Connect with us

Dampak dan Efek Samping Gurah Bagi Kesehatan Tubuh

Kesehatan

Dampak dan Efek Samping Gurah Bagi Kesehatan Tubuh

Lihat.co.idGurah adalah pengobatan tradisonal yang bertujuan untuk mengeluarkan lendir dari tubuh menggunakan ramuan yang diteteskan melalui hidung. Dampak gurah bagi kesehatan salah satunya mampu mengobati dan menyembuhkan penyakit sinusitis atau infeksi sinus.

Selain mengetahui manfaat dan khasiat gurah, kamu juga perlu tahu tentang dampak gurah bagi kesehatan tubuh. Gurah disamakan dengan tabib, jamu, shinshe aromatherapist, homoepathy dan pengobatan lainnya yang menggunakan metode sejenis.

efek samping gurah, dampak gurah, gurah

Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 1076/Menkes/SK/VII/2003 tentang pengobatan tradisional. Gurah termasuk dalam pengobatan tradisional ramuan.

Bahan utama yang dijadikan ramuan gurah adalah tanaman srigunggu (senggugu) yakni jenis tanaman berbunga yang mengandung saponin. Saponin ini akan berperan sebagai vasolidator yakni melebarkan pembuluh darah serta merangsang pembentukan lendir.

Bisa dikatakan kalau gurah bisa merangsang produksi lendir agar dapat dikeluarkan untuk mengobati beberapa penyakit seperti sinus. Terapi gurah akan dipandu atau dilaksanakan oleh praktisi gurah yang disebut dengan battra gurah. Saat melakukannya pasien diperintahkan untuk terlentang. Lalu praktisi gurah memasukkan ramuan srigunggu ke dalam hidung pasien.

Setelah ramuan di masukkan ke dalam hidung, pasien disuruh untuk tengkurap. Tujuannya adalah untuk mengeluarkan lender dari mulut dan hidung. Saat melakukan ini battra gurah ditemani oleh tukang pijat. Selama prosedur berlangsung, pasien akan dipijat agar santai dan mengurangi rasa sakit karena gurah.

Gurah dipercaya mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Tapi, bukan berarti tidak ada efek samping gurah bagi kesehatan. Hingga saat ini efektif atau tidaknya dampak gurah untuk menyembuhkan sinusitis masih menjadi perdebatan. Salah satunya, karena belum ada penelitian secara keseluruhan terhadap metode gurah, efek samping gurah dan dampak gurah yang ditimbulkan.

Dampak dan Efek Samping Gurah untuk kesehatan

Beberapa waktu lalu, ada kabar tentang meninggalnya seseorang setelah melakukan terapi gurah. Selain itu, ada pasien gurah yang bertanya di website klikdokter yang mengatakan efek samping gurah yang dialaminya. Dia bercerita bahwa telinganya terus berdenging setelah melakukan prosedur gurah.

Lalu, dr. Muhammad Anwar Irzan menimpali bahwa dokter tidak menyarankan seseorang untuk menggunakan gurah untuk mengobati penyakit. Sebab, keamanannya belum jelas. Sebelumnya, memang ada penelitian tentang gurah bisa mengurangi keluhan dari penyakit sinusitis. Seperti hidung terasa lega, mengurangi pilek dan bersin-bersin.

Tetapi mengenai tingkat keamanan dan efektivitas gurah, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Daripada mencoba metode pengobatan yang belum jelas, sebaiknya periksakan diri ke dokter ahli THT jika mengalami keluhan sinusitis.

Prof.dr. Soepomo Soekardono, Sp. THT-KL(K) dalam pidato pengukuahannya sebagai GURU Besar Ilmu Penyakit THT di Fakultas Kedokteran UGM juga menggungkapkan pendapatnya.

Dia mengemukakan bahwa beberapa penelitian penggunaan gurah bisa mengurangi gejala rinosinusitis kronis. Seperti berkurangnya ingus, bersin dan keluhan tersumbat. Tapi dalam penelitian itu ditemukan ada komplikasi di bagian telianga, hidung dan tenggorokan (tuba katar, tonsilo-faringitis kronis, otitis media).

Sehingga, masih perlu pengujian secara klinis ataupun eksperimental dengan keidah Ilmu Farmasi dan Ilmu kedokteran untuk membuktikan kebenaran khasiat gurah. Sementara waktu, dimana belum diperoleh hasil dari penelitian tentang dampak gurah. Maka gurah tidak akan digunakan dalam dunia kedokteran karena belum terbukti khasiatnya secara ilmiah.

Bahaya gurah bisa terjadi jika pasien mengkonsumsi ramuan gura dengan dosis yang tidak tepat atau kelebihan dosis. Adapun beberapa dampak gurah yang ditimbulkan yakni tuli, gangguan otak, gangguan menstruasi bagi wanita dan gangguan tubuh lainnya.

Itulah  dampak gurah beserta efek sampingnya bagi kesehatan yang bisa kamu jadikan sebagai pengetahuan. Sehingga kamu lebih berhati-hati lagi dalam mencoba berbagai metode pengobatan terutama yang belum disertai penelitian yang jelas.

Continue Reading
Loading...
Click to comment

Baca Juga

RSS Khasiat

RSS Film Terbaru Minggu Ini

RSS Tempat Wisata Terbaru

RSS Biodata Dan Profil


To Top