Connect with us

15 Manfaat Ikan Tenggiri Untuk Kesehatan

ikan tenggiri, manfaat ikan tenggiri, khasiat ikan tenggiri

Kesehatan

15 Manfaat Ikan Tenggiri Untuk Kesehatan

Lihat.co.id – Ikan merupakan bahan makanan hewani yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Ada banyak macam ikan yang dapat dikonsumsi baik itu ikan tawar, payau, atau pun laut. Salah satu ikan yang memiliki khasiat besar bagi tubuh adalah ikan tenggiri. Ikan yang merupakan kerabat dari ikan tuna dan kakap ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi.

ikan tenggiri, manfaat ikan tenggiri, khasiat ikan tenggiri

Ikan tenggiri juga sangat aman dikonsumsi mengingat ikan yang satu ini hanya bisa hidup pada keadaan air laut yang bersih dan jauh dari polusi. Selain itu dagingnya yang tebal dan bentuk tubuhnya yang memanjang membuat kandungan gizi dalam ikan tenggiri sangatlah melimpah. Nah, berikut ini akan kami jelaskan atau kami ulas mengenai manfaat ikan tenggiri bagi kesehatan. Akan tetapi sebelum itu alangkah baiknya jika kita ketahui dulu kandungan gizi apa saja yang terkandung dalam ikan tenggiri ini.

Kandungan Gizi dalam Ikan Tenggiri :

  1. Protein

Ikan tenggiri terkenal dengan kandungan proteinnya yang sangat tinggi. Bahkan protein pada ikan tenggiri lebih tinggi dari pada protein yang ada pada kacang – kacangan.

  1. Asam lemak

ikan tenggiri memiliki kandungan asam lemak yang baik bagi tubuh. Hal ini dikarenakan lemak yang terdapat pada ikan tenggiri adalah lemak tak jenuh yang mampu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

  1. Zat besi

Ikan tenggiri juga diketahui memiliki kandungan mineral zat besi yang cukup tinggi. Zat ini sangat baik untuk mencegah anemia.

  1. Eneri (kalori)

Selain memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi, ikan tenggiri juga memiliki kadar kalori yang tinggi pula. Hal ini membuat ikan tenggiri sangat cocok sebagai pilihan untuk sarapan pagi.

15 Manfaat Ikan Tenggiri Untuk Kesehatan :

1. Tingkatkan kesehatan otak

manfaat ikan tenggiri yang pertama adalah untuk mencerdaskan otak kita. Oleh karenanya, ikan tenggiri sangat cocok bagi anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Pasalnya ikan laut yang memiliki gigi tajam ini memiliki kadar asam lemak omega 3 yang terkenal sangat baik menjaga kesehatan dan mengoptimalkan kinerja otak. Baiknya seorang anak mengkonsumsi 2 tenggiri dalam satu minggu.

2. Turunkan resiko kanker

Ada banyak sekali bahan makanan yang dapat menurunkan resiko penyakit kanker dan ikan tenggiri adalah salah satunya. Ikan ini juga diketahui dapat menangkal berbagai jenis penyakit kanker seperti kanker mulut, kanker usus, kanker ovarium, dan lain – lain.

3. Menurunkan depresi

Hasil dari sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi ikan tenggiri secara rutin dapat menurunkan tingkat depresi seseorang. Jadi jika anda sering mengalami stres dan depresi, mengkonsumsi ikan tenggiri bisa menjadi solusi yang tepat.

4. Turunkan resiko pembekuan darah

Kandungan omega 3 dalam ikan tenggiri ternyata tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan otak, tetapi juga untuk menurunkan tekanan darah. Hal ini tentu saja dapat mencegah terjadinya pembekuan darah dan juga tekanan darah tinggi.

5. Menyehatkan jantung

manfaat ikan tenggiri yang lainnya, ialah berkhasiat menyehatkan jantung. Seperti yang kita ketahui, jantung adalah organ tubuh yang sangat penting. Fakta yang menunjukkan bahwa serangan jantung adalah penyebab tertinggi kematian manusia di dunia, semakin menjelaskan jika organ yang satu ini sangat rentan terserang penyakit. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika dari sedini mungkin kita menjaga organ ini, yang mana salah satunya dengan rutin mengkonsumsi ikan tenggiri.

Hal ini dikarenakan kandungan omega 3 pada ikan tenggiri mampu menstabilkan detak jantung sekaligus mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular.

6. Menyembuhkan gangguan saluran kencing

Tidak hanya bagian dagingnya yang berkhasiat. Jeroan ikan laut ini juga diketahui sangat bermanfaat untuk kesehatan saluran kemih. Jeroan atau lebih tepatnya hati ikan tenggiri ini mampu menyembuhkan berbagai penyakit saluran kencing. Namun organ ini hanya direkomendasikan untuk usia 20 – 40 tahun saja. Tidak direkomendasikan untuk manula.

7. Menjaga kesehatan pencernaan

Ketika mengolah ikan tenggiri, jangan terburu – buru membuang bagian kepalanya karena bagian ini memiliki kandungan gelatin yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

8. Baik untuk masa kehamilan

Nah, bagi ibu hamil, anda bisa menambahkan ikan tenggiri ke daftar menu anda. Kandungan mineral DHA dan AA pada ikan ini tak perlu diragukan lagi khasiatnya untuk menyehatkan janin.

9. Sembuhkan linu

Manfaat ikan tenggiri yang ke sembilan adalah untuk menyembuhkan linu. Daging di sekitar insang ikan ini dinilai sangat berkhasiat untuk mengobati linu terutama pada kaki. Untuk mendapatkan khasiat ini, anda terlebih dahulu harus merebus ikan ini hingga matang lalu kemudian langsung mengkonsumsinya.

10. Menyebuhkan Penyakit Kulit (Eksim)

Berbagai cara sudah kita lakukan demi mendapatkan manfaat ikan tenggiri yang maksimal. Salah satunya adalah sirip ikan tenggiri yang bermanfaat dapat menyebuhkan penyakit kulit seperti luka gatal, eksim,  bernanah, kudis, koreng dan sejenisnya.

5 Manfaat Ikan Tenggiri Untuk Kesehatan :

  1. Obat untuk ketombe
  2. Menurunkan resiko penyakit kardiovaskular
  3. Penyeimbang kolesterol
  4. Menjaga kesehatan mata
  5. Menurunkan tekanan darah tinggi

Nah itu dia di atas, sekilas tentang manfaat ikan tenggiri buat kesehatan manusia. Selain diatas tentunya masih banyak manfaat ikan tenggiri lainnya, buat manusia. Semoga bermanfaat.

Loading...
Continue Reading
Loading...
Click to comment

RSS Film Terbaru Minggu Ini

RSS Tempat Wisata Terbaru

RSS Tips Sehat

RSS Khasiat

close

RSS Penyakit.co.id


To Top