Connect with us

19 Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat

Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat Bagaimana Caranya, Cara Cepat Hilangkan Bekas Jerawat

Kecantikan

19 Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat

Lihat.co.id – Jerawat adalah masalah yang sering dialami perempuan. Biasanya seorang perempuan yang sudah memasuki masa pubertas memang jadi rentan kena jerawat, apalagi kalau menjelang menstruasi. Meski demikian, masalah kulit ini juga bisa menimpa kaum laki-laki. Efek dari masalah kulit ini yang paling ditakuti adalah munculnya noda hitam bekas jerawat.

Munculnya jerawat terjadi karena banyak hal. Salah satunya adalah malas membersihkan wajah. Sehingga muncul “Propionibacterium acnes”, yang merupakan bakteri penyebab jerawat. Adapun faktor penyebab yang lainnya yaitu:

  • Pola makan dan tidur yang buruk
  • Kurangnya menjaga kebersihan badan dan wajah
  • Stress
  • Alergi
  • Paparan kosmetik mengandung bahan kimia
  • Makan pedas-pedas
  • Infeksi kulit
  • Hormon

Dari berbagai penyebab di atas, nampaknya yang kerap tidak disadari perempuan Indonesia adalah makan pedas-pedas.  Meskipun negara ini adalah negara tropis yang panas, namun banyak orang Indonesia yang suka makan makanan pedas. Apalagi perempuan, mereka biasanya doyan ngemil sambal-sambalan. Padahal pedasnya cabai itu bisa membuat jerawatan loh.

Nah, hal yang menyebalkan dari masalah jerawat adalah efek yang ditimbulkan. Selain peradangan dan infeksi, yang membuat bentol-bentol kulit. Ternyata jerawat juga menimbulkan noda hitam yang membandel. Saking bandelnya sampai susah hilang.

Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat Bagaimana Caranya, Cara Cepat Hilangkan Bekas Jerawat

Noda hitam bekas jerawat seringkali bikin stress perempuan ketimbang jerawat itu sendiri. Ini karena noda hitamnya jadi tampak seperti flek yang bikin wajah belang-belang jelek.

Perbedaan noda hitam bekas jerawat dengan flek hitam terletak pada penghapusannya. Kalau flek itu biasanya sama sekali tidak bisa dihapus, kecuali dengan obat-obatan yang terkandung dalam krim wajah. Sedangkan noda hitam bekas jerawat bisa hilang sendiri, walaupun lama. Lamanya tergantung dari proses regenerasi kulit, apakah cepat atau lambat.

Lihat Juga:

Ini adalah 19 cara untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat hanya dalam 7 hari:

1. Hindari Penggunaan Kosmetik Berlebih Saat Sedang Jerawatan

Perempuan sering tidak percaya diri bila tidak memakai make-up. Meski sedang jerawatan, justru berbagai kosmetik jadi semakin banyak digunakan. Demi menutup jerawat itu.

Padahal tindakan ini salah loh. Karena jerawat yang masih meradang seharusnya dibiarkan terbuka, tanpa ditutup kosmetik. Agar sirkulasi udara di kulit wajah tetap baik dan bisa sembuh tidak menimbulkan noda hitam bekas jerawat.

Kamu bisa coba cara merias wajah yang simple ini, biar walau tanpa kosmetik tebal tetap cantik:

  • Bersihkan wajah dengan air biasa. Sapu dengan jari dan diangin-anginkan sampai kering.
  • Oleskan bedak tabur ke wajah. Sebaiknya pakai bedak bayi.
  • Karena ini make up minimalis, sebaiknya sentuhan akhir cukup pakai lipstik saja dan pensil alis.

2. Biarkan Jerawat Sampai Matang, Jangan Dipecah atau Ditusuk

Jerawat itu memiliki fase hidup dan mati. Ketika jerawat belum matang, maka tidak akan sembuh. Kecuali bila dipicu agar nanah dan darah kotornya keluar. Tentu dengan cara ditusuk dengan jarum. Namun tindakan menusuk dan memecah ini sangat beresiko menimbulkan noda hitam bekas jerawat.

