Connect with us

20 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda Hingga Hamil Tua

Kesehatan

20 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda Hingga Hamil Tua

20 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda Hingga Hamil Tua

Saat sedang mengandung, Anda perlu mengetahui makanan sehat untuk ibu hamil, baik sedang hamil muda maupun tua. Sebab, perkembangan dan kesehatan janin di dalam kandungan bergantung pada nutrisi yang dikonsumsi oleh ibu hamil. Oleh karena itu, Anda harus bisa mengontrol asupan gizi selama masa kehamilan.

Banyak orang meyakini kalau sedang hamil harus makan banyak karena untuk dua orang. Selain itu, keinginan makan sesuatu atau ngidam haruslah segera dipenuhi. Para orang tua juga menyarankan agar tidak sembarangan mengkonsumsi makanan saat hamil muda karena untuk menjaga janin agar tetap kuat. Dan masih banyak lagi pendapat masyarakat tentang makanan saat hamil.

Daripada kita bingung meyakini dan mengikuti apa yang dikatakan oleh orang tua, sebaiknya mengikuti saran dokter saja. Karena dokter mengerti apa yang baik dikonsumsi ketika hamil dan efeknya terhadap si ibu dan bayi yang berada di dalam kandungan. Nah, berikut ini kami merangkum beberapa makanan sehat untuk ibu hamil, ikuti yuk ulasannya!!

Inilah makanan sehat untuk ibu hamil

Adapun pilihan makanan yang sehari di konsumsi pada masa kehamilan adalah sebagai berikut :

Boleh mengkonsumsi berbagai jenis makanan

Selama mengandung, sebenarnya tidak ada makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Ibu hamil juga tidak harus makan terlalu banyak atau seakan-akan untuk dua orang. Anggapan itu kurang benar karena faktanya, ibu hamil hanya memerlukan tambahan 300 kalori dalam makanannya. Setara dengan semangkok sereal dan sebuah pisang dengan susu rendah lemak. Makanlah dalam porsi sedikit tapi lebih sering.

Wanita hamil tidak perlu menjalankan pola makan khusus, terkecuali dia menderita penyakit tertentu. Yang paling penting adalah tercukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Jadi, boleh mengkonsumsi apa saja asalkan seimbang dan bergizi. Di bawah ini ada beberapa kategori minuman dan makanan sehat untuk ibu hamil beserta manfaatnya :

  1. Air putih atau air mineral

Air putih adalah salah satu untu penting yang berguna untuk menyalurkan nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi untuk bayi di dalam kandungan. Kekurangan asupan air bisa mengakibatkan bayi lahir dalam keadaan prematur. Untuk itu, ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi cukup air, sehingga terhindar dari infeksi kandung kemih, pembengkakan berlebihan pada tubuh, mencegah dari hemoroid dan konstipasi.

Anda di sarankan untuk minum air putih sekitar 2,5 liter atau setara dengan 10 gelas air setiap hari selama masa kehamilan. Selain mengkonsumsi air putih, cairan juga dapat diperoleh dari buah-buahan yang berkadar air tinggi, susu dan jus. Akan tetapi, beberapa minuman ringan yang mengandung kadar gula tinggi bisa menyebabkan hipertensi (darah tinggi) dan kenaikan berat badan yang melampau normalnya.

  1. Sayur dan buah

Setelah air, makanan sehat ibu hamil trimester pertama dan selanjutnya adalah sayuran dan buah-buahan. Kedua kelompok makanan ini sangat penting dan dibutuhkan oleh Anda yang sedang hamil. Dianjurkan untuk makan minimal 5 porsi sayuran dan buah-buahan yang berbeda setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, seperti mineral, vitamin dan serat. Berikut, contoh sayur dan buah yang disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil secara teratur :

  • Avokad satu buah yang berukuran sedang. Buah ini kaya asam folat, vitamin B6, Vitamin C, serat dan potasium. Kadar asam lemak tidak jenuh tunggal juga terdapat di buah avoked yang diperlukan dalam pembentukan sel syaraf, otak dan mata bayi.
  • Brokoli sebanyak 100g atau setara dengan 1 gelas. Sayuran ini tinggi asam fola serta kalsium yang berfungsi untuk mendukung pertumbuhan tulang. Sehingga, sangat tepat jika orang tua menyarankan kita untuk makan brokoli pada saat hamil karena merupakan makanan sehat untuk ibu hamil.
  • Kacang merah sebanyak 2004 atau 1 sendok makan. Makanan ini kaya akan zat besi, proten antioksidan yang mempunyai manfaat untuk membantu perkembangan kognitif bayi.
  • Pisang satu buah yang berukuran sedang. Pisang mengandung vitamin B6 dan potasium berguna untuk melancarkan metabolisme tubuh.
  • Kacang edamame 2,5 sendok makan. Konsumsi sebagai cemilan yang tinggi asam folat, protein, kalsium, zat besi vitamin A dan B.
  • Apel satu buah. Apel mengandung vitamin C yang tinggi dan juga serat yang bisa mencegah terjadinya sembelit serta menurunkan kolesterol.
  • Wortel dua buah. Tinggi vitamin A bermanfaat dalam pembentukan tulang dan mata bayi.
  • Dengan mengkonsumsi makanan yang bervariasi, Anda bisa memaksimalkan asupan nutrisi untuk tubuh dan janin Anda. Sehingga Anda sehat, bayi pun sehat.
  1. Telur, ikan dan daging tanpa lemak

