yang paling banyak terjadi adalah karena kurang olahraga. Memang olahraga sangatlah sulit dilakukan, apalagi oleh mereka yang bekerja tiap harinya. Berangkat jam 6 pagi, pulang jam 6 sore. Bagaimana punya waktu untuk olahraga?

2. Mengalami Obesitas

Selanjutnya, penyebab perut buncit juga dikarenakan obesitas. Kelebihan berat badan akan selalu menimbulkan pembesaran bagian tubuh, seperti perut, paha dan lengan. Kalau lemaknya tertimbun di perut, jadilah buncit.

3. Bersikap Malas-Malasan dan Kurang Gerak

Orang yang hidupnya selalu malas dan jarang gerak sangat rentan mengalami perut buncit. Penyebab perut buncit ini bisa menimpa lelaki maupun perempuan. Biasanya paling rentan di atas umur 27 tahun.

4. Banyak Tidur “Ngebo”

Tidur “ngebo” adalah penyebab perut buncit yang jarang diketahui orang. Istilah tidur ngebo artinya adalah tidur yang tidak mengenal waktu dan tempat. Di mana saja dan kapan saja, enak-enak aja tidur. Ini yang ada bikin perut menggembung buncit.

5. Kurang Makan Buah dan Sayuran

Kurang makan buah dan sayuran bisa menjadi penyebab perut buncit. Buah dan sayuran itu kan kaya serat. Bagus untuk sistem pencernaan, sehingga usus mampu menyerap sari-sari makanan dengan baik. Dan otot perut juga bergerak dengan lincah.

6. Terlalu Banyak Konsumsi Gula

Wah, ternyata ada hubungan antara konsumsi gula dengan penyebab perut buncit. Gula adalah komponen pembentuk trigliserida, yaitu salah satu jenis lemak yang banyak tertimbun dalam pembuluh darah.  Trigliserida inilah yang bakal meningkatkan resiko diabetes dan obesitas.

7. Tingginya Nilai SGOT dan SGPT

SGOT dan SGPT adalah enzim yang dikeluarkan organ tubuh manusia, terutama hati. Yang mana enzim ini akan keluar banyak, ketika hati merasakan sakit. Nilai SGPT dan SGOT tinggi pada orang yang mengidap penyakit dalam.

8. Mengalami Gangguan Jantung

Ternyata orang yang punya gangguan jantung juga akan memiliki perut buncit. Penyebab perut buncit karena jantung ini dikarenakan gangguan metabolisme energi dan darah yang terjadi. Sehingga organ perut kurang mampu bergerak dengan baik, yang ada malah jadi buncit.

9. Stres Berkepanjangan

Ternyata stress berkepanjangan juga menjadi penyebab perut buncit. Orang yang stress biasanya jadi malas ngapa-ngapain. Sukanya tiduran dan makan. Jarang olahraga dan selalu sedih. Ini lama-lama tubuh bisa membengkak, tidak hanya perut.

10. Terlalu Banyak Makan

Ya sudah tentu terlalu banyak makan adalah faktor besar penyebab perut buncit. Orang kalau makan harusnya secukupnya saja. Asalkan kenyang.

Lihat Juga: 20 Olahraga Mengecilkan Perut Mudah Dilakukan, Alami dan Cepat

11. Terlalu Banyak Minum Jadi Penyebab Perut Buncit

Selain itu, banyak minum pun akan menyebabkan perut buncit. Kembung di perut, itulah yang bikin perut pada akhirnya menggembung isi air.

12. Senang Makan Berminyak dan Goreng-Gorengan

Penyebab perut buncit adalah suka makan berminyak seperti gorengan. Bagaimana tidak buncit, kalau perut isinya lemak jahat LDL semua? Untuk mengatasinya, mesti membakar lemak itu, dengan cara sering olahraga latih perut, seperti Sit Up.