3. Jika Ingin Ditusuk, Maka Injeksinya Harus Benar dan Bersih

Menusuk jerawat bisa saja dilakukan. Tapi kalau kondisi jerawat pada masa yang tepat, yaitu ketika sudah nampak matang. Injeksinya pun harus dilakukan oleh ahli dan menggunakan peralatan yang steril. Memang sekarang banyak beredar jarum untuk menusuk jerawat, tapi berdasarkan pengalaman banyak orang, justru akan memicu radang dan jerawat malah membatu. Selain itu noda hitam bekas jerawat juga bakalan muncul.

4. Kurangi Makan Berminyak Selama Jerawatan

Kurangilah makan berminyak kalau mau menghilangkan noda hitam bekas jerawat dengan cepat. Sebab, minyak bisa menghambat regenerasi kulit karena pori-pori dan lapisan epidermis tersumbat.

5. Jangan Makan Pedas Cabai Selama Jerawat Meradang

Selama jerawat meradang, janganlah makan cabai. Karena cabai ini sifatnya pun iritan di kulit. Ketika kita jerawatan, namun masih suka makan cabai, dikhawatirkan jerawat akan menyebar dan memenuhi kulit wajah dan pipi.

6. Rajin Membasuh Muka

Rajinlah basuh muka, agar tidak ada kotoran yang menempel di wajah. Ini sangat ampuh dalam terapi jerawat agar ketika sembuh tidak menimbulkan noda hitam bekas jerawat. Basuh muka ini bisa dilakukan tiap habis keluar rumah atau terkena debu saat aktivitas.

7. Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat dengan Selalu Membersihkan Sisa Make-Up

Perempuan hobi merias wajahnya. Namun seringkali lupa menghapusnya. Rasa malas membersihkan sisa make-up padahal jadi penyebab munculnya jerawat. Dan biasanya jenis jerawat yang karena kulit kotor ini susah sembuhnya loh. Bisa menimbulkan noda hitam bekas jerawat.

8. Jangan Sering Memegangi atau Memencet Jerawat

Memegang dan memencet jerawat bisa menyebabkan jerawat terangsang untuk membesar ukurannya. Tentu seringkali terjadi, awalnya jerawat itu kecil. Setelah suka dipencetin, malah jadi membesar dan susah sembuhnya. Bahkan menimbulkan noda hitam bekas jerawat. Makanya jangan pernah memegangi dan memencet.

9. Tidak Menutupi Jerawat dengan Krim atau Foundation Apapun

Menutup jerawat dengan krim foundation atau alas bedak itu jadi strategi menutupi jerawat. Alih-alih jerawat memang seolah hilang. Tapi itu kan cuma tipuan. Di balik foundationnya ternyata jerawat makin meradang. Dan besok saat sembuh malah memicu noda hitam bekas jerawat.

10. Rajin Kompress dengan Es Batu Bisa Hilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat

Ada keajaiban di balik es batu. Selain menyegarkan dan mendinginkan minuman, ternyata es batu bisa bikin jerawat jadi kempes. Bisa pula untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat loh! Caranya dengan membungkus es batu dengan tissue 3 helai. Setelah itu tempelkan ke jerawatnya secara rutin, di pagi, siang dan sore. Lakukan sampai jerawat benar-benar kempes. Biasanya hanya dalam waktu 1 minggu bakalan hilang.

11. Mengoleskan Obat Totol Jerawat

Obat totol jerawat dianggap paling sakti dan ampuh dalam mengobati jerawat. Padahal tidak juga, ini tergantung dari kondisi kulit dan jerawat itu sendiri. Kalau jerawatnya parah dan peradangannya luas, biasanya obat ini kurang efektif. Obat totol mengandung sulfur (belerang) yang sifatnya panas di kulit. Ini akan bisa kempiskan jerawat, namun tetap berpotensi menimbulkan noda hitam bekas jerawat.

12. Banyak Konsumsi Vitamin C

Vitamin C sangat baik sekali untuk melancarkan regenerasi kulit. Jadi noda hitam bekas jerawat gampang hilang. Vitamin C ini bisa diperoleh dari buah-buahan maupun yang tablet-tablet hisap dijual di apotek.

