in

15 Cara Menjaga Kehamilan Usia Muda Supaya Tidak Keguguran & Sehat

Cara Menjaga Kehamilan Usia Muda, Ibu Hamil, Janin Sehat

Lihat.co.id – Hamil adalah keinginan banyak perempuan. Seorang perempuan manapun pasti sangat mengidam-idamkan bila dirinya hamil, setelah melangsungkan pernikahan. Konon untuk menjadi hamil itu mudah saja. Paling tidak satu bulan setelah menikah, biasanya seorang perempuan akan mengandung janinnya. Namun ada pula yang mesti menunggu bertahun-tahun barulah punya anak. Ini karena hamil memang adalah anugerah dari Tuhan. Makanya perlu dipikirkan pula tentang cara menjaga kehamilan usia muda maupun tua.

Sensasi hamil yang dirasakan orang itu beda-beda. Kalau yang baru pertama kali hamil pastilah sensasinya berjuta rasanya. Ada yang jadi lebih mudah sakit karena berasa masuk angin terus. Mual dan lemas. Namun banyak pula perempuan yang justru merasakan saat hamil jadi lebih kuat. Intinya, itu semua tergantung dari masing-masing cara menjaga kehamilan usia muda maupun tua.

Dalam kondisi hamil muda memang butuh perhatian khusus. Cara menjaga kehamilan usia muda melibatkan banyak peran. Paling penting adalah diri sendiri dan suami. Seorang perempuan yang sedang hamil harus bisa selalu positif dan menjaga kesehatannya. Suami yang sedang memiliki istri hamil juga harus lebih perhatian dan menyayangi istrinya dengan sepenuh hati.

Cara Menjaga Kehamilan Usia Muda, Ibu Hamil, Janin Sehat

Karena emosi sesungguhnya berperan penting pula dalam menjaga kesehatan ibu dan janinnya. Untuk cara menjaga kehamilan di usia muda, seorang suami mestinya benar-benar support istrinya dan lebih perhatian. Apalagi biasanya seorang perempuan itu sering mengalami yang namanya ‘ngidam”.

Ngidam adalah sensasi yang dirasakan perempuan di kehamilan mudanya. Pada bulan-bulan awal hamil, hingga melahirkan, ngidam ini seakan-akan jadi momok yang menghantui. Terutama kaum lelaki. Biasanya, ibu hamil itu ngidamnya adalah ngidam makanan. Atau berkunjung ke suatu tempat. Namun tak jarang ngidamnya juga aneh-aneh, misalnya bertemu dengan seorang artis.

Ngidam memang respon psikis saja. Di saat pikiran dan jiwa seorang perempuan sedang hamil, memang fantasi cenderung lebih banyak. Tidak doyan makan sesuatu, mengimajinasikan makan sesuatu yang lain. Yang dirasa lebih enak. Iya kalau makanannya mudah dicari. Biasanya para suami juga pusing karena makanan yang diidamkan ternyata susah didapat.

Memenuhi keinginan ngidam bukan satu-satunya cara untuk menjaga kehamilan usia muda. Ada banyak cara-cara lain, seperti terpapar di bawah ini:

1. Memilih Menu Makan yang Tepat

Pilihlah menu makanan yang tepat untuk cara menjaga kehamilan usia muda ini. Makanan antara perempuan hamil dan tidak hamil jelaslah beda. Kalau sedang hamil, sebaiknya hindari makan kecut-kecut. Terutama buah nanas. Ini bahaya sekali, bisa bikin keguguran. Banyaklah makan sayur dan buah. Serta makanan hewani yang melimpah protein seperti telur, ikan dan ati ayam.

2. Mengatur Jam Makan

Jam makan orang hamil memang tidak tentu. Apalagi saat kehamilan di awal-awal dan baru pertama kali hamil. Rasa lapar bisa dirasakan kapanpun. Yang paling penting adalah aturlah jam makan saja. Kalau sudah rasa lapar ya makan. Kalau belum lapar, sebaiknya diisi saja kalau memang sudah jam makan. Ini bagus sekali sebagai cara menjaga kehamilan usia muda.

3. Meminum Susu Ibu Hamil

Cara menjaga kehamilan usia muda juga sebaiknya diiringi dengan minum susu. Ada banyak produk susu ibu hamil yang bisa dicoba. Jika tidak doyan susu, maka makanan dan minuman lain yang bisa menggantikan gizi susu harus diperbanyak. Misalnya kedelai dan pisang.

