in

18 Obat Sakit Gigi di Apotik yang Manjur Banget, Langsung Sembuh!

Obat Sakit Gigi Apotik, Gigi Berlubang, Sakit Gigi

Lihat.co.id – Sakit Gigi itu sensasi rasa nyeri di gigi. Biasanya terjadi karena gigi berlubang atau patah. Terjadinya sakit gigi disebabkan karena syaraf gigi yang terinfeksi. Sebenarnya proses sebuah gigi terasa sakit itu lama. Karena lapisan gigi itu banyak. Mulai dari paling luar disebut email. Bagian tengah disebut dentin. Dan bagian terdalam, tempat di mana syaraf-syaraf berada, itu namanya pulpa. Kalau sudah mencapai dentin dan pulpa lubangnya. Biasanya akan sangat nyeri dan butuh segera minum obat sakit gigi. Supaya nyerinya berkurang.

Gigi yang sakit sangat mengganggu aktivitas karena berasa sangat nyeri. Ada ungkapan bahwa lebih baik sakit hati daripada sakit gigi. Itu memang benar. Karena sekalinya gigi kita terasa sakit, itu nggak akan pernah bisa fokus menjalani hidup karena terus-menerus menahan rasa sakit. Orang yang sedang sakit gigi juga bakalan kehilangan nafsu makan, malas bicara dan inginnya marah-marah. Dan mereka pun jadi sibuk mencari obat sakit gigi apa yang cocok diminum.

Obat Sakit Gigi adalah jenis obat yang paling banyak dicari oleh manusia. Karena sakit gigi menjadi jenis sakit ringan yang ternyata kasusnya sangat banyak. Diperkirakan ribuan orang mengalami sakit gigi tiap harinya. Poli klinik dan tempat praktek dokter gigi selalu ramai dikunjungi. Tapi tahukah bahwa untuk mengobati sakit gigi itu tidak bisa instan. Fungsi obat hanya untuk mengurangi rasa nyeri, peradangan dan infeksi.

Obat Sakit Gigi Apotik, Gigi Berlubang, Sakit Gigi

Selama syaraf gigi masih membusuk dalam ruang pulpa. Maka gigi akan selalu sakit. Meski sudah minum obat sakit gigi sebulan full pun kalau pulpa dan syaraf sudah infeksi, maka takkan pernah sembuh. Untuk itu perlu dilakukan prosedur Root Canal Treatment, yaitu Perawatan Saluran Akar Gigi.

10 Tahapan Perawatan Saluran Akar Gigi untuk Mengobati Gigi Berlubang:

  1. Gigi akan dibersihkan bagian luar dan bagian dalam gigi. Biasanya ini akan menimbulkan sensasi nyeri. Apalagi kalau lubangnya sudah dalam.
  2. Dokter akan membuang (mem-bur) jaringan gigi yang rusak. Biasanya kalau gigi berlubang kan jadi ada yang rusak. Hitam-hitam atau coklat, ini akan dibuang.
  3. Kemudian dokter akan melubangi gigi dengan alat bur hingga mampu mengakses ruang pulpa. Ini akan sangat nyeri kalau seandainya giginya memang sedang sakit. Makanya biasanya sebelum tahapan mem-bur ini, pasien akan dimatikan dulu syarafnya dengan memasukkan obat sakit gigi selama 3 hingga 7 hari. Supaya sakitnya berkurang bahkan hilang.
  4. Jika sudah dibur. Kemudian dokter akan menyusuri rongga pulpa dengan sebuah jarum bernama jarum file. Ukuran jarumnya berbeda-beda. Dan bentuknya kecil, ada semacam gerigi spiral di ujungnya. Jarum file ini fungsinya untuk mengangkat pulpa (syaraf gigi) yang bentuknya seperti cacing itu.
  5. Jika saluran pulpa sudah bersih. Lalu dokter akan memasukkan gutta percha. Ini adalah bahan isian yang akan menutup ruang pulpa, supaya tidak terkontaminasi bakteri lagi setelah di-bur dan disterilkan tadi.
  6. Gutta percha ini terbuat dari getah percha. Bentuknya kalau sudah dijadikan Guttap untuk menambal gigi seperti lidi-lidi pendek warna pink. Kalau dilaser/dipanaskan akan meleleh mengisi ruang pulpa yang kosong.
  7. Jika sudah selesai dengan gutta percha. Kemudian akan dibangun Artificial mahkota gigi. Atau mahkota gigi tiruan. Bisa dengan tambalan langsung pakai akrilik. Atau bisa pula dengan crown.
  8. Selesai proses menambal. Biasanya dokter juga akan melarang pasien buat makan selama 2 jam-an ke depan. Hingga bahan tambalan mengeras sempurna.
  9. Pasien diwajibkan kontrol bilamana setelah menambal ternyata masih sakit. Kalau masih sakit begini, artinya tambalan bocor. Atau syaraf gigi belum terangkat sempurna.
  10. Bila demikian, maka akan dilakukan proses perawatan saluran akar gigi ulang. Dan tambalan pun diulang.