13. Kelebihan Karbohidrat

Karbohidrat akan diproses menjadi glukosa. Dan glukosa akan menjadi energi/kalori. Kelebihan dari karbohidrat yang tidak diproses ini akan menjadi timbunan lemak. Salah satunya jadi penyebab perut buncit (akan terjadi lemak perut).

14. Melakukan Hubungan Seksual Jadi Penyebab Perut Buncit

Melakukan hubungan seks ternyata bisa menyebabkan seseorang jadi buncit. Lihat saja mereka yang sudah kawin, pastilah perutnya jadi membuncit.

15. Gangguan Metabolisme Tubuh

Gangguan metabolisme tubuh akan menyebabkan perut buncit pula. Karena tubuh gagal membakar lemak dengan baik, sehingga lemak tertimbun di mana-mana.

16. Mempunyai Kista di Organ Dalam Perut

Kista di organ dalam perut juga adalah faktor penyebab kenapa perut seseorang jadi buncit.  Jaringan kista ini  merupakan semacam tumor atau jaringan abnormal yang tumbuh. Kista perut menyebabkan perut seseorang seperti sedang hamil.

17. Gangguan Ginjal

Orang yang memiliki gangguan ginjal juga akan memiliki perut yang buncit. Air tidak mampu dikeluarkan dengan baik. Darah tidak mampu menyaring kotoran dengan baik. Semua akan menimbulkan peradangan di mana-mana karena sumbatan kotoran. Termasuk di perut.

18. Terkena Gangguan Lambung

Gangguan lambung biasanya menimbulkan kembung. Lambung yang bermasalah biasanya disebabkan karena tingginya asam lambung. Kenaikan asam lambung ini terkadang mengiritasi organ hati. Kalau hati rusak, biasanya jadi buncit.

19. Terlalu Sering Duduk Jadi Penyebab Perut Buncit

Terlalu sering duduk bisa menjadi penyebab perut buncit. Makanya untuk para pekerja yang lebih banyak duduk, sebaiknya sering-seringnya berdiri dan berjalan.

20. Banyak Minum Susu

Wah, ini juga menjadi penyebab perut buncit. Minum susu… Coba perhatikan adik-adik balita kita! Mereka yang minum susunya kuat. Biasanya jadi gembul perutnya.

21. Gangguan Hormon dan Kelenjar

Gangguan hormon rasa senang dan kelenjar tiroid biasanya sangat mempengaruhi berat badan, termasuk penyakit kegemukan dan perut buncit ini. Sebaiknya konsultasi ke dokter penyakit dalam dan ahli gizi.

22. Mengalami Masuk Angin

Sudahlah pasti masuk angin pantas dimasukkan jadi penyebab perut buncit. Masuk angin itu terjadi karena terperangkapnya gas di dalam perut. Jadinya perutnya membuncit. Kalau sudah bisa kentut, biasanya sembuh.

23. Terkena Penyakit Kuning atau Hepatitis

Penyakit Kuning atau Hepatitis juga menjadi penyebab perut buncit. Orang yang kena gangguan hati macam ini memang perutnya pasti membesar.

24. Mengidap Kanker Kolon

Orang yang kena kanker kolon juga akan memiliki perut yang buncit. Sebagai efek dari radang ususnya.

25. Bertambahnya Usia Jadi Penyebab Perut Buncit

Semakin tua seseorang, makin buncitlah perutnya. Coba dilihat! Mereka yang udah tua, perutnya akan semakin buncit, lalu turun kendur.

Itulah 31 penyebab perut buncit yang jarang diketahui orang! Dengan mengetahui berbagai penyebab di atas, diharapkan kita jadi lebih waspada dan santai dalam menangani perut buncit. Enjoy aja! Kalau mau olahraga, perut pasti susut.

Loading...
Continue Reading
Loading...
Click to comment

RSS Film Terbaru Minggu Ini

RSS Tempat Wisata Terbaru

RSS Tips Sehat

RSS Khasiat

close

RSS Unknown Feed


To Top