4. Tidur yang Cukup

Tidurlah yang cukup. Kalau sedang hamil sebaiknya tidurnya jangan kemalaman dan bangunnya juga jangan kesiangan. Ini supaya janin mendapatkan pasokan darah dan oksigen yang baik. Metabolisme tubuh janin sangat tergantung pada metabolisme tubuh ibu. Ketika ibu menjaga kehamilan usia muda nya dengan tidur cukup, maka pertumbuhan janin akan terjaga hingga saatnya melahirkan.

5. Sering Jalan-Jalan Pagi dan Sore

Jalan-jalan pagi dan sore sangat disarankan untuk ibu hamil. Ini agar otot kaki dan perut terlatih buat kuat. Orang hamil kalau kebanyakan tidur dan duduk-duduk saja juga malahan bakalan bengkak nanti kakinya. Makanya harus sering jalan pagi dan sore. Sebaiknya pakai baju daster saja.

7. Jangan Stress

Cara menjaga kehamilan usia muda juga sangat bergantung pada kesehatan psikis. Manajemen stress begitu dibutuhkan. Apalagi untuk ibu hamil yang baru pertama kali hamil dan memiliki usia yang masih belia. Biasanya gampang banget stress.

8. Tidak Melakukan Pekerjaan yang Berat

Kalau sedang hamil, janganlah melakukan pekerjaan yang berat. Berat ini relatif. Intinya pekerjaan yang bisa bikin capek sekali dan badan pegal-pegal. Ini bahaya buat janin. Apalagi kalau kandungannya baru trimester pertama, itu rawan sekali. Ini memang cara menjaga kehamilan usia muda. Bagi ibu yang punya rutinitas berat seperti doyan olahraga berat juga mesti dikurangi.

Lihat Juga:

9. Rutin Kontrol ke Bidan atau Dokter Kandungan

Jangan lupa buat kontrol ke bidan dan dokter kandungan. Biar ahli medis dapat memantau kesehatan ibu dan janin. Biasanya tiap sebulan sekali kan pasti kontrol. Cara menjaga kehamilan usia muda yang satu ini pasti bisa dijangkau semua orang. Bidan dan dokter kan tidak mesti mahal. Di puskesmas pun bisa periksa dengan mereka.

10. Melakukan Spa

Spa ternyata baik juga loh sebagai cara menjaga kehamilan usia muda. Tidak hanya perempuan normal saja yang sebaiknya spa untuk bikin rileks dirinya. Perempuan hamil pun sangat disarankan spa. Treatmentnya sebaiknya pilih yang aman, misalnya cuma dipijat ringan pada wajah, kaki secara pelan. Mandi kembang atau susu. Ini sudah cukup.

11. Tidur dan Mengobrol Bertiga dengan Suami dan Janin

Ini adalah cara menjaga kehamilan usia muda yang kadang diabaikan. Harmonisasi dan komunikasi keluarga kecil itu penting banget ternyata. Sejak positif dinyatakan hamil, sering-sering saja mengobrol bertiga. Ajak janin bicara juga. Sambil dielus-elus perut sang ibu.

12. Kurangi Main Gadget

Janganlah sering main gadget kalau sedang hamil. Karena radiasi gadget bahaya buat tubuh bayi. Ini adalah cara menjaga kehamilan usia muda yang efeknya akan dirasakan seumur hidup. Anak yang memiliki ibu jarang main gadget cenderung lebih pintar dan aktif.

13. Mendengarkan Musik Klasik dan Musik yang Menenangkan Jiwa

Musik memang menjadi cara menjaga kehamilan usia muda yang sangat ampuh. Pasalnya musik sanggup membuat rileks pikiran ibu. Janin yang terbiasa mendengar musik klasik konon akan terlahir menjadi anak jenius.

14. Lakukan Pekerjaan Rumah Seperti Biasanya, Jangan Malas-Malasan, Tapi Jangan Kelelahan

Banyak orang beranggapan kalau sedang hamil dilarang melakukan pekerjaan rumah tangga. Ini salah besar. Pekerjaan rumah tangga sebagai seorang istri seperti memasak, menyapu dan mencuci boleh saja dilakukan. Justru ini baik untuk kebugaran tubuh. Asalnya tidak terlalu lelah saja.

15. Meningkatkan Ibadah

Ibi juga penting sekali dilakukan. Tingkatkanlah ibadah. Banyak berdoa kepada Tuhan. Agar selalu sehat dan bayi pun sehat. Hingga kelak melahirkan selamat. Cara menjaga kehamilan usia muda itu memang sangat didukung faktor spiritual seperti ini.

Loading...
cara memutihkan wajah, Daftar Krim Pemutih Aman BPOM

21 Cara Memutihkan Kulit dengan Pemutih Aman yang Lolos BPOM

Kumpulan Makanan Sehat

15 Kumpulan Makanan Sehat yang Terbaik untuk Tubuh