Connect with us

Jarang Diungkap! Inilah Bahaya Tidur Mendengkur Bagi Kesehatan

Bahaya Tidur Mendengkur

Kesehatan

Jarang Diungkap! Inilah Bahaya Tidur Mendengkur Bagi Kesehatan

Loading...

Lihat.co.id – Bahaya Tidur Mendengkur memang jarang dianggap sebagai masalah yang serius lantaran minimnya laporan kasus kesehatan akibat masalah tersebut. Namun bagi anda yang saat ini mengalami gangguan tidur mendengkur atau yang sering juga disebut sebagai sleep apnea.

Gangguan tidur semacam ini bukanlah hal yang baik bagi kesehatan. Sleep apnea akan menyebabkan kualitas tidur berkurang sehingga Anda tak bisa bangun dalam kondisi bugar. Yang jadi maslah sekarang adalah, seberapa besar-kah bahaya tidur mendengkur bagi kesehatan?

Bahaya Tidur Mendengkur

Sleep apnea  atau “ngorok” merupakan gangguan yang terjadi akibat tersumbatnya saluran pernapasan. Dalam keadaan yang serius, gangguan ini dapat menghalangi aliran oksigen menuju otak. Akibatnya, orang akan lebih rentan terkena penyakit  kardiviskular, tekanan darah tinggi dan stroke.

Sebuah penelitian di Spanyol yang melibatkan 1500 relawan  membuktikan bahwa mendengkur dapat memengaruhi pasokan oksigen. Bukti nyata dari penelitian ini adalah  berkurangnya sleep apnea ketika orang  yang biasa mendengkur diberikan masker oksigen saat tidur. Kemajuan yang dialami bahkan lebih baik dibandingkan hasil terapi mengurangi  dengkur dengan metode continuous positive airway pressure.

Penelitian tak berhenti begitu saja. Setelah 10 tahun, bahaya tidur mendengkur kembali diteliti pada relawan yang sama. Hasilnya sangat mengejutkan, Mereka yang terbiasa mendengkur ternyata berpotensi besar terkena stroke dan jantung. Pada penelitian tersebut dapat diketahui bahwa 1 dari tujuh pria yang mendengkur mengalami penyakit jantung atau stroke. Dengan perolehan tersebut dapat disimpulkan bahwa kemungkinan pendengkur menderita sakit jantung atau stroke mencapai angka 14%.

Bahaya Tidur Mendengkur Dan Hubunganya Dengan Kesehatan Jantung

Salah satu bahaya tidur mendengkur yang harus selalu diwaspadai adalah serangan jantung. Kemungkinan ini akan semakin besar jika pendengkur tak mendapatkan terapi medis untuk  memperbaiki sistem pernafasannya. Sebuah studi di Lancet 19 Maret 2005 bahkan menyebutkan bahwa, pria yang memiliki gangguan tidur memiliki kemungkinan 3 kali lebih besar untuk terkena serangan jantung saat tidur.

Bahaya tidur mendengkur lainnya juga diungkapkan oleh hasil studi mayo clinic. Hasil studi tersebut mengungkapkan bahwa orang yang tidur mendengkur pada umumnya memiliki denyut jantung lebih cepat dan tidak terkontrol. Jika dibiarkan terus berlanjut, hal ini dapat menimbulkan kematian ketika tidur.

Dari berbagai penelitian seperti yang disebutkan di atas, dapat Kita ketahui bersama bahwa bahaya tidur mendengkur bagi kesehatan sangatlah besar. Untuk itu, jika Anda mengalami gangguan mendengkur yang parah, sebaiknya segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis.

Bahaya tidur mendengkur sebenarnya masih bisa Anda hindari dengan meninggikan posisi bantal saat tidur. Tidur dalam posisi miring juga bisa menjadi alternatif mengatasi dengkuran. Namun, cara-cara tersebut hanya berlaku jika dengkuran yang terjadi belum cukup parah. Dalam artian, Anda masih bisa bernapas normal tanpa tersedak saat tidur. Selain cara tersebut, Anda juga bisa berusaha menurunkan berat badan untuk mengurangi dengkur. Hal ini dikarenakan salah satu penyebab dengkur adalah adanya penumpukan lemak pada leher.

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kesehatan

Kesehatan

ikan tuna, manfaat ikan tuna, khasiat ikan tuna
ikan teri, manfaat ikan teri, Khasiat ikan teri
ikan tenggiri, manfaat ikan tenggiri, khasiat ikan tenggiri
Manfaat Mandi Air Hangat
5 Manfaat Bawang Bombay
5-makanan-yang-ampuh-turunkan-kolesterol
Bahaya Tidur Mendengkur

RSS Khasiat

RSS TV Online

To Top