in

Jangan Abaikan, Gejala-gejala Dari Kanker Kulit Ini!

Kanker kulit yaitu pertumbuhan sel-sel abnormal pada kulit. kanker kulit pada umumnya terjadi pada lapisan sel basal, melanosit dan skumosa. Kanker ini biasanya tumbuh di lapisan epidermis sehingga benjolan tampak terlihat dari luar. Jenis kanker kulit ini beresiko kecil terhadap kematian. Karena paling mudah ditemukan keberadaannya sehingga mudah diobati sejak dini.

Saat ini penyakit kanker kulit mengalami peningkatan khusunya di negara Amerika, Australia dan Inggris. Tapi di Indonesia kanker kulit masih sangat sedikit bila dibandingkan dari tiga negara tersebut. Namun, walau begitu kita harus tetap waspada terhadap penyakit kanker kulit ini. Karena bisa mengakibatkan kecacatan bahkan kematian bagi penderita stadium lanjut.

gejala kanker kulitYang membuat kanker kulit sulit diobati adalah banyak orang yang mengabaikan gejala awalnya. Terdapat 2 jenis kanker kulit, yakni melanoma dan non melanoma. Kanker kulit non melanoma lebih berbahaya daripada kanker melanoma. Inilah tanda dari tompel atau benjolan yang beresiko menjadi kanker kulit.

  1. Asimetris, tompel atau benjolan berbentuk tidak simetris, bagian kanan dan kiri berbeda.
  2. Border, tompel atau benjolan mempunyai batas yang tidak rata dan bertekstur kasar.
  3. Color, tompel atau benjolan mempunyai warna yang begradasi dan tidak rata.
  4. Diameter, tompel atau benjolan berukuran lebih besar daripada diameter pensil.
  5. Evolusi, tompel atau benjolan berubah-ubah baik dari segi bentuk, ukuran dan warna.

Tompel atau benjolan terasa sangat gatal, luka kecil yang mengeluarkan darah. Luka ini tak kunjung sembuh atau terdapat titik kecoklatan pada kaki, tangan di bawah kuku.

Kalau kamu mempunyai tompel atau benjolan yang seperti di jalaskan di atas, maka segera pergi ke dokter. Dan inilah gejala kanker kulit yang perlu kamu waspadai!

Mol

Mol merupakan salah satu gejala kanker kulit yang paling jelas yaitu munculnya tahi lalat. Periksakanlah apabila tahi lalat yang ada ditubuhmu berubah warna dan tiba-tiba tumbuh. Memang banyak orang menganggap tahi lalat tak berbahaya, tapi perlu diwaspadai ini sebagai gejala kanker kulit.

baca juga : Wow 8 Manfaat Ini Akan Kamu Dapatkan Karena Menangis

Tumor

Saat sel-sel kulit tubuh tak normal akan membentuk tumor pada kulit. tumor dapat berkembang karena pancaran cahaya matahari. Tumor tumbuh i lapisan paling luar kulit sehingga mudah didiagnosa. Hati-hati jika muncul benjolan pada kulit karena bisa membentuk tumor ganas dan menjadi kanker.

Bisanya tumor kulit muncul pada hidung, kulit bibir, dahi dan kelopak mata. Pertumbuhannya diawali dengan nodul kecil berwarna kelabu merah. Terkadang juga berwarna kehitam-hitaman tergantung jenis pigmen kulit.

Karsinoma sel skuamosa

Bentuknya seperti tumor tapi bisa tumbuh dimana saja. Kebanyakan muncul di daun telinga, punggung, pipi tangan dan kaki. Kanker ini tumbuhnya lambat dan menginvasi jaringan sekitarnya serta dapat melakukan metastatis. Awalnya akan tumbuh seperti kutil lalu berkelompok, bentuknya tak teratur dan mudah berdarah.

Tanda lahir atau bintik-bintik

Tanda lahir juga bisa menjadi tanda kanker kulit apalagi yang berbentuk bintik-bintik. Apabila kamu menemukan bintik-bintik pada tubuhmu berubah bentuk atau warna bisa jadi sebagai tanda kanker kulit.

Terjadi luka pada benjolan

Ketika ada benjolan merah yang amat sakit dan tak sembuh-sembuh perlu diwaspadai. Karena bisa jadi itu awal gejala dari kanker kulit. kamu harus memperhatikan luka pada benjolan tubuhmu dan segera mengobatinya.

Penyebab terjadinya kanker kulit

  • Karena pancaran sinar matahari secara berlebihan
  • Karena terkena bahan kimia bersifat karsinogen pada kulit
  • Kekurangan pigmen kulit seperti albino
  • Karena riwayat keturunan keluarga
  • Karena radiasi ionisasi.
Loading...

Wow 8 Manfaat Ini Akan Kamu Dapatkan Karena Menangis

8 Cara Manjur Menghilangkan Kaki Rayapan atau Pitted Keratolysis