13. Memakan Vitamin B Kompleks

Tahukah bahwa vitamin B kompleks adalah jenis vitamin yang sangat banyak khasiatnya. Dengan konsumsi vitamin ini, kamu akan bisa memiliki kulit yang putih dan halus. Ini karena kandungan vitamin B memang sanggup melembabkan kulit. Harapannya, ketika peradangan kulit sembuh tidak menyebabkan noda hitam bekas jerawat yang membandel.

14. Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat dengan Banyak Minum Air

Terbukti bahwa orang yang banyak minum air akan memiliki kualitas tubuh yang baik. Air bisa melembabkan kulit dan menjadikan sel-sel kulit mati lebih mudah terkelupas dan digantikan sel baru. Ini tentu amat baik dalam proses penyembuhan jerawat. Agar tidak memicu kemunculan noda hitam bekas jerawat yang bikin sebal itu.

15. Menempelkan Masker Lemon dan Madu

Masker lemon dan madu sering jadi kombinasi yang dianjurkan dalam merawat bekas luka. Noda hitam bekas jerawat itu kan sama saja seperti merawat bekas luka pada umumnya. Supaya kulit hitamnya memudar ya harus distimulasi dengan bahan-bahan yang mengandung antioksidan yang baik, seperti lemon dan madu.

16. Menggunakan Baking Soda

Ini sebenarnya cara yang sering dianggap mitos. Benarkah baking soda bisa menghilangkan noda hitam bekas jerawat? Jika menilik pada fungsi penggunaan baking soda sendiri, memang sangat ampuh dalam membersihkan segala sesuatu yang kotor. Misalnya kloset dan panci yang hitam. Tapi kalau untuk wajah, ini harus hati-hati ya. Karena baking soda itu keras di kulit. Bisa mengiritasi. Namun efek iritasi ini yang terkadang justru dipakai untuk mengikis noda hitam dan flek.

17. Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat dengan Istirahat yang Cukup

Istirahat lah yang cukup. Tidur dengan jadwal yang teratur. Ini sangat membantu meningkatkan kesehatan kulit. Dengan kulit yang sehat, jangankan noda hitam bekas jerawat. Sayatan luka bekas operasi saja bisa cepat sembuh kalau kita cukup istirahat. Biarlahlah sel-sel kulit memperbaiki dirinya sendiri, ketika kita tertidur nyenyak dan damai.

18. Kendalikan Pikiran dan Redam Stress

Masalah kulit kusam dan gelap sangat dipengaruhi oleh pikiran dan stress melanda. Semakin ramai pikiran seseorang dan semakin stress ia, dia akan memiliki kualitas kulit yang sungguh jelek. Noda hitam bekas jerawat pun jadi susah lenyapnya. Makanya, buang jauh-jauh kekacauan dan stress pikiran.

19. Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat dengan Meningkatkan Ibadah

Wajah seseorang akan nampak lebih bersinar terang bilamana dirinya mampu meningkatkan ibadah. Orang yang sanggup rutin dalam jalan spiritual bisa memiliki wajah bersinar bagaikan mutiara. Sorotan wajah yang serupa sinar matahari pagi, ini tentu sangat memikat. Ibadah juga bisa membuat kulit jadi lancar berganti sel-sel rusaknya jadi sel-sel baru. Sehingga terhindar dari noda hitam bekas jerawat.

Kesuksesan dari cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat ini sangat bergantung pada konsistensi dan ketekunan. Keberhasilan berbagai teknik di atas tergantung dari niat dan usaha yang gigih dilakukan. Memang jerawat itu pada dasarnya adalah luka yang mesti dirawat. Sehingga dalam proses penyembuhannya tidak menimbulkan bekas yang bikin minder.

Loading...
Continue Reading
Loading...
Click to comment

RSS Film Terbaru Minggu Ini

RSS Tempat Wisata Terbaru

RSS Tips Sehat

RSS Khasiat

close

RSS Penyakit.co.id


To Top