Daftar makanan sehat untuk ibu hamil berikutnya yakni daging tanpa lemak, telur dan ikan. Kelompok makanan ini mengandung protein yang tinggi dan sangat penting untuk pertumbuhan bayi, terutama di 6 bulan pertama. Jika bingung dalam memakannya, ikuti saja rancangan menu harian berikut ini!

  • Daging ayam satu potong tanpa kulit, khususnya di bagian dada karena rendah lemak dan kolesterol. Khasiatnya yaitu berperan dalam pembentukan janin, otot serta melancarkan metabolisme tubuh.
  • Daging sapi 35 gram atau 1 potong. Daging sapi mengandung protein yang baik untuk pembentukan tulang, mengurangi resiko melahirkan prematur dan sebagai sistem daya tahan tubuh.
  • Telur satu butir. Makanan ini kaya akan protein, kolin, lemak dan omega 3 yang baik untuk perkembangan otak dan penglihatan pada bayi.
  • Ikan tuna 300 gram atau 3 potong setiap minggu. Ikan ini tinggi omega 3 yang berfungsin untuk membantu pembentukan otak janin. Sangatlah tepat jika ikan tuna disebut makanan sehat untuk ibu hamil.
  • Ikan salmon sebanyak 40 gram atau 1 potong. Tak hanya kaya omega 3, ikan ini juga mengandung DHA yang berfungsi untuk membantu perkembangan otak janin.

Tapi, sebaiknya Anda harus mempersiapkan makanan-makanan diatas dengan cermat, jika berlebih dapat menimbulkan efek samping yang membahayakan bayi. Misalnya, ikan mengandung merkuri tinggi bisa memicu pertumbuhan sel kanker pada janin yang dikandung. Untuk menghindari kontaminasi bakteri, ibu hamil tidak dianjurkan mengkonsumsi ikan mentah. Karena itu, makanan laut yang masih mentah termasuk makanan yang dilarang untuk ibu hamil.

Selain itu, makanan laut yang sudah tidak segar juga rentan terkontaminasi bakteri, parasit dan zat arsenik yang bisa memicu terjadinya keracunan. Ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi ikan 2 porsi dalam seminggu untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Makanan yang mengandung karbohidrat

Makanan sehat ibu hamil trimester pertama yang perlu dijaga adalah asupan makanan berkabohidrat. Anda tidak harus makan nasi, apabila bosan cari bahan makanan lain yang sama-sama mengandung karbohidrat tinggi. Berikut beberapa makanan pengganti nasi :

  • Sereal atau gandum utuh, sumber karbohidrat yang kaya serat dan asam folat akan berperan penting dalam pertumbuhan si janin.
  • Kentang, sumber karbohidrat yang juga mengandung mineral dan vitamin, sehingga termasuk makanan sehat untuk ibu hamil.
  • Oatmeal, makanan yang mengandung karbohidrat, serat, zat besi, vitamin B dan potasium.

Asupan karbohidrat juga bisa Anda peroleh dari jagung, roti dan aneka pasta. Ibu hamil juga bisa mengkonsumsi karbohidrat kompleks yang tinggi serat dan memerlukan proses pengolahan yang lebih panjang sebelum diserap oleh tubuh. Karbohidrat kompleks terdapat didalam buah, sayur, beras merah dan biji-bijian utuh.

  1. Susu dan produk olahannya

Susu dan olahannya juga termasuk makanan sehat ibu hamil trimester pertama dan selanjutnya. Selama masa kehamilan tubuh memerlukan nutrisi dan kalsium untuk pembentukan tulang pada janin. Hal itu bisa dipenuhi dengan minum susu dan produk olahannya. Seperti :

  • Susu kedelai
  • Susu rendah lemak
  • Keju : krim keju, feta dan mozzarella
  • Tempe dan tahu

Apabila Anda alergi terhadap susu dan produk olahannya, sebaiknya ganti saja dengan sarden atau jus jeruk. Sebetulnya tidak ada makanan yang dilarang untuk ibu hamil, terkecuali mengidap gangguan tertentu.

  1. Suplemen

Walaupun Anda sudah mendapatkan gizi dan nutrisi dari berbagai jenis makanan, tapi mungkin saja ada beberapa nutrisi terlewatkan. Maka dari itu, terkadang ibu hamil disarankan minum suplemen. Suplemen ini hanya dikonsumsi saat dokter menyarankan Anda, kalau tidak sebaiknya tidak usah meminumnya.

