in

15 Manfaat Ikan Tuna UntuK Kesehatan

ikan tuna, manfaat ikan tuna, khasiat ikan tuna

Lihat.co.id – Siapa yang tidak mengenal ikan tuna? Ikan tuna merupakan salah satu jenis ikan laut yang memiliki banyak nutrisi didalamnya. Tuna memiliki beberapa jenis seperti Mandidihang / yellowfin (Thunus Alalunga) dan sirip biru (Thunus Thynnus).

ikan tuna, manfaat ikan tuna, khasiat ikan tuna

Nilai gizi pada ikan tuna sangat tinggi, dan ikan ini juga sudah banyak dikenal memiliki beragam manfaat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Nah bagi anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat ikan tuna, berikut beberapa penjelasan mengenai kandungan gizi serta manfaat ikan tuna dalam kehidupan sehari-hari.

Kandungan Gizi Ikan Tuna

Ikan tuna memiliki banyak kandungan  nutrisi didalamnya seperti kalori, protein, Amino Acid, karbohidrat, vitamin, lemak, mineral, asam lemak & omega-3 dan masih banyak lainnya. Kandungan protein didalam ikan tuna dua kali lipat dari protein yang terdapat pada telur. Ikan tuna memiliki kandungan protein yang tinggi serta rendah lemak. Kandungan protein dalam ikan tuna sekitar 22,6 – 26,2 gram setiap 100 gram daging tuna.

Kadar protein daging putih ikan tuna lebih tinggi dibandingan dengan daging merahnya. Daging merah ikan dapat ditemukan di sepanjang bagian bawah kulit tubuh ikan. Daging merahnya memiliki kandungan mioglobin yang tinggi. Sedangkan untuk daging putihnya mengandung jenis-jenis protein yang memiliki kualitas yang tinggi.

Ikan tuna merupakan sumber protein, niacin, selenium dan triptofan. Selain itu, ikan tuna juga kaya akan kandungan fosfor, kalium , magnesium, tiamin, dan vitamin B6.

15 Manfaat Ikan Tuna Buat Kesehatan :

Karena banyaknya kandungan nutrisi didalam ikan tuna, maka banyak manfaat yang dapat anda peroleh dari mengkonsumsi jenis ikan laut ini. Beberapa manfaatnya adalah:

1. Sumber protein tubuh

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kandungan protein ynag terkandung didalam ikan tuna sangatlah tinggi. Kandungan protein ini dapat membantu menjaga otot-otot didalam tubuh anda agar tetap kuat. Selain itu, protein juga sangat baik bagi darah, kulit, rambut dan masih banyak lainnya.

2. Mencegah gejala stroke

Manfaat ikan tuna lainnya adalah dapat menghindari gejala ataupun resiko terkena stroke. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang rutin mengkonsumsi ikan tuna 1-4 porsi dalam pola makan sehari-hari maka memiliki resiko 27% lebih rendah terkena stroke iskemik. Lima porsi bahkan lebih setiap minggunya dapat mengurangi resiko stroke hingga 30 persen.

3. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan omega-3 dalam ikan tuna mampu meningkatkan kosentrasi HDL atau kolestrol baik didalam tubuh anda. Dengan peningkatan HDl ini maka dapat menekan terjadinya pembekuan darah dan menjaga detak jantung anda.

Tiga porsi daging tuna segar mengandung sekitar 89 miligram asam docosahexaenoic atau DHA dan 13 miligram asam eicosapentaenoic atau EPA yang berfungsi untuk menurunkan trigliserida darah dan memperlambat pertumbuhan plak yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

4. Mencegah Kanker

Manfaat ikan tuna lainnya yang tidak bisa dianggap sepele lainnya adalah mampu mencegah pertumbuhan kanker dalam tubuh. Ikan tuna memiliki kandungan protein yang cukup tinggi sebagai pengganti daging merah. Sehingga dapat mengurangi resiko segala jenis penyakit kanker.

5. Mengurangi tekanan darah tinggi

Ikan tuna memiliki kandungan asam omega-3 yang dapat mencegah dna menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian menujukkan bahwa daging tuna mampu menjaga tekanan darah dalam tubuh agar tetap stabil.

6. Meningkatkan fungsi kognitif otak

Omega-3 dalam ikan tuna juga dapat membantu meningkatkan fungsi kerja otak untuk mengingat (fungsi kognitif). Sehingga dapat menghindari terkena resiko penyakit degenarasi fungsi otak seperti Alzheimer. Omega-3 juga membantu memperlancar suplai darah ke otak, menurunkan resiko inflamasi dan masih banyak lainnya.

7. Mencegah obesitas

Kandungan EPA dalam ikan tuna mampu meningkatkan produksi hormone leptin yang dapat berfungsi mencegah obesitas pada tubuh anda. Dengan resgulasi tersebut maka tubuh akan terhindar dari konsumsi makanan yang berlebihan yang dapat menyebabkan kegemukan. Selain itu, tuna juga rendah kalori dan banyak mengandung lemak baik sehingga sangat cocok dimasukkan ke menu makanan bagi anda yang sedang diet.

8. Mencegah kanker payudara

Kandungan omega-3 didalam tuna sangat bermanfaat untuk menghambar enzim proinflammatory yang merupakan enzim yang dapat mengakibatkan terjadinya kanker payudara. Selain itu, kandungan omega-3 nya mampun memperbaiki kerusakan pada DNA

9. Meningkatkan sistem imun

Ikan tuna merupakan sumber selenium dan anti oksidan yang mampun meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh anda. Dimana sistem kekebalan tubuh merupakan bagian penting yang dapat melindungi tubuh anda dari serangan berbagai penyakit.

10. Sumber vitamin B

Vitamin yang terkandung didalam tuna sangat tinggi sehingga sangat berkhasiat untuk memelihara sel-sel darah merah dalam tubuh anda. Vitamin yang larut dalam air akan meningkatkan proses metaboliseme, memperkuat sistem imun, dan menjaga kesehatan kulit

5 Manfaat Ikan Tuna Buat Kesehatan Lainnya:

  1. Menjaga kesehatan mata
  1. Menurunkan kadar trigliserida
  1. Menjaga kesehatan kulit
  1. Membantu proses detoksifikasi
  1. Meningkatkan produksi hormone insulin

Kandungan omega-3 didalam tuna juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan omega-3 mampun melawan macular degeneration pada mata yang merupakan kondisi dimana fungsi penglihatan memburuk dan dapat mengakibatkan fungsi penglihatan pada usia 50 tahun keatas.

Lihat Juga: 11 Manfaat Ikan Teri Untuk Kesehatan Tubuh

Banyak bukan manfaat yang bisa anda dapatkan dari mengkonsumsi ikan tuna?. Semoga setelah mengetahui segudang manfaat ikan tuna diatas anda jadi lebih rajin mengkonsumsinya.

Loading...
ikan teri, manfaat ikan teri, Khasiat ikan teri

11 Manfaat Ikan Teri Untuk Kesehatan Tubuh

Taman Nasional Meru Betiri indonesia

Taman Nasional Meru Betiri, Surganya Flora dan Fauna Jatim