Karena panjangnya proses perawatan saluran akar untuk mengobati sakit gigi. Maka banyak orang malas buat ke dokter gigi ikuti prosedur medis ini. Kalaupun ke dokter, malah pada akhirnya meminta buat dicabut saja. Padahal gigi itu sebaiknya dipertahankan, bilamana masih bisa dipertahankan. Pasalnya, sekalinya ada gigi yang dicabut, tapi tidak dipasang gigi palsu, nanti bisa menimbulkan gusi turun dan gigi jadi berpindah-pindah tempat.

Obat Sakit Gigi Apotik, Gigi Berlubang, Sakit Gigi

Lihat Juga:

Nah, untuk obat sakit gigi sendiri. Ternyata ada banyak sekali loh. Namun secara garis besar, obat sakit gigi itu hanya terdiri dari kombinasi 3 jenis, yaitu:

  • Obat Sakit Gigi Analgesik: untuk mengurangi dan menghilangkan rasa nyeri. Contohnya: Paracetamol.
  • Obat Sakit Gigi Anti-Inflamasi: untuk mengatasi dan menghentikan peradangan. Contohnya: Asam Mefenamat.
  • Obat Sakit Gigi Antibiotik: untuk mencegah dan mengobati infeksi. Contohnya: Amoxicillin.

 

Daftar Obat Sakit Gigi yang Bisa Dibeli Bebas di Apotik

Ada banyak merek-merek obat sakit gigi yang sangat ampuh dan cocok untuk diminum disaat sakit gigi melanda. Ini sudah terbukti ampuh dan banyak testimoninya. Namun masing-masing orang punya obat sakit gigi tersendiri yang cocok pastinya.