  1. Cemilan sehat

Salad, kacang mede, roti gandum, ubi manis, pisang rebus dan jagung merupakan makanan sehat untuk ibu hamil. Ketika mulut sedang ingin menyemil, pilih saja dari beberapa pilihan makanan tersebut. Makanan ringan yang mengandung kadar gula dan garam tinggi adalah makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Makanan tersebut biasanya dikemas dan dijual bebas sebagai cemilan.

Batasi konsumsi pada makanan tertentu

Tidak hanya mengetahui makanan sehat ibu hamil trimester pertama dan seterusnya saja, Anda pun perlu tahu berapa batas mengasupnya. Berikut beberapa zat yang perlu dibatasi dan makanan yang dilarang untuk ibu hamil, supaya bayi terhindari dari resiko tertentu :

  • Kafein : batas maksimal konsumsinya sebanyak 200 miligram sehari
  • Ikan, daging, telur mentah atau setengah matang merupakan makanan yang dilarang untuk ibu hamil.
  • Makanan laut yang mengandung merkuri tinggi, merupakan pantangan ibu hamil.
  • Makanan dengan zat aditif yang tinggi seperti perisa, pewarna dan tinggi gula. Umumnya terdapat di dalam makanan siap saji atau istan. Berarti fast food termasuk makanan yang dilarang untuk ibu hamil.
  • Makanan mengandung MSG dan garam tinggi adalah pantangan ibu hamil. Zat ini biasanya terdapat dalam mie instan dan makanan cepat saji. Tak hanya menyebabkan hipertensi, makanan ini bisa menyebabkan pembengkakan berlebihan pada tubuh karena retensi air.
  • Makanan yang dilarang untuk ibu hamil selanjutnya yakni makanan yang tidak higienis dan mengandung kadar alkohol tinggi.

Lebih cermat dalam memilih makanan

Setelah mengetahui beberapa makanan sehat ibu hamil trimester pertama dan seterusnya, Anda harus bisa mempersiapkan makanan dengan cermat. Mengolah makanan sendiri merupakan cara terbaik untuk menjaga kualitas makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda. Di bawah ini pandungan dalam menyiapkan makanan sendiri bagi ibu hamil :

  • Pisahkan saat menyimpan makanan mentah, khususnya daging dengan makanan siap santap pada kulkas atau lemari es. Ini dilakukan untuk menghindari kontaminasi dari bakteri E.coli, salmonella dan camplobacter).
  • Pakailah talenan yang berbeda ketika mengolah daging mentah dan bahan lainnya.
  • Sebelum memasak, cucilah semua sayur dan buah sehingga bersih dari sisa-sisa tana yang mungkin saja mengandung toksoplasma.
  • Jika memasak daging, telur dan ikan harus benarbenar matang. Jangan sampai menyisakan warna merah.
  • Setelah digunakan untuk mengolah daging, cucilah semua peralatan dapur dengan bersih.
  • Rebus atau kukus sayur sebentar saja supaya kandungannya tetap terjaga.

Asupan makanan ibu hamil pada kondisi tertentu

Bagi bu hamil yang menderita kondisi tertentu, sangat disarankan utnuk lebih memperhatikan pola makannya. Sehingga, kondisi tubuhnya tidak memburuk yang akan berdampak pada kondisi janin atau bayi dalam kandungan.

  1. Ibu hamil yang mengidap diabetes

Diabetes Gestasional atau diabetes yang terjadi pada ibu hamil dapat mengganggu kehamilan. Oleh karena itu harus bisa menjaga pola makan dan berikut ulasannya :

  • Makanan sehat untuk ibu hamil yang mengidap diabetes adalah yang mengandung karbohidrat berindeks glikemik rendah. Hal ini dilakukan untuk menjaga kadar gula darah supaya tetap stabil dinatara waktu makan.
  • Kontrol makanan dan minuman yang mengandung kadar gula tinggi.
  • Buah dan sayur yang mengandung lemak tidak jenuh baik dikonsumsi oleh ibu hamil yang menderita diabetes. Selain itu kacang-kacangan juga bisa sebagai cemilan sehat.
  • Konsumsi daging tanpa kulit.

      2. Hipertensi

Sedangkan ibu hamil yang menderita hipertensi, mesti makan makanan yang kaya akan kalsium, potasium dan magnesiu. Bisa diperoleh dari ikan laut, avokad, kacang-kacangan, sayur bayam, susu dan pisang. Mengkonsumsi sayuran dan buah yang kaya serat juga bisa menurunkan tekanan darah. Ibu hamil dengan hipertensi sebaiknya menjalani diet rendah garam dan tidak mengkonsumsi alkohol.

Lihat juga : Simak Inilah Pantangan Umum Ibu Hamil Menurut Pandangan Ilmiah

Itulah beberapa makanan sehat untuk ibu hamil dan makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Semoga ulasan ini bermanfaat dan selalu konsultasikan kepada dokter jika Anda ragu mengkonsumsi sesuatu.

Loading...
Continue Reading
Loading...
Click to comment

RSS Film Terbaru Minggu Ini

RSS Tempat Wisata Terbaru

RSS Tips Sehat

RSS Khasiat

close

RSS Penyakit.co.id


To Top