Connect with us

20 Cara Alami Menurunkan Berat Badan Dengan Mudah dan Cepat

Cara

20 Cara Alami Menurunkan Berat Badan Dengan Mudah dan Cepat

20 Cara Alami Menurunkan Berat Badan Dengan Mudah dan Cepat

Menurunkan berat badan bagi sebagian orang bukanlah hal yang mudah. Butuh kerja keras, kesabaran dan bisa menjaga nafsu makan dengan baik. Obesitas sudah menjadi masalah umum yang sangat dikhawatirkan baik oleh pria maupun wanita. Fakta juga mengatakan kalau obesitas merupakan sumber dari suatu penyakit.

Menjalankan pola hidup sehat setiap hari merupakan cara menurunkan berat badan yang sehat. Makan dengan aturan yang tepat bisa mmebantu tubuh tetap sehat dan kuat. Bukan hanya memperoleh gizi yang cukup, pola makan sehat bisa membuat tubuh mengatur kinerja organ-organnya dengan baik.

Perlu Anda ketahui, maka itu bukan hanya memenuhi kebutuhan gizi saja, melainkan juga menyeimbangkan nutrisi yang ada di dalam tubuh. Hal ini berarti saat mengkonsumsi makanan harus ada karbohidrat, vitamin, mineral, asupan air dan nutrisi penting lainnya. Kebanyakan dari kita mengkonsumsi makanan yang disukai saja.

Jika suka makanan manis, maka yang dimakan ya makanan manis. Mengkonsumsi makanan manis bisa menyebabkan gula darah tinggi dan kenaikan berat badan. Salah satu penyebab obesitas adalah metabolisme tubuh tidak berjalan dengan lancar. Selain itu rasa cemas dan rasa lapar, terkadang membuat kita sulit mengontrol asupan makanan ke dalam tubuh.

Bagi Anda yang sedang bingung dan mencari cara alami menurunkan berat badan, simak ulasan kami berikut ini!

Inilah Cara Alami Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

Sebelum membahas cara menurunkan berat badan yang sehat, sebaiknya patuhi dulu pola makan berikut ini :

1. Minumlah sebelum makan

Mulai sekarang, terapkan kebiasaan minum sebelum makan. Jika tubuh mengasup cairan terlebih dahulu sebelum makan, tentu akan membuat perut terasa kenyang. Sehingga porsi makan menjadi berkurang dan perut tidak akan bisa menampung banyak makanan lagi.

2. Tentukan sasaran yang realistis

Berikan patokan dalam kiat menurunkan berat badan dengan cepat, tapi yang masuk akal. Sebagai contoh, pada bulan pertama Anda harus bisa turun 2-3 kg, bukannya sampai 10-15 kg. Semakin realistis sasaran Anda, maka motivasi diri akan lebih kuat. Terlebih lagi jika sudah berhasil menjangkau sasaran tersebut, pasti tambah semangat.

3. Gunakan ukuran piring yang kecil

Dengan menggunakan ukuran piring yang kecil saat makan besar bisa menyurutkan keinginan untuk makan. Daripada mengkonsumsi makanan sehari 3 kali dengan prosi besar, lebih baik makan 5-6 kali dengan prosi kecil. Apabila saat makan masih lapar, sebaiknya tunggu hingga 20 menit, baru makan lagi. Langkah ini merupakan cara efektif menurunkan berat badan.

4. Berbagi makanan

Apabila perut sudah terasa kenyang, tapi masih ada banyak makanan, maka sebaiknya disimpan saja. Bagikan ke teman atau saudara yang membutuhkannya. Hal ini akan membantu Anda dalam menurunkan berat badan secara alami.

5. Tidur yang cukup

Setiap hari tubuh, butuh waktu istirahat tidur sebanyak 7 jam. Tidur merupakan cara tubuh untuk mengembalikan dan menyimpan energi untuk keesokan harinya, sehingga membuat tubuh nampak segar. Apabila tubuh kurang tidur, metabolisme terganggu dan semunya sistem dalam tubuh bermasalah.

Kemudian, kekebalan tubuh berkurang dan akhirnyamudah terserang penyakit. Tidur yang cukup merupakan cara menurunkan berat badan yang sehat.

Langkah-langkah untuk menurunkan berat badan yang sehat

1. Catatlah status tubuh

Sebelum melakukan cara tradisional menurunkan berat badan, catat dulu status tubuh Anda. Mulai dari lingkar dada, pinggang, paha dan lingkar lengan. Kemudian, timbang berat badan dan sebisa mungkin mengetahui berapa persen kadar lemak di dalam tubuh. hal ini sangat penting untuk mengevaluasi kemajuan dan kekurangan dalam usaha Anda untuk langsing.

2. Mulailah berolahraga secara rutin

Seringan apapun jenis olahraganya itu lebih baik daripada tidur. Selain melakukan cara menurunkan berat badan secara alami, Anda juga perlu berolahraga secara rutin. Usahakan waktu sekitar 30 menit di pagi hari atau sore hari. Jika merasa masih kurang lakukanlah di kedua waktu tersebut.

Hanya jalan cepat, jogging, senam atau yoga sudah bisa membantu Anda dalam mendapatkan tubuh yang ideal dan sehat. Kalau masih bingung dan tidak tahu cara berolahraga dengan baik, lihatlah video-video olahraga.

3. Perhatikan asupan makanan Anda

Memperhatikan asupan makanan adalah cara efektif menurunkan berat badan. Sebagian besar orang berdiet dengan mengurangi asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. padahal yang seharusnya adalah mengurangi asupan kalori. Apabila kadar kalori yang masuk ke dalam tubuh biasanya 2500 perhari, maka mulai sekarang dikurangi menjadi 2000 kalori saja.

Jangan langsung drastis mengurangi asupan kalori misalnya dari 2500 kalori setiap hari menjadi 1000 kalori setiap hari. Kondisi ini bisa membuat tubuh mengalami kekurangan gizi sehingga menilak untuk membakar lemak.

4. Makanlah lebih sering dengan porsi sedikit

Seperti yang telah diulas diatas, lebih baik tubuh mendapatkan asupan makanan lebih sering dengan porsi sedikit daripada jarang mengasup makanan tapi sekali makan porsinya besar. Cara alami menurunkan berat badan yang sehat adalah makan 5-6 kali sehari dengan porsi yang lebih kecil. Jika makan masih lapar, tunggu 20 menit baru makan lagi.

11 Cara Menurunkan Berat Badan Lainnya

  1. Kurangi makanan bersoda
  2. Menghindari makanan cepat saji
  3. Ganti nasi putih dengan nasi merah
  4. Kurangi makanan yang digoreng
  5. Kunyah makanan sampai 35 kali
  6. Jangan makan tengah malam
  7. Biasakan jangan tidur setelah makan
  8. Berpuasalah
  9. Hindari diet ekstrim karena bisa sakit nantinya
  10. Kurangi asupan kafein
  11. Jauhi alkohol

Lihat juga : WOW, Cara Menurunkan Berat Badan 7 Kg Dalam Seminggu

Sebenarnya masih banyak lagi cara alami menurunkan berat badan yang sehat, nantikan info dari kami selanjutnya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan membantu Anda dalam mengatasi obesitas.

Continue Reading
Loading...
Click to comment

Baca Juga

RSS Khasiat

RSS Film Terbaru Minggu Ini


To Top