Nama Obat Sakit Gigi / Merek Obat Sakit Gigi Jenis Obat Sakit Gigi Dosis Obat Sakit Gigi Harga Obat Sakit Gigi Kontra Indikasi Obat Sakit Gigi
Paracetamol 500 mg Analgesik 3 x 1 Rp2000/strip Tidak begitu manjur pada kasus sakit gigi yang sangat parah. Hati-hati pada pengguna dengan gangguan lambung, liver, jantung dan alergi paracetamol
Asam Mefenamat 500 mg Analgesik dan Anti Inflamasi (anti peradangan) 3 x 1 Rp2000/strip Penderita gangguan lambung seperti maag kronis dan GERD dilarang minum. Dapat menyebabkan kerusakan hati bila dikonsumsi lebih dari 3 hari dan melebihi dosis.
Natrium Diklofenak 50 mg Anti Inflamasi, Analgesik 3 x 1 Rp4000/strip Obat Sakit Gigi ini termasuk golongan NSAID. Hati-hati pada penderita gangguan lambung, jantung, ginjal dan hati.
Kalium Diklofenak 50 mg Anti Inflamasi, Analgesik 3 x 1 Rp5000/strip Obat Sakit Gigi ini termasuk golongan NSAID. Hati-hati pada penderita gangguan lambung, jantung, ginjal dan hati.
Amoxicillin 500 mg Antibiotik 3 x 1 Rp9000/strip Jangan digunakan jangka panjang. Harus dengan resep dokter. Ini adalah antibiotik, maka cenderung harus dihabiskan sesuai anjuran dokter.
Ponstan 500 mg Analgesik dan Anti Inflamasi (anti peradangan) 3 x 1 Rp3200/strip Penderita gangguan lambung seperti maag kronis dan GERD dilarang minum. Dapat menyebabkan kerusakan hati bila dikonsumsi lebih dari 3 hari dan melebihi dosis.
Cataflam 50 mg Anti Inflamasi, Analgesik 3 x 1 Rp7500/tablet Obat Sakit Gigi ini termasuk golongan NSAID. Hati-hati pada penderita gangguan lambung, jantung, ginjal dan hati.
Mefinal 500 mg Analgesik dan Anti Inflamasi (anti peradangan) 3 x 1 Rp1800/tablet Penderita gangguan lambung seperti maag kronis dan GERD dilarang minum. Dapat menyebabkan kerusakan hati bila dikonsumsi lebih dari 3 hari dan melebihi dosis.
Dexamethasone 0,5 mg Anti Inflamasi 3 x 1 Rp300/tablet Obat Sakit Gigi ini termasuk golongan NSAID. Hati-hati pada penderita gangguan lambung, jantung, ginjal dan hati.
Antalgin 500 mg Anti Inflamasi, Analgesik 3 x 1 Rp350/tablet Penderita gangguan lambung seperti maag kronis dan GERD dilarang minum. Dapat menyebabkan kerusakan hati bila dikonsumsi lebih dari 3 hari dan melebihi dosis.
Clyndamycin 300 mg Antibiotik 3 x 1 Rp6000/strip Sebaiknya dengan resep dokter
Voltadex 50 mg Analgesik dan Anti Inflamasi 3 x 1 Rp700/tablet Obat Sakit Gigi ini termasuk golongan NSAID. Hati-hati pada penderita gangguan lambung, jantung, ginjal dan hati.
Anastan 250 mg Analgesik dan Anti Inflamasi 3 x 1 Rp400/tablet Penderita gangguan lambung seperti maag kronis dan GERD dilarang minum. Dapat menyebabkan kerusakan hati bila dikonsumsi lebih dari 3 hari dan melebihi dosis.
Dentasol 10 ml Analgesik 3 x 1 Rp8500/botol Obat Sakit Gigi ini termasuk golongan NSAID. Hati-hati pada penderita gangguan lambung, jantung, ginjal dan hati.
Obat Sakit Gigi Cap Burung Kakak Tua Analgesik 3 x 1 Rp11.000/botol Hati-hati mengandung alkohol
Fenamin 500 mg Anti Inflamasi dan Analgesik 3 x 1 Rp4000/strip Penderita gangguan lambung seperti maag kronis dan GERD dilarang minum. Dapat menyebabkan kerusakan hati bila dikonsumsi lebih dari 3 hari dan melebihi dosis.
Q n C Jelly Gamat Analgesik dan Anti Inflamasi 3 x 1 Rp155.000/botol Selalu bacalah aturan pakai. Jangan melebihi dosis.
Ibuprofen 200 mg Analgesik 3 x 1 Rp300/tablet Obat Sakit Gigi ini termasuk golongan NSAID. Hati-hati pada penderita gangguan lambung, jantung, ginjal dan hati.
Loading...
Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Besar dengan Bahan Alami dan Es Batu

30 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Besar, dengan Es Batu dan Bahan Alami Lain

cara memutihkan wajah, Daftar Krim Pemutih Aman BPOM

21 Cara Memutihkan Kulit dengan Pemutih Aman yang Lolos BPOM