Connect with us

11 Manfaat Ikan Teri Untuk Kesehatan Tubuh

ikan teri, manfaat ikan teri, Khasiat ikan teri

Kesehatan

11 Manfaat Ikan Teri Untuk Kesehatan Tubuh

Lihat.co.id – Siapa yang tidak kenal dengan ikan teri. Ikan dengan ukuran mungil ini banyak kita jumpai di pasar-pasar ikan maupun di kebanyakan pedagang ikan. Terutama pada masakan – masakan khas orang Jawa, jenis ikan ini tak bisa ketinggalan. Ikan teri sendiri adalah satu dari sekian juta hasil kekayaan laut Indonesia. Umumnya sebelum dipasarkan ikan teri terlebih dahulu diawetkan dengan cara pengasinan. Hal ini lah yang membuat ikan teri memiliki rasa asin ketika diolah.

ikan teri, manfaat ikan teri, Khasiat ikan teri

Dibalik ukurannya yang kecil, ternyata ikan teri memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi dan bermanfaat bagi tubuh manusia. Meskipun memiliki kandungan gizi tinggi, ternyata harga ikan yang satu ini sangatlah merakyat. Sungguh merupakan pilihan yang tepat bagi anda yang sedang mencari makanan sehat dengan budget terbatas. Nah, sebelum mengetahui manfaat ikan teri bagi kesehatan, ada baiknya kita ulas dulu apa saja kandungan nutrisi yang ada dalam ikan mungil ini.

Kandungan Gizi Ikan Teri :

  1. Kalsium

Kalsium adalah mineral paling tinggi yang terkandung di dalam ikan teri. Dalam 100 gram ikan teri segar, terdapat sekitar 972 mg kalsium. Jumlah yang terbilang sangat tinggi untuk ukuran ikan teri yang kecil.

  1. Protein

Per 100 gram ikan teri terkandung total 10,3 protein. Tingginya kandungan protein pada ikan ini membuat teri cocok dikonsumsi anak – anak.

  1. Zat Besi

Meskipun tidak terlalu tinggi, namun kandungan zat besi dalam ikan teri juga terbilang cukup baik untuk menanggulangi berbagai penyakit. Dalam 100 gram ikan teri setidaknya terdapat 3,9 mg zat besi.

  1. Vitamin

Zat yang tak kalah pentingnya bagi kesehatan, yaitu vitamin. Di dalam 100 gram ikan teri total mengandung 0,24 mg vitamin B1 dan 43 mg vitamin A.

  1. Lemak

Ikan teri memiliki kandungan lemak yang rendah, yakni 1,4 gram saja per 100 gram ikan teri segar. Cocok bagi anda yang sedang menjalani program diet.

  1. Fosfor

Seperti layaknya ikan laut kebanyakan, ikan teri juga memiliki kandungan fosfor. Bahkan jika dibandingkan dengan ikan lain, ikan teri adalah salah satu yang memiliki fosfor paling tinggi. Dalam 100 gram ikan teri saja terdapat 253 gram fosfor.

11 Manfaat Ikan Teri Bagi Kesehatan :

1. Menjaga kesehatan tulang

Tingginya kandungan kalsium dan fosfor di dalam ikan teri membuat ikan ini sangat baik untuk kesehatan tulang. Beberapa manfaat teri untuk tulang antara lain mencegah osteoporosis, memperkuat tulang, dan menjaga kesehatan gigi.

2. Sebagai antioksidan

Selain mencegah terjadinya osteoporosis, ikan teri ternyata juga dapat digunakan sebagai antioksidan bagi tubuh. Hal ini tak lepas dari tingginya kandungan zat besi dan vitamin A yang mampu menangkal radikal bebas dari udara yang masuk ke dalam tubuh.

3. Membantu proses oksidasi tubuh

Meskipun kandungan vitamin B1 dalam ikan teri tergolong rendah, namun kebaradaan vitamin ini cukup baik untuk membantu proses oksidasi di dalam tubuh sehingga tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

4. Menjaga kesehatan organ mata

Kandungan vitamin A dalam ikan teri tentu memiliki peran besar terhadap kesehatan mata manusia. Selain menghindarkan mata dari penyakit, vitamin A dalam ikan teri juga membuat penglihatan menjadi lebih jernih.

5. Sumber energi

Sama seperti bahan makanan lain yang memiliki kandungan lemak, ikan teri juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi karena kandungan lemaknya yang cukup tinggi

6. Memperkuat sistem imun

Ikan teri mampu menjaga sistem imun manusia terutama anak – anak karena kandungan vitamin A nya yang tinggi.

7. Mencegah anemia

Selain berfungsi sebagai antioksidan, zat besi pada ikan teri juga berfungsi mencegah anemia karena zat ini mampu mempercepat produksi darah di dalam tubuh.

8. Mengoptimalkan fungsi otak

Kandungan fosfor dan protein dalam ikan teri dianggap mampu mengoptimalkan fungsi otak terutama bagi anak di bawah usia 10 tahun.

9. Membentuk dan menambah massa otot

Bagi anda yang sedang dalam proses membentuk tubuh, teri bisa menjadi opsi yang bagus sebagai bahan makanan selain telur dan daging. Ini dikarenakan protein dalam ikan teri dinilai bagus dalam membentuk dan menambah massa otot.

10. Baik untuk anak pada masa pertumbuhan

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, kandungan nutrisi yang melimpah dalam ikan teri membuat ikan ini cocok untuk anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

11. Mempercepat penyembuhan luka

Zat besi yang terdapat dalam ikan teri mampu mempercepat penyembuhan luka dengan sangat efektif.

Bagaimana, banyak bukan manfaat ikan teri ini bagi kesehatan kita?. Semoga 11 manfaat ikan teri di atas bisa menjadi sumber pengetahuan anda dalam dunia kesehatan.

Continue Reading
Loading...
Click to comment

Baca Juga

RSS Khasiat

RSS Film Terbaru Minggu Ini


To Top